Motorola P30, Perpaduan Cantik iPhone X dan Huawei P20

Apple iPhone X memiliki desain yang begitu ikonik. Banyak produsen lain berusaha meniru desain ini, mulai dari yang hanya sekedar menerapkan full-screen display dan notch, ada yang meniru desain penempatan kamera belakang bahkan hingga produsen yang seakan mencontek habis-habisan desain ikonik dari iPhone X.

Salah satu produsen yang terkesan mencopy-paste desain ikonik dari iPhone X adalah Motorola dengan smartphone Motorola P30 yang kabarnya bisa dibeli mulai September 2018. Bukan hanya mencontek desain iPhone X, Motorola juga menyediakan pilihan warna yang disebut sebagai “Aurora”, namun jika diperhatikan secara seksama, bagian belakang bergradasi semacam ini sudah lebih dahulu diperkenalkan oleh Huawei pada smartphone Huawei P20 pada pilihan warga Twilight.

Tapi, apakah ada yang salah dengan langkah Motorola memadukan antara desain ikonik dari iPhone X dengan bagian belakang bergradasi yang cantik ala Huawei P20 Twilight? Selama tidak melanggar paten apapun, sebenarnya hal semacam ini sah-sah saja, apalagi Motorola P30 tidak bersaing langsung dengan Huawei P20 apalagi iPhone X.

iPhone X merupakan smartphone high-end yang dibandrol cukup mahal oleh Apple sebagai bagian dari smartphone paling canggih mereka di akhir 2017 dan menandakan 10 tahun sejak iPhone pertama dirilis. Sementara, Huawei P20 adalah smartphone yang menggunakan lensa dari produsen lensa ternama, Leica yang dipadukan dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan foto dan video yang cantik.

Sementara, Motorola P30 sepertinya akan bersaing di level mid-end device jika melihat dari spesifikasi yang diusungnya. Penggunakan Snapdragon 636, dengan kapasitas RAM mencapai 6GB dan baterai berdaya 3.000 mAh, sudah bisa dipastikan bahwa smartphone ini akan bersaing di level mid-end, bukan di high-end device seperti Huawei P20 maupun iPhone X.

Untuk bagian layar, Motorola P30 akan menggunakan layar berukuran 6,2 inchi dengan aspek rasio mencapai 19:9 dan resolusi layar 2246 x 1080. Sementara, pada bagian kamera, 12MP untuk kamera selfie ditambah dua-kamera 16MP dan 5MP pada bagian belakang. Saat dirilis, kemungkinan masih menggunakan Android 8.0 Oreo yang dibalut dengan ZUI 4.0 milik Lenovo.

Melihat sekilas desain dan spesifikasinya, smartphone ini sangat mirip dengan Motorola One Power yang dirilis oleh Motorola secara eksklusif di Tiongkok. Bisa jadi, Motorola P30 merupakan rabranding smartphone yang sama untuk dijual secara global.