Bagi investor pemula mungkin masih bingung dengan cara membeli reksadana. Tidak perlu khawatir, kali ini akan kami sajikan teknik membeli reksadana yang aman dan menguntungkan. Bagi anda yang ingin investasi reksadana untuk pemula, sebaiknya pelajari dulu jenis reksadananya sebelum memutuskan untuk membelinya.

Menghubungi Agen Reksadana

Sebelumnya anda pasti sudah mempelajari dulu reksadana yang dikeluarkan oleh sebuah agen. Bila dari analisis anda sudah mantap untuk memilih sebuah reksadana tertentu, hubungi agennya untuk mendapatkan pemahaman secara lebih terperinci. Pastikan bahwa agen reksadana tersebut resmi dan punya izin sebagai wakil agen penjual efek reksadana. Lakukan kunjungan langsung ke perusahaan tempat anda menanamkan modal.

reksadana

 

Mengisi Formulir

Sebelum menanamkan modal reksadana awal, anda harus mengisi formulir yang isinya tentang biodata. Isi formulir tersebut juga tentang data tambahan pemodal dan pembelian reksadana. Isikan data lengkap dan valid karena formulir ini mewakili surat berharga.

Kelengkapan Dokumen

Sebelum anda melakukan transaksi reksadana, pasti pihak agen akan meminta untuk menyertakan dokumen-dokumen penting yang berhubungan dengan data diri. Contoh dokumen ini adalah fotocopy KTP, slip setoran, dan NPWP. Sedangkan untuk peminta reksadana dari sebuah perusahaan harus memberikan tambahan dokumen tandan tangan pengurus dan akte perusahaan.

Setelah semua dokumen lengkap, anda akan diminta untuk menandatangani perjanjian. Baca dengan seksama isi perjanjian tersebut untuk menghindair sengketa kemudian hari. Biasanya agen reksadana akan memberikan prospektus atau gambaran perjalanan uang orang yang melakukan investasi reksadana untuk pemula setelah dikirimkan.

 

Transfer

Selanjutnya, nasabah reksadana dapat langsung melakukan transfer uang ke rekening yang ditentukan oleh pihak agen. Kebanyakan reksadana tidak melayani penerimaan uang secara langsung karena dianggap kurang terdokumentasi. Pengelola reksadana yang profesional pasti akan memberikan rekening.

Nah, sekarang anda telah menjadi seorang investor reksadana. Anda akan mendapatkan laporan kegiatan keuangan dalam periode tertentu dan menikmati hasil dari investasinya. Tentu setelah dikurangi dengan pembiayaan jasa sesuai dengan ketentuan di awal. Jadi, menanamkan modal reksadana untuk pemula merupakan hal yang mudah.

Write A Comment