Dampak Positif dari Penolakan

Siapa sih yang suka ditolak? Entah itu ditolak cintanya, ditolak pekerjaannya atau bahkan ditolak idenya. Apalagi ketika sudah bersungguh-sungguh serta mengeluarkan segala upaya dan sepenuh hati. Nah, dari pada bersedih dan galau, ada baiknya mengubah sudut pandang tentang penolakan itu sendiri. Ditolak itu bukan akhir dunia kok.

Mau tau kenapa penolakan itu ada baiknya untuk diri kita? Check this out!

 

1. Ada Sesuatu yang Lebih Baik, Terdiam dan Menunggumu

Coba pikirkan ini, dalam suatu masa mengalami penolakan oleh orang yang disayang atau sebagainya. Kamu berpikir bahwa hal itu bisa menjadi milikmu pada awalnya. Seiring berjalannya waktu, banyak yang hal akan datang, hal yang akan merubah kekecewaanmu menjadi lebih baik.

Pada akhirnya, ketika kamu melihat kebelakang dan menyadarinya. Jika kamu terus bergerak, sesuatu yang lebih baik sedang diam di sana (di masa depan) menunggumu dan hanya untukmu.

2. Kamu Berpikir Terlalu Dangkal

Seketika setelah kamu mengalami penolakan, kamu akan merasa sangat kecewa, marah dan putus harapan. Kenapa? Karena kamu berpikir terlalu dangkal. Sadarlah bahwa mereka yang menolakmu telah memberimu ruang baik orang yang tepat, yang pada akhirnya akan menerimamu. Catat!

3. Evaluasi Diri

Penolakan akan membantumu mengevaluasi dirimu. Membuatmu sadar apa yang cocok bagimu dan apa yang kamu kuasai. Dalam jangka panjang, penolakan membuatmu menjadi diri sendiri dan orang yang lebih baik.

4. Membuatmu Berempati pada Orang Lain

Seorang Oprah Winfrey mengatakan “Tidak ada pengalaman yang sia-sia”. Begitu pula dengan penolakan. Saat ditolak, kamu bisa mengalami dan memahami penderitaan orang lain yang senasib denganmu. Membuatmu menjadi orang yang lebih ramah dan lebih lembut setelah beberapa waktu.

5. Kamu masih Hidup, Bukan?

Goo Goo Dolls dalam salah satu lirik lagunya mengatakan ‘.. you bleed just to know you’re alive” . Belum lagi pepatah “Apa yang tidak membunuhmu, membuatmu lebih kuat.”. Yap, penolakan adalah bagian pahit dari kehidupan yang akan membuatmu lebih kuat.

Mulai sekarang, jika dalam kondisi ditolak, bangkitlah secepat mungkin. Selalu berpikiran positif bahwa dibalik setiap badai, pasti akan ada pelangi. Ingat, bukan berapa kali kamu bisa berhasil atau gagal. Tapi, berapa kali kamu berhasil bangkit dari kegagalan.

One Response

  1. Lex dePraxis September 4, 2014
%d bloggers like this: