Terinspirasi dari video channel Kok Bisa? berjudul”Apa Yang Akan Terjadi Jika Matahari Tiba-Tiba Lenyap?“, dimana penyampaiannya sangat keren, simple dan mudah dipahami. Muncul sebuah pertanyaan, lalu apa yang akan terjadi pada bumi seminggu kemudian? Setahun kemudian? Bagaimana dengan manusia?

Pertama-tama, butuh waktu 8 menit 20 detik untuk menyadari bahwa matahari lenyap. Itu waktu yang dibutuhkan sinar matahari (cahaya) untuk sampai di bumi. Hal yang pertama terjadi adalah kegelapan dan kepanikan global. Lalu, bumi akan bergerak ke arah yang tidak tentu karena tidak ada daya gravitasi dari matahari.

Ini Yang Terjadi Kalau Matahari Tiba-Tiba Lenyap 1

Selama 30 menit pertama, kita masih akan melihat cahaya dari Planet Jupiter. Cahaya langit yang menyinari bumi sekitar 1/300-nya berasal dari Milky Way, jadi cahaya itu masih bisa kita terima walau matahari menghilang. Penduduk bumi tidak akan benar-benar hidup dalam kegelapan karena penerangan bertenaga listrik masih akan bisa menyala.

Begitu bumi berhenti menerima sinar matahari, maka seluruh fotosintesis akan berhenti. Makhluk hidup yang paling terpengaruh adalah tanaman. Beberapa spesies akan mati dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Pohon berukuran besar mungkin bisa bertahan lebih lama, tapi pohon tersebut akan mati karena membeku dibandingkan kekurangan makanan.

 

Kalau fotosintesis berhenti, apakah umat manusia akan mati karena kehabisan oksigen?

Ini Yang Terjadi Kalau Matahari Tiba-Tiba Lenyap 3

Tidak. Selama setahun, 7 milyar manusia di bumi menghabiskan 6 milyar oksigen untuk bernafas sementara atmosfer kita memiliki sekitar 1 kuintilion oksigen. Jadi, perlu ribuan tahun sebelum kita kehabisan oksigen walau tanpa matahari.

Apa yang akan terjadi seminggu kemudian?

Suhu permukaan bumi menurun, mencapai titik beku. Tapi, suhu semacam ini terjadi setiap hari di beberapa belahan bumi. Jadi, tinggal siapkan selimut dan baju tebal. Apa yang sebenarnya lebih berdampak mengerikan adalah ketakutan global, tindakan kriminal seperti penjarahan dan sebagainya untuk memperebutkan makanan dan bahan-bahan lainnya.

Bagaimana dengan setahun kemudian, masihkah ada manusia di bumi?

Ini Yang Terjadi Kalau Matahari Tiba-Tiba Lenyap 5

Suhu permukaan bumi akan menurun hingga ke titik -73 derajat Celcius. Dan penduduk bumi mungkin akan mulai membangun rumah baru ke daerah yang memiliki sumber panas bumi. Atau pindah ke bawah tanah dengan memanfaatkan pembangkit listrik bertenaga nuklir.

Penduduk bumi yang kurang beruntung untuk mendapat tempat baru untuk berlindung akan mulai meninggal dalam tahun pertama. Entah karena membeku, kekurangan makanan dan sebab lainnya. Tapi, manusia yang berhasil bertahan masih akan hidup.

Apa yang terjadi setelah setahun, seperti apa sepuluh – duapuluh tahun kemudian?

Seluruh permukaan laut akan membeku. Tapi, permukaan laut yang membeku dan membentuk es ini justru akan melindungi cairan (air laut) yang berada di bawahnya sehingga tidak membeku. Dan mungkin, milyaran tahun kemudian, planet bumi masih akan tetap memiliki air di lautan.

Kok bisa? Lapisan es tebal diatasnya akan menjaga air dari suhu dingin di permukaan bumi, sementara panas bumi di bawahnya akan terus menjaga air tersebut tetap berbentuk cairan.

Ini Yang Terjadi Kalau Matahari Tiba-Tiba Lenyap 7

Dalam sepuluh atau duapuluh tahun, bumi akan mulai basah oleh embun, hal ini terjadi karena udara mulai cukup dingin untuk berkondensasi menjadi cairan. Pada masa inilah, manusia akan sampai pada saat dimana “kekurangan oksigen” karena udara yang seharusnya dihirup membeku, jika “masih ada manusia”.

Manusia terakhir mungkin akan meninggal karena kelaparan, atau mungkin karena penyakit atau bahkan bunuh diri.

Setelah semua manusia punah, bagaimana dengan bumi?

Bermilyar-milyar tahun kemudian, masih akan ada kehidupan di planet bumi. Memang bukan manusia tapi mikroorganisme yang ada dibawah laut atau mikroorganisme lain yang bisa hidup pada keadaan ekstrim. Khusus mikroorganisme yang ada di laut dalam, mereka tidak akan terpengaruh sama sekali dengan lenyapnya matahari.

Karena saat ini pun, mereka mungkin tidak tau bahwa matahari itu ada. Mereka mendapat makanan melalui proses bernama kemosintesis. Mereka mengubah panas, metana dan sulfur menjadi tenaga.

Ini Yang Terjadi Kalau Matahari Tiba-Tiba Lenyap 9

Jadi, planet bumi akan lebih seperti sebuah kapal alien yang berkelana membawa kehidupan. Jika beruntung, maka bumi akan sampai di galaksi baru, menemukan bintang baru dan mengorbit lagi. Jika tidak, mungkin planet bumi akan menabrak planet atau benda angkasa lain dan sekianlah cerita dari planet bumi.

Inti tulisan ini, selalu bersyukur dengan apa yang ada sekarang, karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi 8 menit 20 detik dari sekarang. 🙂

Leave a Reply