img

Apa yang Terjadi Ketika Hanya Minum Air Selama 30 Hari?

/
/
/
97 Views

Tubuh manusia – setiap sel, jaringan dan organ membutuhkan cairan (air) untuk tetap hidup dan bekerja sesuai dengan tugasnya. Mencukupi kebutuhan air akan memberikan dampak yang sangat baik untuk kesehatan bahkan bisa berdampak sangat baik pada bagian tubuh tertentu.

Ketika seseorang hanya minum air sebagai minuman utamanya, sesuatu yang sangat luar biasa bisa terjadi. Minum hanya air (tidak mengkonsumsi soda, teh, susu, kopi atau minuman lainnya) mungkin terasa sulit, tapi bukan berarti tidak mungkin. Inilah 7 hal yang terjadi ketika seseorang hanya minum air selama 30 hari tanpa mengubah pola makan ataupun menambah porsi olahraga yang dilakukan.

Kreavitias dan Performa Otak Meningkat

Gambar 1 untuk Apa yang Terjadi Ketika Hanya Minum Air Selama 30 Hari?

Ketika seseorang minum hanya air selama 30 hari, otaknya akan bereaksi lebih cepat. Menurut Human Neurosience Journal, otak memerlukan banyak oksigen untuk bisa bekerja secara efisien dan air merupakan salah satu sumber oksigen terbaik. Jadi, tentu performa otak akan meningkat secara signifikan.

Air juga dapat membantu seseorang untuk lebih fokus. Di sisi lain juga membantu seseorang menjadi lebih tajam, cerdas dan cepat dalam berpikir. Mengkonsumsi air 8 hingga 10 gelas per hari akan meningkatkan performa otak hingga 30%.

Memperlambat Penuaan

Gambar 3 untuk Apa yang Terjadi Ketika Hanya Minum Air Selama 30 Hari?

Air akan membantu memperlambat proses penuaan dengan cara membuat kulit tetap lembab, membuat kulit terasa lembut, bersinar dan awet muda. Air juga bermanfaat untuk menjaga bentuk otot.

Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Daily Mail, seorang ibu berusia 42 tahun berhasil membuat dirinya terlihat 10 tahun lebih muda hanya dengan rutin minum hanya air selama 30 hari. Dia memulainya dengan minum 3 liter air sehari untuk mengurangi sakit kepala dan masalah pencernaan yang dia alami. Setelah sebulan, hasilnya bahkan jauh lebih baik dari apa yang diharapkan.

Memperkuat Imunitas Tubuh

Gambar 5 untuk Apa yang Terjadi Ketika Hanya Minum Air Selama 30 Hari?

Sebuah pepatah Slovakia berkata, “Air murni adalah obat pertama dan paling mujarab di dunia.

Pepatah itu memang terbukti benar. Air bertindak sebagai katalis untuk proses pembaruan pada fungsi tubuh. Minum air dalam jumlah yang cukup akan membantu hati dan ginjal dalam bekerja. Fungsi dari kedua organ ini adalah membuat racun, bahan sisa metabolisme serta garam dari darah kita. Konsumsi air juga akan menetralkan nilai pH yang pada akhirnya memperkuat daya tahan tubuh pada penyakit seperti batu ginjal dan penyakit lainnya, termasuk pegal dan sakit kepala.

Jantung yang Lebih Tangguh

Gambar 7 untuk Apa yang Terjadi Ketika Hanya Minum Air Selama 30 Hari?

Air membantu jantung lebih sehat dengan mencengah darah untuk mengental dan menurunkan tekanan darah. Segelas air satu jam sebelum tidur dipercaya bisa mencegah serangan jantung atau stroke. Air membuat jantung lebih mudah mengirim darah beroksigen ke seluruh organ.

American Journal of Epidemiology memuat sebuah studi yang berlangsung selama 6 tahun, studi tersebut menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi lima gelas air per hari, 41% lebih rendah kemungkinannya untuk meninggal akibat serangan jantung dibanding mereka yang minum kurangdari dua gelas air sehari.

Memperkuat Tulang

Gambar 9 untuk Apa yang Terjadi Ketika Hanya Minum Air Selama 30 Hari?

 

Air membantu tubuh membangun kembali dan memperkuat fungsi tulang rawan untuk menyerap goncangan, hasilnya sendi pun bisa bergerak dengan lebih baik. Kerusakan pada tulang rawan ini biasanya disebabkan oleh tekanan saat bergerak atau berolahraga. Banyak kesaksian yang mengatakan dan membuktikan bahwa fleksibilitas sendi bisa ditingkatkan dengan asupan air yang cukup.

Menurunkan Berat Badan

Gambar 11 untuk Apa yang Terjadi Ketika Hanya Minum Air Selama 30 Hari?

Saat seseorang hanya mengkonsumsi air selama 30 hari, tubuh akan mulai membuang berbagai racun dan sisa metabolisme dari organ vital. Dan hal ini akan membuat tubuh semakin ‘bersih’ yang pada akhirnya bisa membantu membuat lemak di perut.

Pada awalnya (hari-hari pertama), tubuh akan mengalami sedikit peningkatan berat badan yang berasal dari air yang dikonsumsi secara rutin. Tapi, secara berkala, seiring meningkatkan konsumsi air secara rutin, tubuh akan secara otomatis mengurangi asupan makanan karena perut sudah sebagian terisi oleh air.

Segera, tubuh akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori, mulai kehilangan berat badan serta menjaga berat tersebut. Air sangat bermanfaat untuk membersihkan sistem tubuh dan mengurangi rasa lapar.

Meningkatkan Metabolisme

Gambar 13 untuk Apa yang Terjadi Ketika Hanya Minum Air Selama 30 Hari?

Studi menunjukan bahwa mengkonsumsi air secara konsisten setiap hari akan merangsang metabolisme tubuh untuk lebih aktif dan meningkat, tidak peduli jenis makanan atau pola diet yang dilakukan oleh seseorang. Menurut Health Fitness Revolution, minum setidaknya 400 ml air setelah bangun tidur di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme seseorang hingga 24%.

Air memang begitu banyak manfaatnya bagi tubuh manusia. Jadi, kenapa harus merusak tubuh dengan minuman yang sama sekali tidak bermanfaat?

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

This div height required for enabling the sticky sidebar