Search
Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui Mengenai Asuransi

Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui Mengenai Asuransi

Asuransi adalah sebuah perlindungan finansial dari segala resiko tentang kehilangan dan kerugian baik jiwa, kesehatan, barang, uang dan sebagainya. Peserta asuransi memiliki kewajiban untuk membayar uang dalam jumlah tertentu kepada perusahaan yang disebut premi. Perusahaan asuransi selanjutnya setuju untuk memberikan kompensasi dan perlindungan terhadap kerugian di masa depan. Jenis kerugian dan manfaat didapat peserta asuransi telah tercantum dalam kontrak dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, selanjutnya disebut kebijakan.

Ketika anggota peserta asuransi menderita kerugian seperti yang tercantum pada kontrak, maka tertanggung berhak mengajukan klaim asuransi. Klaim asuransi ini tergantung dari kebijakan yang telah disepakati bersama ketika menandatangani kontrak. Penerima bisa saja orang yang tertanggung atau orang lain yang ditunjuk peserta.

asuransi

Pada hakikatnya asuransi dibagi menjadi tiga kategori, yaitu asuransi kerugian, asuransi jiwa dan asuransi kehilangan. Selanjutnya dari kategori tersebut masih dibagi lagi menjadi beberapa macam asuransi sesuai dengan kebutuhan perlindungan. Sebelum menentukan tipe asuransi yang dibutuhkan, sebaiknya perlu diketahui dulu mengenai manfaat dan pengertian masing-masing asuransi.

Macam-macam Asuransi dan Manfaatnya

Perusahaan asuransi membuat pengelompokan asuransi sesuai dengan fokus dan resiko. Hal ini untuk memberikan ukuran keseragaman resiko dalam menutupi jenis kebijakan. Perusahaan asuransi dapat mengantisipasi potensi kerugian dan menentukan premi yang sesuai dengan adanya pengelompokan tersebut. Berikutjenis asuransi yang umum ditawarkan perusahaan asuransi.

  1. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa

 

Asuransi jiwa memberi keuntungan finansial kepada orang yang ditunjuk atas kematian tertanggung. Ada asuransi jiwa yang membayarkan klaim setelah kematian tertanggung, tetapi ada juga yang memungkinkan tertanggung mengklaim dana sebelum kematiannya.

Model asuransi ini adalah seseorang membeli asuransi jiwa bagi kehidupannya sendiri yang diperuntukkan orang ketiga. Misalnya seorang istri membeli asuransi jiwa yang memberi manfaat setelah kematian suaminya. Umumnya asuransi jiwa menawarkan keuntungan finansial bagi ahli waris peserta asuransi.

  1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Asuransi ini khusus menangani masalah kesehatan akibat penyakit dan menanggung biaya perawatan kepada anggota asuransinya. Umumnya produk ini melindungi dan menanggung biaya cedera, cacat, sakit, dan kematian karena kecelakaan. Produk asuransi ini bisa dibeli untuk diri sendiri atau untuk orang lain.Asuransi ini memiliki beberapa macam tipe, ada perusahaan asuransi yang memberikan sistem reimbursement. Ada yang memberikan pembayaran penuh atas biaya rumah sakit secara langsung dari perusahaan asuransi hanya dengan menggunakan kartu keanggotaan.

  1. Asuransi Kendaraan

Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi ini paling laris di pasaran, terutama asuransi mobil. Asuransi ini menjamin terhadap cedera pada orang lain atau kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan kendaraan tertanggung. Asuransi ini juga membayar atas kehilangan dan kerusakan kendaraan tertanggung.

Biasanya negara mengharuskan pemilik kendaraan membeli asuransi ini agar perusahaan asuransi membayar semua kerugian dan kerusakan akibat kecelakaan. Namun, ada perusahaan asuransi yang hanya membayar sebagian kerugian saja, tergantung kebijakan yang telah disepakati dengan perusahaan asuransi. Biasanya kasus ini terjadi pada kecelakaan fatal yang mengakibatkan kerusakan total dan biaya perawatan yang melebihi jumlah yang telah ditetapkan undang-undang.

  1. Asuransi Kepemilikan Rumah atau Properti

Asuransi Properti

Produk asuransi ini bertujuan melindungi pemilik rumah dari kerugian yang berhubungan dengan tempat tinggal mereka. Asuransi properti melindungi terhadap kerusakan atau kehilangan barang-barang pribadi yang ada di dalam rumah. Termasuk juga jika rumah mengalami kecelakaan seperti kebakaran.

  1. Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan

Ini adalah salah satu jenis asuransi yang banyak diminati masyarakat. Asuransi pendidikan merupakan solusi cerdas menjamin masa depan pendidikan anak dengan lebih baik. Orang tua yang membeli asuransi pendidikan anaknya akan membayar premi sesuai dengan jenis pendidikan yang ingin didapatkan kelak.

Asuransi pendidikan ini adalah jalan keluar dari permasalahan orang tua akan tingginya pendidikan anak di masa mendatang. Orang tua dapat melindungi aset yang dimiliki terhadap inflasi, sehingga tabungan tidak langsung habis akibat pembayaran biaya pendidikan yang melambung tinggi.

  1. Asuransi Perjalanan

Asuransi Pendidikan

Bagi Anda yang sering bepergian jauh, asuransi ini tidak asing lagi. Hampir semua kendaraan umum mewajibkan penumpangnya membeli asuransi perjalanan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari produk keuangan ini atas bagasi yang hilang, kerugian dari keterlambatan jadwal penerbangan hingga biaya pengobatan apabila Anda tiba-tiba sakit di negara tujuan. Selain itu juga ada manfaat asuransi jiwa kepada penerima apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat yang ditentukan.

  1. Asuransi Kredit

Asuransi Kredit

Asuransi ini melindungi dan mengatur proses simpan pinjam dan permasalahan dalam pengambilan jenis kredit tertentu. Biasanya perlindungan yang diberikan meliputi asuransi jiwa bagi tertanggung. Misalkan seseorang yang memiliki pinjaman di suatu bank dan sebelum pinjaman dilunasi tertanggung meninggal dunia, maka cicilan pinjaman selanjutnya dianggap lunas dan  tidak dibebankan pada ahli waris. Perusahaan asuransi telah membayar resiko pinjaman kepada pihak bank.

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja

Asuransi Kecelakaan Kerja

Perlindungan yang diberikan produk keuangan ini berupa santunan yang diberikan terhadap kematian, cacat total dan biaya pengobatan akibat kecelakaan kerja.Jenis asuransi ini biasanya diberikan perusahaan kepada karyawannya. Jaminan ini untuk melindungi pegawai dari kerugian atas musibah yang menimpa dari resiko kerja yang terjadi secara tidak sengaja. Biasanya perusahaan yang membayarkan premi asuransi pada perusahaan asuransi atas nama karyawan.

Tips Memilih Asuransi yang Tepat

Asuransi yang Tepat

Ada banyak produk asuransi dengan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Terkadang calon pembeli asuransi bingung menentukan jenis asuransi yang tepat untuk digunakan. Disini akan diberikan beberapa tips agar tidak salah dalam membeli asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Pahami semua pilihan-pilihan yang tersedia.

Pilihan yang dimaksudkan di sini meliputi banyak hal tidak hanya tentang jaminan yang diberikan. Misalnya saja siapa yang bisa masuk dalam polis asuransi (umumnya anggota keluarga tertanggung). Selain itu pelajari kebijakan yang ditentukan perusahaan asuransi, contohnya mengenai kerugian apa saja yang ditanggung. Selanjutnya mengenai biaya lain di luar premi yang harus dibayarkan tertanggung.

  • Perhitungkan besaran premi yang harus dibayarkan.

Jangan hanya memilih asuransi yang disukai. Perhitungkan jumlah premi yang harus dibayar setiap bulannya. Sebab beberapa perusahaan asuransi memberlakukan sistem pembayaran sesuai inflasi yang artinya pembayaran premi akan terus mengalami kenaikan seiring meningkatnya inflasi.

  • Pertimbangkan manfaat yang akan diterima jika mengalami kerugian.

Tawaran yang diberikan perusahaan asuransi kepada calon nasabah akan manfaat asuransi seringkali menggiurkan. Termasuk juga manfaat yang akan diterima jika mengalami kerugian atas hal yang diberi perlindungan. Namun, seringkali terjadi salah paham antara nasabah dan perusahaan asuransi ketika kerugian terjadi karena ada perbedaan perhitungan. Oleh sebab, itu perlu menghitung biaya yang harus dikeluarkan ketika menderita kerugian dan manfaat yang diberikan perusahaan asuransi atas kerugian tersebut.

  • Kredibilitas perusahaan asuransi yang dipilih.

Asuransi merupakan bentuk perjanjian jangka panjang, maka kredibilitas perusahaan adalah hal penting yang perlu dipertimbangkan. Pilihlah perusahaan asuransi yang tidak memiliki sejarah permasalahan dalam mengelola keuangannya. Anda bisa melihat dari perkembangan kinerja dan pengelolaan perusahaan selama berdiri. Caranya dengan melihat laporan keuangannya melalui surat kabar atau media massa lainnya. Perhatikan peringkat dan ratingnya, serta RBC (Risk Based Capital) perusahaan tersebut, apakah telah memenuhi ketentuan pemerintah yang minimal 120%.

  • Pertimbangkan pelayanan yang ditawarkan perusahaan.

Sebaiknya pilih perusahaan asuransi yang menawarkan pelayanan ekstra, seperti menyediakan pelayanan 24 jam kepada nasabah. Hal ini sangat membantu ketika Anda membutuhkan layanan informasi mengenai detail produk asuransi yang dibeli kapan pun Anda butuhkan. Simak hal-hal penting seperti persyaratan sampai berapa lama proses pembayaran klaim. Terutama untuk jenis asuransi kesehatan yang membutuhkan kerjasama antara pihak rumah sakit dengan asuransi untuk memudahkan nasabah melakukan klaim.

Memilih Agen Asuransi yang Tepat

Agen Asuransi yang Tepat

Setelah mendapat gambaran mengenai macam asuransi dan manfaatnya, serta cara memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, kini saatnya mencari agen asuransi yang tepat. Mungkin sebagian masyarakat sudah mengenal beberapa agen asuransi yang menawarkan produk asuransi, namun tidak semua memiliki keahlian dan pelayanan yang baik. Maka akan diulas mengenai cara tepat memilih agen asuransi yang tepat.

  • Mencari informasi dari teman atau kerabat yang menggunakanmacam asuransi yang sama seperti pilihan Anda. Tanyakan mengenai agen asuransi yang menangani produk perlindungan yang mereka beli.
  • Mencari informasi dari website atau situs-situs khusus yang membahas tentang asuransi.
  • Menghubungi salah satu agen dari perusahaan asuransi untukmacam asuransi yang Anda butuhkan dan perhatikan layanannya. Jika Anda kurang ‘sreg’ sebaiknya tidak meneruskan urusan bisnis dengan agen tersebut.
  • Pastikan bahwa agen asuransi yang Anda pilih memiliki pengetahuan tentang kebutuhan asuransi pribadi Anda. Agen tersebut diharapkan dapat memberi penjelasan tentang apa yang harus dilakukan untuk mengurangi resiko kerugian, memberikan pertimbangan terhadap pilihan asuransi sesuai kebutuhan Anda, dan membantu dalam proses klaim asuransi.

Pengertian Premi Asuransi

Premi Asuransi

Hal terpenting ketika sudah memilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan Anda adalah mulai membayar premi bulanan. Jangan sampai terjadi kewajiban pembayaran ini justru memberatkan keuangan Anda. Maka sebelum membeli produk asuransi sebaiknya hitung dengan teliti jumlah premi yang harus dibayarkan, dan ketahui sistem pembayaran premi yang diterapkan perusahaan.

Premi asuransi mengacu pada sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh pemegang polis asuransi. Jumlah premi ini sudah ditetapkan perusahaan asuransi dan sebagai gantinya pihak tertanggung akan mendapat perlindungan asuransi jika mengalami kerugian berdasarkan kebijakan yang telah disetujui kedua belah pihak pada saat penandatanganan kontrak.

Premi asuransi yang ditetapkan setiap perusahaan akan berbeda, meskipun layanan jenis asuransi yang ditawarkan sama. Oleh sebab itu, para ahli asuransi menyarankan agar orang-orang yang tertarik membeli polis asuransi untuk mencari informasi penawaran asuransi dari beberapa perusahaan. Bandingkan penawaran tersebut satu sama lain, sehingga calon nasabah akan mendapatkan penawaran terbaik dengan jumlah premi sesuai budget.

Penentuan harga premi dipengaruhi beberapa faktor. Misalnya saja premi asuransi jiwa, akan ditentukan dengan melihat usia pemegang polis. Semakin tua usia tertanggung maka akan semakin besar pula premi yang harus dibayarkan. Termasuk juga dengan riwayat kesehatan tertanggung yang menjadi pertimbangan besaran premi yang dibayarkan tiap bulannya.

Cara menetapkan premi asuransi, agen asuransi akan mengumpulkan data atau informasi orang yang akan membeli polis asuransi. Berdasarkan informasi yang sudah dikumpulkan itulah premi asuransi dihitung.Premi asuransi yang rendah akan menguntungkan nasabah, meskipun dengan premi rendah cakupan perlindungan yang disediakan tidak banyak.

Jadwal pengumpulan premi asuransi cukup beragam tergantung dari perjanjian dengan pihak agen dan jenis asuransi pilihan. Anda dapat memilih pembayaran secara bulanan, kuartalan, setengah tahunan, atau tahunan.

Pemegang polis bertanggungjawab memastikan premi asuransi dibayar teratur. Apabila tertanggung mengalami kegagalan dalam membayar premi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, maka dapat terkena resiko pembatalan polis asuransi dari perusahaan. Selain itu pemegang polis juga kehilangan haknya untuk mengklaim polis asuransi.

Cara Mudah Melakukan Klaim Asuransi

Klaim Asuransi

Mungkin banyak pertanyaan seputar proses klaim asuransi dari para pemegang polis. Apa pun macam asuransi yang dipilih semuanya menuntut persyaratan yang kurang lebih sama. Hal penting yang harus dilakukan sebelum mengajukan klaim asuransi adalah dengan membaca klausal-klausal yang telah dinyatakan pihak asuransi pada surat perjanjian. Surat perjanjian ini berguna ketika Anda mengajukan klaim sesuai dengan hak Anda. Biasanya surat perjanjian diberikan ketika melakukan pendaftaran asuransi.

Proses klaim asuransi akan berjalan setelah musibah terjadi. Langkah pertama untuk mengajukan klaim adalah dengan menelpon pihak asuransi melalui nomorcustomer service atau nomor kontak lain yang melayani proses klaim. Pemberitahuan ini bertujuan untuk meminta ijin pada perusahaan asuransi untuk melanjutkan laporan kepada pihak yang berwajib atau pihak ketiga yang bersangkutan dengan pembayaran asuransi.

Selanjutnya persiapkan syarat dan ketentuan dalam mengajukan klaim asuransi. Umumnya persyaratan untuk mengajukan klaim asuransi adalah fotokopi identitas diri/KTP tertanggung, fotokopi KK, fotokopi KTP ahli waris, surat polis dan surat-surat pendukung lainnya. Dengan menyiapkan berkas secara lengkap akan mempermudah proses pencairan dana.

Apabila Anda memiliki informasi tambahan yang berhubungan dengan peristiwa kehilangan atau kerusakan sertakan informasi tersebut kepada perusahaan asuransi, misalnya surat kematian, resep dokter, dan lain-lain. Begitu juga bila dibutuhkan laporan dari pihak kepolisian, maka dapat meminta bantuan aparat untuk memberikan keterangan sebagai bukti laporan kerugian.

Khusus untuk klaim asuransi kesehatan terdapat dua cara, yaitu sistemreimburserment atau klaim langsung dengan kartu anggota asuransi. Cara klaim dengan reimburserment biasanya pihak tertanggung harus membayar penuh biaya pengobatan. Selanjutnya nota pembayaran dilampirkan ketika mengajukan klaim asuransi. Dana yang akan dicairkan sesuai dengan nota pembayaran dan ketentuan dari pihak asuransi. Apabila terjadi overpay maka pihak tertanggung harus menanggung kelebihan biaya perawatan.

Sedangkan untuk klaim sistem langsung dengan ‘kartu ajaib’ anggota asuransi, pemegang polis cukup memberikan kartu tersebut pada bagian pembayaran khusus asuransi di rumah sakit. Maka petugas akan menggesek kartu tersebut dan melakukan konfirmasi pada pihak asuransi atas klaim tersebut. Pemegang polis tidak perlu repot-repot menyiapkan syarat dan mengajukan klaim dengan prosedur yang panjang. Biasanya macam asuransi ini diterapkan oleh perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi kesehatan bagi karyawan sebuah perusahaan.

Dari tips tersebut diharapkan Anda dapat mengajukan klaim asuransi dengan lebih mudah dan cepat. Tidak perlu takut untuk percaya pada pihak asuransi, sebab perusahaan asuransi yang terpercaya tidak akan mempertaruhkan nama baiknya dengan mempersulit atau tidak memberikan hak nasabah. Selama pemegang polis menaati aturan dan memenuhi persyaratan serta ketentuan perusahaan yang telah disepakati maka tidak akan ada permasalahan dalam mengklaim dana asuransi.

Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id