Cinta itu kadang diawali dengan senyuman, dilanjutkan dengan pelukan dan diakhiri dengan air mata. Ya, itulah salah satu kisah perjalanan sebuah kisah cinta yang diakhiri dengan memutuskan pacar.

Intinya, cinta tak selalu berakhir bahagia. Beberapa orang malah makin sengsara saat menjalani sebuah hubungan hingga akhirnya harus putus dan menghasilkan status MANTAN KEKASIH.

Kadang, putus inilah yang menjadi sebuah dilema bagi kalian kan? Kalian merasa ragu-ragu, padahal memutuskan hubungan itu bukanlah hal yang salah lho. Takut dia sakit hati atau nggak terima, coba ikutin panduan berikut.

Persiapan Sebelum Putus


Jaga Jarak Diantara Kalian

Gambar 3 untuk Cara Mutusin Pacar yang Baik dan Benar

Sebelum putus, sebaiknya kamu mulai jaga jarak dengan dia. Bedakan antara jaga jarak dengan menghidar ya.

Tujuannya disini untuk memberi waktu pada kamu dan dia untuk berpikir lebih jauh tentang hubungan kalian selama ini.

Saat-saat ini pula bisa kalian gunakan untuk melepaskan rasa “ketergantungan” pada dia, jadi nantinya perpisahan tidak akan terasa begitu menyakitkan dan menyedihkan.

Jangan Gunakan Perantara

Gambar 5 untuk Cara Mutusin Pacar yang Baik dan Benar

Untuk alasan apapun yang kamu bisa berikan, jangan pernah memutuskan hubungan dengan perantara orang lain.

Bagaimanapun sakitnya atau tidak teganya, memutuskan melalui orang lain membuat dia merasa tidak kamu hormati dan kasihan yang jadi perantara bisa disangka orang ketiga.

Alasan Paling Ampuh Untuk Mutusin Pacar


Ingat! Memutuskan pacar bukanlah sesuatu yang salah, apalagi pada sebuah hubungan asmara yang cenderung toxic.

Jika kamu masih bingung untuk alasan yang bisa dipakai, berikut ini beberapa alasan terbaik yang bisa digunakan untuk mutusin pacar.

“Aku ingin konsentrasi ke karir/sekolah dulu”

Ini adalah alasan yang paling klasik yang sering dipakai dan paling masuk akal.

Ketika si dia minta penjelasan, bilang aja bahwa selama ini nilai kamu sering anjlok karena keseringan pacaran atau peforma kerja kamu menurun karena kepikiran terus selama bekerja.

Tapi, ini juga penuh risiko. Jangan sampai baru beberapa hari putus, kamu sudah terlihat menggandeng pacar baru. “Katanya mau fokus sekolah?”

“Ini bukan salahmu, ini salahku”

Dari pada menyalahkan pacar (yang memang tidak salah), salahkan diri sendiri. Selalu rendahkan dirimu dihadapan dia dan anggap dirimu “bersalah”.

Awalnya sih dia bakal pengen lanjut, tapi buktikan bahwa kamu hanyalah “noda” dalam kehidupanya.

“Kamu pantas dapat seseorang yang lebih baik dariku”

Ini adalah salah satu kata-kata terdasyat untuk minta putus. Enaknya, kalo dia minta hubungan kalian diperbaiki, kamu cuma perlu berbicara soal kejelekan kamu aja, misalnya “Dulu, aku pernah selingkuh sama sahabat-sahabat kamu“.

Tapi, siapkan saja pipimu buat ditampar ya. 🙂

Menjauh

Gambar 7 untuk Cara Mutusin Pacar yang Baik dan Benar

Kalau kamu terlalu kasihan untuk berkata langsung, kamu bisa gunakan cara ini yaitu menjauh. Tapi, cara ini membutuhkan kesabaran ekstra.

Pura-pura sibuk dengan banyak kerjaan dan tugas, pasti deh dia mau ngerti. Lalu, mulai deh nggak mengaktifkan handphone dengan alasan error, lowbat dan lain-lain.

Ingat untuk bilang kamu ingin putus, jangan ngilang gitu aja dan buat dia ngerasa digantung. Ingat bahwa pacarmu itu juga punya perasaan.

“Aku nggak siap untuk hubungan serius”

Ini buat yang lebih dewasa dan mau serius. Karena pada dasarnya setiap hubungan pasti akan berakhir di pernikahan.

Biasanya sih, pacar kamu yang nggak terima dengan alasan ini akan bilang “Aku akan menunggu kamu kok“. Nah, jawablah dengan tegas, “Aku nggak bisa anggap kamu sebagai pacar aku lagi

“Aku masih belum bisa ngelupain mantanku”

Ini adalah alasan yang paling sakti dan ampuh. Alasan ini biasanya bisa langsung membuat hati pacar kamu retak, tapi ingat untuk bekerjasama dengan mantan kamu.

Siapa tau pacarmu malah tanya-tanya ke mantanmu. Terus, kalo nggak punya mantan gimana? Ya, bilang aja kamu bohong dan bilang punya 13 mantan.

Atau, minta salah satu temanmu untuk pura-pura jadi mantan. Beres kan.

Tata Cara Memutuskan Hubungan dengan Pacar


Katakan dengan jelas, singkat, tegas

Gambar 9 untuk Cara Mutusin Pacar yang Baik dan Benar

Tidak perlu bertele-tele, apalagi sampai bercerita tentang keburukan-keburukan yang dimiliki pasangan kamu.

Cukup katakan sesederhana ini, “Aku rasa hubungan kita cukup sampai disini ya, kita putus!”. Kalau lebih dari itu, pasanganmu akan bingung dan bisa-bisa putusnya nggak jadi.

Apa yang Harus Dilakukan Pasca Putus


Jangan memberi harapan

Gambar 11 untuk Cara Mutusin Pacar yang Baik dan Benar

Jangan jadi orang PHP (Pemberi Harapan Palsu), jangan menambahkan kata-kata seperti, “Kamu akan tetap jadi yang terbaik” dan janji-jani busuk lain.

Ini bisa menghilangkan tujuan utama kamu. Yang lebih buruk, kamu akan dituduh sebagai Pemberi Harapan Palsu.

Sopan pada mantanmu

Sejahat-jahatnya pasangan kamu, jangan sampai mempermalukan dia. Lakukan dengan tenang dan kata-kata yang sopan.

Kenapa harus tetap sopan? Karena bagaimanapun keadaannya, dia pernah menjadi bagian dari hidupmu bahkan mengisi hatimu.

Jangan menghubungi terlalu sering

Gambar 13 untuk Cara Mutusin Pacar yang Baik dan Benar

Jaga agar hubungan kamu dengan mantan seminimal mungkin. Jangan menelepon, SMS, atau chatting dengan tujuan sekedar menanyakan kabar.

Hal itu membuat dia bingung dan membuat dia makin sulit melupakanmu. Jadi, berikan waktu untuk kalian berdua untuk melupakan segala, kembali bangkit dan melepaskan bayangan mantan masing-masing.

Cara agar Tetap Berteman dengan Mantan Kekasih


Sebelum kamu memutuskan kembali berteman dengan dia, ada baiknya kamu menenangkan diri. Karena setelah putus, pasti ada rasa marah, sedih dan kecewa yang tertinggal. Berikan dirimu waktu untuk sendiri hingga kamu bisa berdamai dengan hatimu.

Karena setelah putus, pasti ada rasa marah, sedih dan kecewa yang tertinggal. Berikan dirimu waktu untuk sendiri hingga kamu bisa berdamai dengan hatimu.

Kalau kamu terus melihat kesalahan yang dia lakukan, kamu akan semakin sulit move on.

Tapi, jangan memaksakan untuk berteman kalau kamu masih sakit hati dan marah. Oke, setelah kamu bisa lebih tenang, lakukan cara-cara berikut.

Forgive but Never Forget

Gambar 15 untuk Cara Mutusin Pacar yang Baik dan Benar

Hal pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah memaafkan kesalahan-kesalahan yang pernah dia lakukan.

Jika kamu ingin berteman dengannya, sudah seharusnya kamu melupakan kenangan buruk lalu memaafkannya. It’s time to grow up!

Tapi, walau kamu memaafkan dia, bukan berarti kamu harus melupakan hal-hal buruk tersebut.

Jadikan kenangan buruk tersebut sebagai pelajaran agar tidak menimpamu untuk kedua kalinya. Namun, jangan sampai membahas kembali hal tersebut dengan si mantan ketika kalian berteman.

Jika kamu berhasil memaafkannya, maka kamu bisa melanjutkan ke Langkah Pertama.

Sapa Sang Mantan

Gambar 17 untuk Cara Mutusin Pacar yang Baik dan Benar

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyapa sang mantan kekasih.

Bisa melalui SMS, sapaan ringan ketika bertemu atau sapa melalui media sosial. Cukup tanyakan apa kabar dan katakan bahwa kamu ingin kembali berteman dengan dia.

Jangan menyapa terlalu agresif, nanti dia malah berpikir kamu memberikan “sinyal balikan yuk”. Ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan. Jika berhasil, SELAMAT, kamu bisa melanjutkan ke langkah kedua.

Teman Tapi Tak Mesra

Gambar 19 untuk Cara Mutusin Pacar yang Baik dan Benar

Setelah kamu berhasil kembali berteman baik dengan sang mantan, bukan berarti kamu boleh kembali mengulang kemesraan.

Berikan “jarak” dalam pertemanan kalian. Kalau sampai benih-benih cinta itu tumbuh lagi, ingat penyebab kamu putus dengan dia, hal itu akan menyadarkanmu lagi. Ingat, Memaafkan Tapi Tidak Melupakan.

Setelah berhasil menjalin hubungan pertemanan lagi dengan si mantan, berarti kamu sudah siap menuju langkah ketiga.

Jatuh Cinta Lagi

Gambar 21 untuk Cara Mutusin Pacar yang Baik dan Benar

Yap, seperti kata orang “Obat Sakit Hati adalah Jatuh Cinta Lagi“, bukan kepada si mantan, tapi kepada orang lain.

Kalau kamu telah bisa menerima si mantan sebagai teman, jangan sampai kamu merasa tidak enak untuk jatuh cinta lagi.

Ingat, kedekatanmu saat ini hanya sebatas teman. Sama seperti kamu berteman dengan orang lain. Sudah seharusnya kamu membuka hati dan jatuh cinta pada orang lain.

Bila Anda telah bisa menjalin pertemanan dengan mantan kekasih, jangan sampai Anda jadi merasa tidak enak bila berkencan dengan pria/wanita lain.

Kedekatan Anda saat ini hanya sebagai teman. Sudah seharusnya Anda membuka diri dan berkencan dengan pria lain.

Saat langkah-langkah diatas berhasil kamu lakukan, berarti kamu sudah bisa memaafkan kesalahan mantanmu, belajar dari kesalahan yang pernah kamu lakukan, memberikan jarak sebatas teman dengan pacarmu dan membuka hati untuk orang baru.

Tapi, pertanyaannya, siapkah kamu untuk putus dan jatuh cinta lagi?