img

Hal-hal Yang Mesti Diperhatikan Dalam Manajemen Keuangan Keluarga

/
/
/
150 Views

Jika sudah berkeluarga tentunya harus lebih memperhatikan tentang manajemen keuangan keluarga. Jika hal tersebut tidak dilakuakn, justru berdampak hal yang tidakdiinginkan terjadi terutama dalam hal ekonomi keluarga. Tidak sedikit orang yang memiliki penghasilan besar, tapi di rumah tangganya masih memiliki hutang. Hal tersebut karena pengaturan antara penghasilan dengan pengeluaran tidak seimbang. Namun ada juga yang justru memiliki penghasilan pas-pasan tapi tidak memiliki hutang, bahkan mereka bisa menutupi kebutuhan hidupnya dengan bisa menabung.

Sebuah luka-liku dalam rumah tangga memang menarik, tapi semua itu memiliki makna agar kita bisa lebih dewasa dalam berbagai hal. Permasalahan yang terjadi bukanlah tanpa sebab, semuanya pasti ada awal mulanya. Begitu juga dalam hal keuangan keluarga, jika kita bisa mengaturnya dengan baik maka rumah tangga yang kita jalani akan harmonis. Namun jika sebaliknya, justru berdampak rusaknya mahligai rumah tangga. Dalam manajeman keuangan keluarga, ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan yaitu :

tips-mengatasi-masalah-keuangan-keluarga

  1. Melakukannya secara bersama

Tentunya anda dan juga pasangan anda yang harus berdiskusi tentang pengaturan keuangan tersebut. Dari mulai pemasukan berupa penghasilan tetap ataupun dari usaha tambahan, kemudian pengeluaran, perencanaan kebutuhan jangka pendek menengah dan juga jangka panjang, serta berbagai hal lainnya yang bersifat bersama. Jauhkan sifat egois dari diri anda dan juga pasangan anda dengan memberi pengertian tentang pentingnya melakukan perencanaan keuangan.

  1. Tetapkan kebutuhan

Anda dan pasangan anda tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda. Anda mungkin membutuhkan uang bensin serta uang jaga-jaga ketika jauh dari rumah, dan kebutuhan lainnya yang menjadi kebiasaan laki-laki ataupun perempuan. Ada juga kebutuhan bersama seperti belana bulanan, asuransi, listrik, air, dan beberapa kebutuhan bersama lainnya. kebutuhan tersebut haruslah kita ketahui dan atur dengan sebaik mungkin serta pilihlah yang benar-benar penting.

  1. Lakukan evaluasi

Lakukanlah evaluasi setiap bulannya dengan cara mengumpukan bon pengeluaran. Buat daftar pemasukan dan pengeluaran, dan mana yang paling besar. Jika masih ada sisa berarti kita sisihkan untuk pengeluaran bulan depan, namun jika sebaliknya berarti kita harus mengurangi pengeluaran terutama yang kurang penting.

Keharmonisan sebuah rumah tangga bukan saja diukur oleh seberapa kuat mereka dalam menghadapi permasalahan atau juga seberapa hebat cinta mereka, namun ada juga faktor lain yang justru selalu menjadi alasan rumah tangga tersebut kondusif dan juga sebaliknya. Faktor tersebut ialah ekonomi terutama yang menyangkut keuangan keluarga. Sebagai seorang kepala rumah tangga, sang ayah berperan sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kesejahteraan ekonomi keluarga. Namun ibu rumah tangga juga memiliki peran yang penting, yaitu mengatur supaya keuangan keluarga bisa cukup. Sebenarnya keduanya memiliki peran yang sama besarnya, namun ibu lebih berperan dalam manajemen keuangan keluarga.

Manajemen keuangan keluarga merupakan faktor penting yang harus direalisasikan mengingat betapa pentingnya pengaturan keuangan keluarga supaya tidak terjadi kendala yang dapat merusak keharmonisan keluarga gara-gara faktor ekonomi. Nah ada beberapa tips di bawah ini yang dapat anda lakukan dalam mengatur keuangan keluarga yaitu:

Mengatur-Keuangan-Rumah-Tangga

  1. Buat rencana anggaran

Sebelum anda melakukan pengeluaran untuk kebutuhan di rumah, sebaiknya anda membuat rencana anggaran keluar masuknya uang. Perputaran uang yang masuk baik dari penghasilan tetap atau tambahan kemudian dikurangi pengeluaran wajib. Setelah itu, buat rencana pengeluaran tak terduga dan juga tambahan. Apakah masih ada sisa atau tidak ? jika masih ada sisa, maka lebih baik anda tabungkan untuk menutupi kekurangan pada anggaran berikutnya.

  1. Minimalisir hal yang tidak penting

Dengan melihat daftar belanja bulan lalu, kita akan bisa mengevaluasi beberapa daftar belanja yang sekiranya bisa diminalisir. Beberapa kebutuhan yang tidak terllalu penting misalnya, walaupun sedikit tapi biasanya menjadi masalah besar bagi keuangan keluarga kita. belanjalah yang benar-benar kita butuhkan jangan hanya sekedar keinginan semata.

  1. Selalu menyisihkan untuk tabungan

Menabung sudah diajarkan oleh orang tua serta guru kita sejak dari kecil, kebiasaan hidup hemat haruslah melekat di dalam diri kita. Hal ini berguna untuk memenuhi kebutuhan kita ketika terjadi kekerangan serta menjadi dana penyelamat di saat terjadi resiko yang tak terduga. Jadi sisakanlah penghasilan anda walaupun sedikit untuk tabu

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

This div height required for enabling the sticky sidebar