img

Hubungan Antara Durasi Mandi dan Rasa Kesepian

/
/
/
21 Views

Mandi adalah salah satu kegiatan wajib setiap individu untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Bicara soal mandi, ada orang yang menghabiskan tidak lebih dari 5 menit untuk mandi tapi ada pula yang bisa menghabiskan hingga 30 menit. Jika kamu termasuk golongan pertama, kamu adalah individu yang bahagia – secara harfiah.

John Brgh, PhD. yang merupakan seorang peneliti di Universitas Yale menemukan bahwa semakin kesepian seseorang, maka mereka akan semakin sering mandi, menggunakan air yang lebih hangat dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mandi.

Gambar 1 untuk Hubungan Antara Durasi Mandi dan Rasa Kesepian

Penelitian tersebut menemukan bahwa seseorang yang merasa kesepian memanfaatkan kehangatan yang dirasakan oleh fisiknya untuk menggantikan kehangatan sosial yang tidak mereka dapatkan. Selain mencari kehangatan secara fisik, mereka yang suka berlama-lama untuk mandi juga menggunakan waktu tersebut untuk melamun, memikirkan berbagai masalah atau sekedar membiarkan pikiran mereka bebas melayang. Sayangnya, hal semacam ini justru dapat berujung pada ketidakbahagiaan.

Dua psikologis asal Harvard, Matthew Killingsworth dan Daniel Gilbert mengadakan sebuah penelitian untuk menemukan apakah fokus mental berpengaruh pada kebahagiaan. Mereka menemukan sebagian besar (hampir setengah) pemikiran kita tidak berhubungan dengan apa yang kita lakukan.

Sebagian besar dari kita mungkin berharap segala “pengembaraan jiwa” (baca : melamun/berpikir) ¬†yang sering kita lakukan membawa kita ke tempat yang lebih bahagia, sayangnya data mengatakan sebaliknya. Kita akan merasa paling bahagia ketika pikiran dan tindakan kita selaras, walaupun hal tersebut hanya kegiatan sederhana seperti mencuci piring.

Orang-orang yang menghabiskan sedikit waktu untuk mandi tidak memiliki masalah ini, karena pikiran mereka hanya fokus pada satu tujuan yaitu mandi untuk menjadi bersih. ¬†Mereka tidak menggunakan kamar mandi sebagai “bilik berpikir”, mereka secara emosional biasanya terkoneksi dengan baik dan bahagia secara sosial.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

This div height required for enabling the sticky sidebar