Bagaimana Musik Mencerahkan Harimu

Musik adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Hampir setiap orang memiliki jenis musik favoritnya, mulai dari musik klasik, modern sampai musik asyik yang hanya disukai orang tertentu saja. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa musik bisa berdampak pada kehidupan dan produktivitas seorang manusia.

Bagaimana pun, musik memang mampu mempengaruhi alam bawah sadar manusia sehingga bisa lebih tenang maupun lebih bersemangat dalam melakukan suatu kegiatan. Tapi, coba beri perhatian pada musik seperti apa yang cocok untuk keadaan atau kegiatan yang Anda lakukan. Berikut ini beberapa tipsnya.

Bagaimana Musik Mencerahkan Harimu 1

FOKUS

University of Illinois melakukan penelitian dan mendapatkan bahwa musik mampu meningkatkan hasil pekerjaan sebanyak 6,3%. Penelitian tersebut memang tidak menyebutkan musik seperti apa yang dimaksud, tapi kita bisa memprediksi bahwa musik yang mungkin meningkatkan produktivitas adalah yang memang disukai orang tersebut.

Tips : Coba masukan lagu-lagu favorit Anda dalam sebuah playlist, lalu dengarkan sambil bekerja.

OLAHRAGA

Dance Music dengan beat-beat yang lebih cepat dan enak didengar adalah teman yang pas saat Anda melakukan latihan atau olahraga. Brunel University menemukan bahwa mendengarkan musik sambil melakukan olahraga, meningkatkan daya tahan tubuh sampai 15%. Wow!

Tips : Cobalah mendengarkan dance-dance music dengan beat yang cepat saat sedang di treadmill atau jogging.

SANTAI

Satu dari empat orang mengatakan bahwa mendengarkan musik di jalan menuju tempat kerja dapat mengurangi stress yang dialami. Maka, cobalah duduk di sofa sambil mendengarkan musik kesukaan Anda, musik yang pelan dengan lirik yang dalam dan memotivasi.

Tips : Walau mungkin bukan penggemar musik klasik, cobalah mendengarkan beberapa musik klasik karya Mozart atau Beethoven.

MENGINGAT

Musik yang Anda sukai bisa membantu untuk mengingat hal-hal tertentu misalnya hubungan Anda, suatu kejadian atau informasi tertentu yang berhubungan dengan musik tersebut. Coba dengarkan urutan atas dalam “most played” di handphone Anda, dengarkan dan apa yang terbayang di pikiran Anda?

Tips : Coba dengarkan lagu-lagu 4-5 tahun yang lalu dan dapatkan kembali kenangan indah Anda.