Search
Bekerja atau Belajar Sebelum Jam 9 Pagi Ternyata Memang Sulit

Bekerja atau Belajar Sebelum Jam 9 Pagi Ternyata Memang Sulit

Kurang tidur atau lebih tepatnya kekurangan tidur yang berkualitas adalah sebuah permasalahan pada masyarakat kita. Menurut pakar tidur dari The Wright State University, kekurangan tidur berperan besar dalam kelelahan fisik dan menyumbang sekitar 10% dari penyebab kecelakaan kendaraan bermotor.

Bagi orang-orang yang harus bekerja sebelum pukul 9 pagi, tentu kebanyakan dari mereka akan menderita kekurangan tidur yang berkualitas yang secara tidak langsung meningkatkan risiko terkena penyakit seperti sakit jantung, obesitas dan kanker. Kurang tidur juga mampu meningkatkan nafsu makan seseorang dan mungkin menyebabkan makan berlebihan yang pada akhirnya bisa memicu kenaikan berat dan kolesterol. Kalau sampai itu terjadi, jangan lupa cara menurunkan kolestrol apta+, agar kadar kolesterol tetap terjaga.

Berikut ini adalah beberapa hasil temuan para peneliti kenapa kita seharusnya memulai BEKERJA (bukan baru bangun) pukul 10 pagi.

Sangat Baik memulai sekolah dan bekerja lebih lambat

Seorang pakar syaraf, Paul Kelley bersama tim penelitinya menemukan bahwa memulai kegiatan sekolah atau belajar serta bekerja sedikit lebih lambat akan sangat baik bagi kesehatan tubuh siswa dan pekerja.  Sekitar 1/3 dari pekerja dan pelajar di masa sekarang mengalami kekurangan tidur, padahal ketika mereka mendapat cukup tidur bahwa mereka bisa mendapat nilai yang lebih baik (bagi siswa) dan bekerja lebih produktif (bagi pekerja).

Pekerja yang kurang tidur tidak bisa bekerja dengan baik

Ada banyak sekali penelitian yang menemukan bahwa fungsi mental kita seperti konsentrasi, nalar, matematis dan ingatan sangat tergantung pada tidur malam yang baik, semua fungsi itu dijalankan oleh salah satu bagian otak bernama Prefrontal Cortex (PFC).

Saat seseorang kekurangan tidur, maka PFC akan mengalami gangguan dan sulit mengenadalikan semua fungsi-fungsinya. Inilah alasan kenapa banyak siswa dan pekerja yang jadi ‘lebih lambat’ ketika pagi.

Sayangnya, bukan itu saja dampak kekurangan tidur, selain jadi ‘lebih lambat’ di pagi hari, konsekuensi lainnya adalah menurunnya performa secara menyeluruh, depresi, diabetes hingga kenaikan berat badan.

Night Owl tidak baik secara jangka panjang

Night Owl adalah sebutan bagi mereka yang terbiasa terjaga sepanjang malam ketika kebanyakan orang sudah tidur pada waktu-waktu tersebut, di Indonesia, sebutannya adalah ‘Kalong’. Beberapa penelitian memang menunjukan bahwa mereka yang terjaga sepanjang malam dan bangun lebih siang, memang lebih produktif terutama saat bekerja dan beraktivitas di malam hari.

Sayangnya, secara kesehatan jangka panjang, hal tersebut kurang baik apalagi bagi yang tubuhnya belum bisa menyesuaikan. Karena pada dasarnya, seluruh sistem dalam tubuh manusia memiliki alarm dan waktu kerjanya sendiri.


 

Solusi

Karena ini merupakan masalah yang cukup besar dan kompleks, sulit sekali menemukan solusinya. Sedikit info saja, para PNS di sebuah provinsi di bagian barat Turki diperbolehkan memulai kerjanya pada pukul 9.30 (bukan 8.30 seperti biasanya), hal ini sebenarnya bertujuan agar mereka memiliki waktu untuk olahraga pagi, selain agar lebih sehat, mengurangi stress dan mengurangi kolesterol, selain olahraga, ingat cara menurunkan kolestrol apta+ agar kolesterol benar-benar turun. Tapi, entah waktu itu benar-benar digunakan untuk olahraga atau tidur lebih lama.

Disisi lain, masih ada stigma bahwa para atasan menilai bawahannya berdasarkan jam mereka memulai bekerja. Padahal dalam banyak data diperlihatkan bahwa seorang pekerja yang mendapat tidur yang cukup, mampu memberikan performa terbaiknya walau dengan waktu yang lebih singkat dalam bekerja.

Nah, buat Anda yang tidak bekerja di Google atau Microsoft dan masih bekerja di perusahaan dengan prinsip-prinsip ‘tradisional’, mungkin ada baiknya mengikuti motto dari Benjamin Franklin (salah satu Founding Father Amerika Serikat) :

Tidur awal dan bangun awal membuat seseorang sehat, kaya dan bijaksana

Solusi yang paling mudah adalah dengan mengurangi sinar biru dari alat-alat elektronik sebelum tidur dan cobalah untuk tidur satu jam lebih awal.

Written by
Ari

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Kawista.id