Penelitian terbaru dari Loughborough University, Inggris menemukan alasan kenapa wanita memerlukan tidur lebih lama dibandingkan laki-laki. Penelitian ini tidak membuktikan bahwa otak wanita lebih cerdas dari otak laki-laki, tapi hanya membuktikan bahwa aktivitas otak wanita jauh lebih kompleks dibandingkan laki-laki. Kebanyakan wanita adalah multi-tasker atau bisa melakukan beberapa aktivitas sekaligus, yang artinya mereka memerlukan lebih banyak aktivitas otak dan memakai lebih banyak bagian dari otaknya dibandingkan laki-laki, yang pada akhirnya berdampak pada keperluan tidur yang lebih lama.

Menurut pakar tidur dan salah satu peneliti, Jon Horne :

“Salah satu fungsi utama dari tidur adalah memungkinkan otak untuk memulihkan dan memperbaiki dirinya. Semakin banyak kamu menggunakan otakmu selama sehari, semakin banyak waktu yang diperlukannya untuk memulihkan diri, karena itu, semakin banyak tidur yang kamu perlukan.”

Gambar 2 untuk Alasan Kenapa Wanita Perlu Tidur Lebih Lama

Penelitian tersebut menemukan bahwa rata-rata wanita memerlukan tidur 20 menit lebih lama dibandingkan laki-laki setiap malamnya. Ditambahkan bahwa laki-laki yang memiliki pekerjaan yang menyangkut mental, yaitu pekerjaan yang memerlukan banyak pemikiran dan pengambilan keputusan memerlukan tidur lebih lama dibandingkan laki-laki secara umum, namun tetap tidak sebanyak wanita.

Penelitian lainnya tahun 2014 yang dipublikasikan oleh Proceedings of National Academy of Sciences, menunjukan bahwa otak laki-laki dan otak wanita terhubung dengan cara yang berbeda. Terdapat 949 orang yang ikut serta sebagai partisipan dalam penelitian ini dan hasilnya menunjukan bahwa otak laki-laki memiliki lebih banyak koneksi di dalam setiap bagian otak (otak kanan dan otak kiri) sementara otak wanita memiliki lebih banyak koneksi diantara keduanya.

Penemuan ini menunjukan bahwa laki-laki memiliki fokus yang lebih baik pada satu pekerjaan dalam satu waktu, sementara otak wanita lebih baik dalam melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Hal ini menjelaskan kenapa ada beberapa laki-laki yang bisa sangat fokus dalam melakukan sesuatu atau memiliki “tunnel vision” dan adanya beberapa wanita hebat yang bisa melakukan berbagai pekerjaan sekaligus.

Menurut Dr. Apostolos Geogopoulos, direktur dari Brain Science Centre di Minneapolis Veterans Affairs Medical Center :

“Otak wanita pastinya berbeda dari otak laki-laki…. Apa yang kami temukan, wanita, dalam banyak tugas berbeda, memproses informasi lima kali lebih cepat dibandingkan laki-laki, dan menggunakan lebih sedikit bagian otak mereka untuk tugas kognitif yang mirip.”

Walau merupakan sebuah berita baik, tapi kecepatan dan efisiensi yang dimiliki otak wanita tentunya memiliki risiko. Peneliti mengatakan bahwa otak wanita lebih rentan terhadap kerusakan dibandingakn laki-laki dan jika mengalami kerusakan, otak laki-laki bisa pulih lebih cepat dan lebih baik. Karena itulah, pemulihan dan perbaikan harian otak kita (tidur) sangatlah penting.

Write A Comment