Auto Chess awalnya adalah sebuah custom mode untuk game DOTA 2 yang dibuat oleh para modder. Namun kemudian, mode ini menjadi game-nya sendiri dengan nama Auto Chess. Saat artikel ini pertama kali ditulis, Auto Chess baru memasuki fase beta di perangkat mobile.

Oke, tanpa basa-basi, berikut ini adalah cara bermain dan beberapa aturan dasar yang harus diketahui sebelum bermain Auto Chess.

DOTA 2 Auto Chess

Cara Mendownload DOTA 2 Auto Chess

DOTA 2 Auto Chess atau lebih dikenal dengan Auto Chess masih merupakan mod dari DOTA 2. Sehingga untuk memainkannya masih memerlukan Steam dan DOTA 2 itu sendiri, berikut ini adalah cara mendownload DOTA 2 Auto Chess.

  1. Download dan Install Steam
  2. Download game DOTA 2
  3. Buka game DOTA 2, Auto Chess biasanya berada di bagian Featured Game Mode atau bisa cari di bagian Arcade untuk menemukan DOTA 2 Auto Chess
  4. Download dan Install DOTA 2 Auto Chess

Download Auto Chess (Mobile)

Alternatifnya, bisa mendownload Auto Chess versi mobile di Play Store dengan klik link dibawah:

Auto Chess on Play Store

Dasar Permainan Auto Chess

Pada dasarnya Auto Chess seperti namanya merupakan permainan catur yang lebih mengutamakan strategi dan pertarungan bidak catur terjadi secara otomatis atau bisa juga disebut random / acak.

Setiap pertandingan, kita akan melawan 7 pemain lainnya. Pemenang adalah pemain yang masih memiliki sisa health hingga turn terakhir.

Diawal permainan, kita hanya akan melawan natural creeps selama tiga turn. Kemudian, akan melawan pemain lainnya secara random. Setiap 4 turn setelahnya, akan ada natural creeps yang harus dikalahkan.

Bidak catur / hero yang ada di Auto Chess bersifat shared pool, artinya, semua pemain mengambil dari kumpulan bidak yang sama. Hal ini bisa berpengaruh besar pada strategi, karena akan lebih sulit mendapatkan bidak impian jika pemain lain juga mengincarnya.

Sistem Ekonomi Auto Chess

Mata uang di Auto Chess adalah Gold. Ada beberapa mekanisme dalam mendapatkan gold ini:

  • Setiap turn, pemain akan mendapat 5 gold secara otomatis
  • Mengalahkan hero / bidak catur lawan mendapatkan tambahan 1 gold
  • Menang secara beruntun, pemain mendapat tambahan gold mulai dari 1 hingga maksimal 3 gold
  • Kalah secara beruntun, pemain mendapat tambahan gold dimulai dari 1 hingga maksimal 3 gold
  • Menjual hero / bidak catur, pemain mendapat gold dalam jumlah yang sama saat membeli bidak catur / hero tersebut

Gold ini bisa digunakan untuk apa saja?

  • Membeli hero / bidak catur, harga bidak catur mulai dari 1 hingga paling mahal 5 gold
  • Melakukan refresh pada pilihan hero / bidak catur menghabiskan 2 gold
  • Menaikkan 4 exp memerlukan 5 gold

Mengenal Species dan Class Hero

Setiap hero / bidak catur di Auto Chess memiliki species dan class. Misalnya, Kunka termasuk dalam species Human dan memiliki class Warrior. Umumnya, hero hanya memiliki satu class dan satu species, namun beberapa hero termasuk dalam lebih dari satu species atau class.

Species dan Class ini juga termasuk dalam strategi dalam Auto Chess. Misalnya, species Human memiliki efek khusus sebagai berikut:

  • Active when there are at least (N) different human chess pieces on the chessboard.
  • (2) Humans: All friendly humans have 20% chance to silence target for 4s when attacking.
  • (4) Humans: All friendly humans have 25% chance to silence target for 4s when attacking.
  • (6) Humans: All friendly humans have 30% chance to silence target for 4s when attacking.

Jika ada 2/4/6 bidak catur / hero berbeda di papan catur kita yang termasuk dalam species Humans, maka semua bidak catur di papan kita yang termasuk dalam species ini akan memiliki 20%/25%/30% kemungkinan untuk memberi silence pada musuh selama 4 detik.

Setiap species dan class memberikan efek yang berbeda dan memiliki syarat jumlah bidak yang berbeda-beda pula.

Lebih Jauh tentang Hero dan Item

Bidak catur atau hero di Auto Chess memiliki ‘harga’ antara satu hingga lima gold dan bisa dijual kembali dengan harga yang sama.

Untuk meningkatkan level hero di Auto Chess, kumpulkan tiga bidak catur yang sama (dan level yang sama) dan letakkan di papan catur. Ketiga hero ini akan bergabung dan menciptakan bidak baru dengan level yang lebih tinggi.

Item bisa didapatkan secara random saat mengalahkan natural creeps. Item-item ini juga bisa dikombinasikan layaknya saat bermain DOTA 2 seperti biasanya. Item ini bisa diberikan pada hero/bidak catur yang diinginkan.

Cara Bermain Auto Chess

  1. Saat turn pertama, kita akan diberi satu gold dan diharuskan memilih salah satu diantara 5 hero yang ada.
  2. Dua gold pada turn ketiga, tiga gold pada turn ketiga dan begitu seterusnya hingga turn keempat, kita akan diberi kesempatan untuk menyusun strategi awal dan hanya melawan natural creeps
  3. Pada turn keempat kita akan mulai melawan pemain lain secara random.
  4. Kemenangan tiap turn didapatkan jika tidak ada bidak catur/hero lawan yang tersisa.
  5. Kekalahan akan berdampak pada pengurangan HP. Damage yang didapatkan berdasarkan sisa bidak catur/hero lawan di papan catur dan berdasarkan bintang/level dari hero tersebut. Satu hero memberi satu damage tapi satu hero berbintang/ level dua memberikan dua damage.
  6. Permainan terus berlanjut hingga hanya ada satu pemain tersisa yang memiliki sisa HP.

Tips dan Strategi Bermain Auto Chess

Kenali Bidak Catur, Species dan Class

Bidak Catur / Hero di Auto Chess adalah bagian utama dari strategi untuk memenangkan setiap turn. Kenali kelebihan dan kekurangan masing-masing bidak catur, terutama skill yang dimiliki.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Species dan Class. Dua elemen ini bisa sangat berperan penting dan vital saat mid menuju late game. Efek yang diberikan dengan memiliki bidak catur / hero yang sama bisa mengubah arah jalannya permainan.

Jangan Gunakan Refresh Di Early Game

Fungsi refresh memiliki harga dua gold. Di early game, dua gold bisa sangat berarti. Jadi, usahakan tidak menggunakan fungsi refresh ini diawal permainan. Kenapa?

  1. Hasil refresh sangatlah random.
  2. Refresh bidak catur / hero yang didapat belum tentu lebih baik daripada yang sebelumnya.
  3. Dua gold lebih baik digunakan untuk membeli/menabung hero dibandingkan sekedar refresh.

Gunakan Fungsi Lock secara Tepat

Selain refresh, ada satu fungsi lagi yang terbilang penting yaitu lock. Fungsi ini akan mengunci hero yang kita dapatkan sehingga pada turn berikutnya, kita tidak akan mendapat pilihan hero baru.

Jika digunakan secara benar, fungsi ini membantu kita mengunci hero yang benar-benar diinginkan sampai kita mendapatkan gold saat turn berikutnya.

Di mid menuju late game, fungsi ini bisa digunakan untuk ‘menunda’ lawan untuk mendapatkan hero yang diinginkannya.

Jangan Meletakkan Hero Berlebihan di Papan Catur

Di setiap turn, ada jumlah maksimal hero yang bisa diletakkan di papan catur. Kalau berlebihan gimana? Maka hero yang lebih tersebut akan dikembalikan ke ‘kandang’-nya.

Sayangnya, mekanisme pengembalian hero ini adalah random. Bukan berdasarkan level atau statistik lainnya. Jadi, sangat mungkin hero yang paling kuatlah yang justru dikembalikan dan hanya menyisakan hero-hero lemah di papan catur.

Jangan Ragu Menabung Hero dan Kalah

Auto Chess memiliki mekanisme yang memungkinkan untuk melakukan comeback. Jika ada salah satu pemain yang sudah mendapat bidak catur / hero berlevel dua di turn awal, maka jangan ragu untuk menabung hero, terutama yang digunakan oleh pemain tersebut untuk menahan lajunya.

Jangan takut untuk mendapatkan lose streak, terutama di turn-turn awal jika merasa kurang beruntung dengan hero-hero yang didapatkan. Tabung dan tunggulah hingga hero yang diperlukan muncul.

Mendapatkan lose streak di Auto Chess juga mendapat kompensasi layaknya mendapatakn win streak, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.