Hari Ini:November 14, 2019

Big Hero 6

Gambar 1 untuk Big Hero 6

Big Hero 6 merupakan film pertama karya Disney yang cerita dasarnya diambil dari salah satu komik Marvel dengan judul yang sama. Filmnya sendiri mempertahankan inti ceritanya, tapi tentu dengan banyak perubahan ala Disney yang membuatnya bisa menjadi film keluarga yang menghibur.

Big Hero 6 pertama kali diputar dalam ajang Tokyo International Film Festival ke-27 pada 23 Oktober 2014 lalu. Setelah itu, film ini pun memperoleh beberapa nominasi dalam Annie Award dan Golden Globe Award.

Big Hero 6

Sinopsis Big Hero 6 (Spoiler Alert!!!)

Hiro Hamada adalah anak umur 14 tahun yang sangat genius dalam hal robot, dia tinggal di kota masa depan bernama San Fransokyo, menghabiskan hari-harinya melakukan pertarungan robot jalanan untuk menghasilkan uang.

Kakaknya, Tadashi Hamada khawatir jika Hiro menyia-nyiakan bakat yang dimiliki. Tadashi pun mengajak Hiro pergi ke universitasnya untuk bertemu teman-temannya, GoGo Tomago, Wasabi-no-Ginger, Honey Lemon, Fred serta Baymax.

Hiro pun akhirnya tertarik untuk melanjutkan sekolahnya, karena itulah dia menciptkan microbots, kumpulan robot-robot kecil yang kendalikan dengan pikiran. Hiro pun diterima untuk bersekolah oleh Professor Callagham. Kemudian, terjadi kebakaran di universitas, Tadashi berusaha menyelamatkan Callagham yang masih di dalam. Kemudian terjadilah ledakan. Hiro menjadi sangat depresi karena kehilangan kakaknya.

Suatu hari, Hiro tidak sengaja mengaktifkan Baymax. Baymax berusaha ‘mengobati’ Hiro dengan melakukan apa yang diperintahkan. Mereka pun tiba di sebuah gudang tua, ternyata seseorang telah mencuri dan memproduksi microbots milik Hiro dalam jumlah besar. Mereka berdua pun diserang oleh seseorang yang menggunakan topeng.

Big Hero 6

Setelah kejadian itu, Hiro melakukan upgrade pada Baymax. DeMembuatnya bisa melakukan gerakan karate dan menambahkan battle chip pada Baymax. Bersama GoGo, Wasabi, Honey Lemon dan Fred, mereka membentuk kelompok pahlawan super.

Mereka akhirnya mengetahui bahwa Krei Tech yang pernah ingin membeli microbots milik Hiro, pernah membuat percobaan tentang portal teleportasi. Dalam percobaan tersebut, pilotnya menghilang dan tidak pernah kembali.

Kelompok itu pun akhirnya mengetahui bahwa penjahat bertopeng adalah Callagham yang dikira sudah mati dalam kebakaran.Hiro sangat marah dan melepas chip hijau dari Baymax, membuatnya jadi robot pembunuh yang kejam. Baymax berusaha dihentikan oleh yang lainnya, untungnya, Honey Lemon berhasil mengembalikan chip hijau Baymax tepat waktu.

Big Hero 6

Baymax mengingatkan Hiro bahwa dia diciptakan oleh Tadashi untuk membantu orang-orang, bukan sebaliknya. Setelah pikirannya lebih jernih, Hiro pun mencari tahu kenapa Callagham melakukan semua ini. Ternyata, pilot dalam percobaan tersebut adalah putrinya, Abigail.Kelompok ini pun berusaha menghentikan Callagham yang berusaha menghancurkan Krei Tech, setelah semua microbots menghilang dalam portal, Baymax mendeteksi kehidupan di dalam portal tersebut. Hiro dan Baymax pun masuk untuk menyelamatkan ‘sinyal kehidupan’ yang dipikirnya adalah Abigail.

Baymax dan Hiro berhasil menyelamatkan Abigail, tapi Baymax mengalami kerusakan dan tidak bisa kembali. Hiro dan Abigail bisa kembali dengan menggunakan tinju roket Baymax, namun robot itu terjebak disana, sementara Callagham ditangkap.

Beberapa saat kemudian, Hiro kembali ke universitas bersama teman-temannya, menempati lab milik kakaknya. Lalu, dia menyadari bahwa tinju roket Baymax menggenggam chip hijau yang berisi semua ingatan milik Baymax. Hiro pun membangun ulang Baymax dan mereka bisa berkumpul kembali. Enam sekawan ini pun menjadi pahlawan dan penolong di San Fransokyo seperti yang diinginkan Tadashi.


Cerita dalam film ini terbagi-bagi dan benar-benar memainkan emosi penontonnya. Pada awal film sangat seru, dimana Hiro melakukan pertarungan robot jalanan lalu bertemu ilmuwan-ilmuwan ‘gila’ teman Tadashi. Hiro kemudian membuat penemuan microbots yang sangat keren. Pada bagian ini, cerita berjalan sangat seru.

Lalu, kebakaran dan kematian Tadashi membuat suasana menjadi sedih. Hingga akhirnya Baymax muncul dan keadaan menjadi sedikit ceria lagi.

Big Hero 6

Film animasi ini mampu mempermainkan emosi penontonnya, dari tertawa, haru, tertawa lagi, tegang, haru lagi, tertawa lagi hingga pada bagian akhir, berakhir dengan bahagia.

Kehadiran Baymax yang seperti marsmellow raksasa yang berjalan menjadi daya tarik utama film ini. Cocok untuk ditonton bersama keluarga.

Leave a Reply