Hari Ini:October 24, 2019

Apa Sabun Cuci Orang-Orang Zaman Dulu?

Gambar 1 untuk Apa Sabun Cuci Orang-Orang Zaman Dulu?

Benda-benda kecil semacam sabun cuci lekat dengan keseharian kita. Setiap kali akan mencuci baik mencuci tangan, pakaian, peralatan makan, dan sebagainya, benda yang satu ini pertama dicari. Apalagi di zaman sekarang, seakan terasa aneh untuk mencuci tanpa sabun.

Mencuci pakaian dengan air bisa-bisa justru membuat benda yang dicuci tidak menjadi lebih bersih karena air yang digunakan tidak mampu membunuh bakteri. Akan tetapi pernahkah terlintas apakahorang-orang zaman dulu juga memakai sabun?

Gambar 3 untuk Apa Sabun Cuci Orang-Orang Zaman Dulu?

Pada abad ke-16, orang-orang Inggris melumuri badan dengan minyak atau lemak untuk membersihkan kotoran yang menempel. Bahkan mereka juga mengenal lumpur dan kotoran hewan sebagai sabun untuk mencuci pakaian. Terlihat paradoks memang, tetapi begitulah sejarah tercatat dalam buku The History of Undercolthes karya Cunnington.

Sabun mulai umum di Eropa dan Amerika pada abad ke-19, menandai peradaban modern. Sabun menjadi ukuran peradaban, kesehatan, kekayaan, dan kebersihan masyarakat penggunanya.

Saat ini sabun tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Hanya saja, pemakaiannya tidak hanya terbatas bagi orang-orang kaya seperti yang terjadi di abad ke-19. Hanya dengan mengeluarkan 500 rupiah misalnya, sudah bisa dibeli deterjen yang cukup untuk satu kali mencuci pakaian. Benda yang satu ini sudah menjadi benda umum dan tidak asing lagi.

Lalu, terlintaskah dalam pikiran anda kira-kira seperti apa sabun cuci masa depan anak cucu kita nanti?

Share

Leave a Reply