Search
Inilah 9 Arti Menggambar Pohon Saat Psikotes

Inilah 9 Arti Menggambar Pohon Saat Psikotes

Dalam proses wawancara calon karyawan baru atau saat ingin mengetahui latar belakang psikologi dari seseorang, maka tidak jarang akan dilakukan sebuah tes yang populer disebut sebagai psikotes.

Salah satu hal yang umum dilakukan dalam tes ini adalah meminta peserta untuk menggambar sebatang pohon di selembar kertas. Peserta psikotes akan diminta menggambar pohon yang berbuah, memiliki cabang dan berkambium. Tidak diperbolehkan menggambar tanaman sejenis bambu, kelapa sawit atau semak belukar.

Bagi sebagian orang, hal ini tidak lebih dari sebatas menggambar pohon. Namun, dari gambar pohon tersebut sebenarnya bisa dinilai bagaimana kepribadian dan psikologi dari penggambarnya.

Alam bawah sadar manusia akan memilih bagian-bagian tertentu dari pohon sesuai dengan kepribadian kita.

Sebelum membaca lebih jauh, ada baiknya kamu menggambar pohon di selembar kertas terlebih dahulu untuk mengetahui sendiri bagaimana kepribadianmu yang sesungguhnya. Dan berikut ini adalah arti dari menggambar pohon saat psikotest.

Arti menggambar pohon saat psikotest

Arti Letak Gambar Pohon di Kertas saat Psikotest

Gambar Pohon di Bagian Tengah Kertas

Kamu memiliki kepribadian praktis dan rendah hati. Kamu juga lebih sering menerapkan pendekatan dengan jalan tengah, seperti Kamu menghadapi masalah dengan selalu mengharap yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini, Anda siap dengan apapun yang akan terjadi.

Gambar Pohon di Bagian Bawah Kertas

Kamu lebih suka melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu, tipikal orang yang mempersiapkan segala strategi untuk mendapatkan hasil terbaik dan menghindari kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi. Hal ini juga bisa mengartikan Kamu sebagai pribadi yang membumi dan mau menyatu dengan orang lain (siap bekerjasama dalam tim).

Gambar Pohon di Bagian Atas Kertas

Kamu adalah pribadi yang selalu melihat sisi positif dari sebuah masalah, tidak ada masalah yang 100% kesalahan tanpa ada pengalaman berharga yang bisa dipetik. Apapun yang terjadi, baik maupun buruk, selalu ada pengalaman dan pembelajaran berharga dari suatu kejadian, itulah kepribadianmu. Semakin tinggi posisi pohon yang digambar, maka semakin tinggi Anda memandang kehidupan ini.

Kamu selalu melihat hikmat dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohonmu, maka semakin tinggi kamu memandang hidup ini. Walau yang terjadi tidak sesuai harapanmu, kamu akan menganggapnya sebagai pelajaran.

Arti Bentuk Batang Pohon dalam Psikotest

Batang Pohon Lebar

Ini melambangkan kamu memiliki kekuatan dan kecerdasan emosional yang baik. Kecerdasan emosional ini tentu akan sangat berguna di saat bersosialisasi dengan orang lain.

Kamu memiliki kepribadian yang selalu tenang dan tidak mudah marah. Tapi, menggambar batang pohon yang lebar juga memiliki arti kamu memiliki pendirian yang kuat bahkan bisa disebut sebagai keras kepala.

Batang Pohon Ramping

Menggambar batang pohon yang ramping mengindikasikan bahwa kamu adalah orang yang bisa beradaptasi dengan situasi yang baru dengan mudah dan sangat terbuka pada pendapat yang disampaikan orang lain.

Kamu memiliki empati yang besar pada masalah yang dialami orang lain. Sayangnya, tipe kepribadian ini menjadi kelemahan jika harus berurusan dengan penegakan aturan dan hukum karena kamu adalah tipe orang yang sensitif dan mudah terbawa perasaan.

Batang Pohon Bercabang di Bagian Puncak

Semakin banyak cabang yang kamu gambar mengartikan bahwa saat ini kamu sebenarnya sedang memiliki banyak pilihan sulit dalam hidup. Cabang yang banyak juga berartikamu saat ini sedang bimbang dan sulit untuk mengambil keputusan.

Kepribadianmu cenderung berhati-hati dan memikirkan segala kemungkinan sebelum mengambil keputusan, sayangnya, bila tidak ada tindakan tegas dari dirimu, pada akhirnya kamu hanya akan menjadi orang yang selalu bimbang.

Arti Tinggi Batang Pohon dalam Psikotest

Tinggi Pohon Lebih dari Setengah Kertas

Kamu adalah tipe orang yang punya mimpi dan keinginan untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Mimpi yang kamu miliki saat ini adalah mimpi-mimpi besar yang ingin diwujudkan di masa mendatang.

Hasilnya, kamu selalu teliti dan seksama dalam mengerjakan sesuatu sehingga mimpi-mimpi tersebut bisa terwujud pada akhirnya. Kamu juga merupakan tipikal yang dermawan dalam urusan uang karena menganggapnya sebagai salah satu jalan menuju sukses masa depan.

Tinggi Pohon Kurang dari Setengah Kertas

Hemat adalah satu kata yang mewakili kepribadianmu. Orang mungkin menganggapmu sebagai orang pelit, namun kamu sebenarnya merupakan orang yang hemat dan cukup perhitungan dalam urusan keuangan.

Tujuan dari kepribadian hemat ini bisa bermacam-macam, mulai dari tujuan pribadi hingga tujuan untuk kepentingan orang banyak. Berbeda dari pendapat kebanyakan orang yang mengira bahwa kamu tidak puas dengan keadaan saat ini, kamu justru sangat puas dan bersyukur dengan apa yang dimiliki.

Arti Tempat Gambar Pohon Berada dalam Psikotest

Pohon Berada di Tanah

Kamu menginginkan rasa aman dan stabil dalam kehidupan baik keluarga maupun pekerjaan. kamu adalah orang yang mendambakan kehidupan keluarga yang stabil dan akan selalu memilih pekerjaan yang bisa menjamin kehidupanmu dan keluarga selama bertahun-tahun.

Pohon Berada di Pot

Kamu adalah tipikal orang yang suka bekerja dan beraktivitas sepanjang waktu. Pergi ke tempat-tempat baru dan bertemu dengan orang-orang baru adalah hal yang selalu kamu sukai. Tantangan baru merupakan bahan bakar untuk kehidupanmu.

Pohon Berada di Puncak Gunung

Secara disadari atau tidak, kamu suka menjadi pusat perhatian dan mendapat perhatian dari orang-orang. Secara alamiah, kamu adalah orang yang handal dalam berkomunikasi dengan orang lain bahkan membuat orang lain tertarik denganmu dan apa yang kamu katakan.

Pohon Melayang (tanpa dasar)

Kamu merupakan tipe orang yang lebih suka spontan dalam melakukan sesuatu. Di satu sisi, spontanitas ini membawa perasaan senang pada diri sendiri namun jika terlalu sering dilakukan tentu bisa mendatangkan hal yang tidak diinginkan. Kamu adalah tipikal orang yang mudah merasa senang jika mendapat inspirasi baru.

Bohon berada di Pulau

Daripada menghabiskan waktu bersama orang lain untuk bersenang-senang, Kamu adalah tipe orang yang mengisi ulang semangatnya dengan menyendiri. Kamu merupakan tipe orang yang suka menyendiri bukan karena tidak suka bergaul, namun karena punya daya tarik pada kesenyuian.

Saat sendirian cenderung menjadi momen dimana kamu menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi.

Arti Dahan Pohon dalam Psikotest

Pohon Memiliki Dahan

Kamu adalah orang yang berorientasi pada pemikiran yang logis dan berdasarkan logika. Keberadaan dahan menggambarkan orang yang menggunakan pemikiran logis dan penuh analisa.

Kamu adalah orang yang sabar dalam memikirkan solusi paling rasional untuk semua masalah yang dihadapi.

Pohon Tidak Memiliki Dahan

Kamu adalah tipe orang yang lebih sering hanya mengandalkan insting dalam menjalani kehidupan. Kamu adalah tipe orang yang lebih spontan dalam mengambil keputusan dan lebih memilih menghadapi masalah yang muncul kemudian dibanding memikirkan risikonya sejak awal.

Karena lebih sering memakai insting, instingmu pun akan semakin tajam seiring berjalannya waktu.

Arti Arah Condong Pohon dalam Psikotest

Pohon Condong ke Kiri

Kamu lebih cenderung memendam rasa dan perasaan yang dimiliki. Kamu memiliki sikap konservatif, tertutup bahkan bisa disebut sebagai introvert. Kamu lebih suka menyendiri dalam beraktivitas atau melakukan pekerjaan.

Kamu menyukai kestabilan dalam hidup dan akan sangat terganggu jika terjadi ‘guncangan’ dalam kehidupan normal Anda.

Pohon Condong ke Kanan

Kamu tipikal orang yang spontan dan lebih sering berterus terang tanpa memikirkan konsekuensinya. Kamu akan terus teguh pada pendirian yang dimiliki walau hal tersebut mungkin saja bertentangan dengan orang lain.

Pohon Lurus ke Atas

Kamu lebih sering tidak bisa memilih antara ingin menjadi pribadi yang pendiam atau terus terang. Kamu lebih sering ‘berperang’ melawan diri sendiri sebelum memutuskan untuk menyampaikan pendapat atau memilih untuk diam saja.

Arti Akar Pohon dalam Psikotest

Pohon Memiliki Akar

Akar melambangkan keluarga, sejarah dan masa lalu. Menggambarkan pohon yang memiliki akar berarti kamu adalah pribadi yang menyayangi bahkan mengutamakan keluarga dan menganggap bahwa masa lalu adalah bagian penting dari kehidupanmu saat ini. Kamu adalah tipe orang yang tidak melupakan jasa orang lain yang pernah membantumu di masa lalu.

Pohon Tidak Memiliki Akar

Kamu adalah tipe orang yang lebih fokus pada masa depan dan lebih suka membuat gebrakan baru yang terkadang dianggap oleh orang lain sebagai tindakan yang cukup ‘radikal’. Kamu adalah orang yang lebih senang berada di situasi yang baru, lingkungan baru dan bertemu dengan orang-orang baru.

Arti Daun Pohon dalam Psikotest

Pohon Memiliki Banyak Daun

Daun pada pohon dalam psikotest melambangkan pikiran. Kamu yang menggambar daun biasanya memiliki banyak pemikiran, entah itu pemikiran yang penting maupun tidak. Kamu tipikal orang yang suka merenung dan introspeksi diri serta selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan

Pohon Tidak Memiliki Daun

Kamu adalah tipe orang yang selalu melihat masalah dan dunia dua sisi yang berbeda. Alih-alih goyah karena ketidakjelasan dari suatu permasalahan, kamu akan langsung mengambil tindakan yang dirasa benar dan perlu dibandingkan berlama-lama hanya memikirkan solusi yang mungkin bisa dilakukan.

Arti Benda Lain di Sekitar Pohon dalam Psikotest

Arti Keberadaan Buah/Kacang pada Pohon

Kamu adalah tipe orang yang akan puas ketika melihat hasil dari pekerjaan yang dikerjakan ternyata menghasilkan sesuatu yang baik bahkan melebihi ekspektasi.

Arti Keberadaan Rumput

Kamu adalah tipe orang yang mencintai dan merawat rumah dengan baik. Kamu adalah tipe orang yang menginginkan suasana rumah yang nyaman sehingga kamu, keluarga bahkan tamu yang datang bisa merasa nyaman, senang dan damai ketika ada di rumahmu.

Arti Keberadaan Bunga

Kamu merupakan tipe orang yang akan merasa bahagia ketika orang-orang di sekelilingmu juga merasa bahagia. Kamu merupakan tipe orang yang menyanyangi keluarganya dan selalu melakukan yang terbaik untuk membahagiakan mereka.

Arti Keberadaan Burung/Hewan/Orang di Sekitar Pohon

Kamu tipe orang yang mencintai keluarga dan teman-temannya, merekalah sumber kebahagiaanmu jadi tidak heran jika kamu akan melakukan apapun untuk menjaga mereka.

Arti Keberadaan Ayunan

Kamu adalah orang yang bahagia ketika memiliki waktu untuk melakukan hobi atau melakukan aktivitas yang menyenangkan. Kamu adalah tipe orang yang suka bermain dan bersenang-senang.


Itulah arti menggambar pohon saat psikotest. Alam bawah sadar manusia memang luar biasa bahkan bisa dilambangkan seperti sebatang pohon. Dan semoga tulisan ini bermanfaat.

Written by
Ari

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Kawista.id