Search
Bahaya Kantong Teh Celup Bagi Lingkunan

Bahaya Kantong Teh Celup Bagi Lingkunan

Teh yang paling sering dinikmati sebagian besar masyarakat indonesia adalah teh celup sariwangi. Alasan kepraktisan menjadi alasan utama mengapa banyak penikmat teh di dunia termasuk di Indonesia mengonsumsi teh jenis ini setiap pagi. Namun tahukah anda bahwa teh jenis ini dalam pengemasannya menggunakan bahan yang berbahaya baik bagi tubuh dan lingkungan kita.

Teh jenis celup menggunakan kantong berbahan bubur kertas atau pulp. Bubur kertas sendiri terbuat dari kayu, sehingga warna asli dari bubur kayu adalah cokelat. Untuk membuat warnanya menjadi putih, maka di tambahkan senyawa kimia yang sangat pekat sebagai pemutih yaitu Chlorine. Dengan menggunakan Chlorine, kantong teh menjadi terlihat bersih dan tidak mudah rusak. Kantong teh yang tidak mudah rusak inilah yang membahayakan lingkungan kita.

Negara-negara maju seperti Inggris, menganggap masalah kantong teh bukan masalah yang sepele. Beberapa perusahaan teh di Inggris kini sudah tidak lagi menggunakan bubur kertas atau pulp sebagai bahan dasar pembuatan kantong teh celup sariwangi. Sebagai gantinya mereka menggunakan serat nabati dari abaca. Abaca adalah sejenis pisang yang tumbuh di Amerika selatan dan Indonesia. Setelah mengetahui hal tersebut, alangkah lebih baik kita lebih bijak dalam menggunakan sesuatu agar lingkungan kita tetap terjaga. Bila memang ingin mengonsumsinya anda bisa memilih yang tubruk agar lebih aman untuk kesehatan anda.

Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id