Mi TV 4A, Smart TV Seharga Dua Jutaan Rupiah

Xiaomi merupakan salah satu perusahaan asal Tiongkok yang dikenal selalu meluncurkan produk-produk dengan spesifikasi menggoda namun dengan harga yang tergolong murah. Hal ini didukung dengan kebijakan perusahaan ini yang hanya akan mengambil keuntungan sebesar 5% dari setiap produk yang dijualnya. Di Indonesia sendiri, produk Xiaomi yang paling dikenal adalah smartphone-nya. Produk-produk mereka bukan hanya smartphone murah, namun juga ada smartphone dengan kelas dan harga yang premium. Perpaduan antara harga yang murah dan kualitas yang bersaing pada akhirnya membuat angka penjualan smartphone Xiaomi meningkat pesat di Indonesia, bahkan hanya kalah dari Samsung di Indonesia.

Pada acara peluncuran Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A, Xiaomi juga ikut memboyong produk smart TV-nya yaitu Mi TV 4A ke tanah air. Perlu diketahui, walau di Indonesia lebih dikenal sebagai produsen smartphone, tapi Xiaomi sebenarnya punya berbagai produk lainnya termasuk produk-produk rumah tangga seperti TV, penyedot debu, kulkas hingga drone.

Mi TV 4A, Smart TV Seharga Dua Jutaan Rupiah 1

Mi TV 4A sendiri sudah dipasarkan di India sejak awal 2018 dan pada akhir Agustus 2018 sudah mencatatkan penjualan mencapai 500.000 unit. Di India sendiri, Mi TV 4A dijual seharga Rs.13999 atau sekitar Rp.2,9 Rupiah. Sementara, untuk pasar Indonesia, smart TV ini dijual oleh Xiaomi seharga Rp.1.999.999 atau berada di kisaran 2 jutaan Rupiah jika sudah benar-benar beredar di pasaran. Dengan harga tersebut, seperti apa spesifikasi dari Mi TV 4A ini?

Pertama, perlu diketahui bahwa harga tersebut adalah untuk Mi TV 4A dengan ukuran 32 inci. Layarnya sudah menggunakan panel LED dengan resolusi 1366 x 768 pixel, ditambah dengan refresh rate 60 Hz. Karena masuk dalam kategori “smart TV”, tentu TV ini juga dilengkapi dengan komputer di dalamnya. Menggunakan prosesor dari Amlogic 64-bit quad-core, ditambah dengan GPU Mali-450 yang memang didesain untuk TV dan tablet. Untuk urusan penyimpanan, tersedia internal berkapasitas 8GB dan RAM 1GB untuk memperlancar proses di TV ini.

Melihat ke bagian belakang TV, terdapat 3 port untuk kabel HDMI, 2 port untuk USB 2.0, port Ethernet, port AV, port antena bahkan ada jack audio 3,5 mm. Sementara, untuk koneksi nirkabel, smart TV ini juga mendukung Bluetooth dan Wifi. Untuk kemampuan audio, Mi TV 4A dibekali speaker stereo 8W yang bisa menggemakan suara surround DTS.

Mi TV 4A akan dijalankan oleh Patchwall OS yang memiliki deep-learning AI dan menyediakan konten berdurasi hingga 700.000 jam atau 70 tahun. Mi TV 4A yang dijual di Indonesia juga sudah ‘disesuaikan’ dengan pasar Indonesia dan Xiaomi bekerjasama dengan banyak partner lain dalam menyediakan konten video-on-demand sebut saja Viu, iFlix dan HOOQ. Karena menggunakan sistem operasi berbasis Android, TV ini juga masih bisa mengakses aplikasi bawaan Android seperti YouTube, Spotify bahkan Google Play Store.

Remote untuk TV ini pun terlihat sangat sederhana karena hanya terdiri dari 12 tombol. Namun, 12 tombol tersebut sudah sangat cukup untuk mengatur dan menavigasikan smart TV ini. Remote ini selain sederhana juga kabarnya cukup ringan seperti kebanyakan remote untuk smart TV. Namun, jika ingin lebih futuristik dan anti-ribet lagi, Mi TV 4A juga memungkinkan untuk mengatur TV hanya dari smartphone dengan beberapa pengaturan tentunya.