Search
Cara Meredakan Rasa Sakit Akibat Radang Tenggorokan

Cara Meredakan Rasa Sakit Akibat Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau faringitis dapat menjadi gejala awal batuk, pilek atau influenza. Hal pertama yang muncul di pikiran segera setelah mengalami radang pada tenggorokan adalah bagaimana cara meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan, karena sangat mengganggu bahkan menyebabkan kesulitan menelan. Berikut kami berikan 5 cara mudah untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh radang pada tenggorokan.

  • Mengonsumsi cairan dalam jumlah cukup. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting, terutama jika Anda sedang sakit dan mengalami radang di tenggorokan. Hal ini untuk menjaga agar membran lendir di bagian tenggorokan tetap terjaga kelembabannya sehingga tubuh lebih mudah melawan virus dan allergen penyebab radang.
  • Berkumur dengan air garam. Garam mengandung sodium yang dikenal memiliki efek sebagai anti inflamasi. Oleh karena itu, berkumur dengan air garam dapat mengurangi pembengkakan yang ditimbulkan oleh infeksi sekaligus meredakan rasa nyeri meskipun tidak bisa membunuh virus atau bakteri penyebab infeksi. Disarankan untuk menuangkan satu sendok teh garam dalam 125 ml air kemudian berkumurlah di bagian tenggorokan yang terasa nyeri.
  • Cara ini mungkin menjadi favorit bagi Anda. Gangguan radang tenggorokan sebagai gejala awal flu dapat menjadi pertanda tubuh Anda sedang diserang virus. Agar sistem imun tubuh dapat bekerja optimal, segera beri tubuh Anda waktu istirahat yang cukup untuk memperkuat antibodi dan mempercepat proses penyembuhan dari sakit yang diderita. Kurangi stress yang juga dapat membuat sistem imun tubuh melemah.
  • radang-tenggorokanObat pereda nyeri. Obat jenis ini sangat mudah ditemukan di apotek dan untuk jenis yang ringan terkadang tidak membutuhkan resep dokter. Obat jenis ini biasanya merupakan kombinasi antara pereda nyeri dan anti inflamasi sehingga dapat meredakan rasa sakit dan memudahkan Anda untuk menelan makanan serta mengurangi pembengkakan.
  • Tablet hisap pereda tenggorokan. Dengan menghisap permen atau tablet pereda tenggorokan, Anda membuat produksi saliva atau ludah meningkat sehingga tetap menjaga tenggorokan tetap lembab. Kondisi ini dapat membantu melawan infeksi virus. Penggunaan rasa sejenis mentol yang menyejukkan juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat radang tenggorokan.
Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id