It’s My Startup

Sudah lulus SMA tapi belum kuliah, itulah kehidupan saya setidaknya sampai bulan September 2014 nanti. Untuk mengisi waktu, biasaya saya hanya nonton TV, nonton film atau sekedar jalan-jalan keluar rumah. Hampir tidak banyak kegiatan produktif yang saya lakukan. Kebetulan, kemarin jalan-jalan ke Gramedia, soalnya bahan bacaan sudah habis. Sekalian menemani adik saya membeli komik.

Sampai Gramedia, saya hanya berencana membeli buku Young On Top dari Billy Boen. Tapi, mata saya tertarik degan buku bersampul hitam dengan tulisan yang berwarna-warni berjudul “It’s My Startup”.

Lahandi Baskoro, Senior Content Strategist KASKUS begitulah tulisan paling atas di sampul “buku hitam” yang saya baca. Wah, ditulis orang dibalik KASKUS ternyata.

It's My Startup 1

Berarti ini kedua kalinya saya membeli buku dari orang dibalik KASKUS, yang pertama adalah buku Ken & Kaskus tahun lalu.

Karena buku tersebut membahas soal Startup, saya akan jelaskan sedikit tentang Startup dulu. Startup adalah organisasi yang berusaha menghasilkan produk/layanan dan mencari model bisnis yang tepat untuk berkembang.

Di Indonesia, istilah Startup lebih mengacu pada perusahaan rintisan yang menggunakan unsur teknologi informasi pada produk/layanan-nya.Jika tidak bernuansa teknologi, biasanya disebut UKM (Usaha Kecil  dan Menengah).

Jadi, Startup itu adalah UKM di bidang teknologi informasi.

Oke, kembali ke “buku hitam”.

Buku setebal 174 halaman ini isi dalamnya berwarna-warni, walaupun saya bilang berwarna-warni tapi hanya diisi dua warna saja yaitu biru dan hijau. Warna-warna “sejuk” ini membuatnya enak untuk dibaca.

Belum lagi ukuran font dan jarak antar paragraf yang cukup besar sehingga tidak melelahkan mata. It’s My Startup juga memberikan penebalan (bold) pada nama-nama perusahaan/startup/incubator yang membuat perhatian kita menjadi lebih fokus pada nama-nama tersebut.

Tapi, bagian yang paling saya suka adalah quote di halaman sebelum bab baru. Quote dari orang-orang sukses di dunia yang usahanya dimulai dari startup.Quote tersebut bukan cuma pajangan, tapi lebih sebagai cambuk bagi yang membacanya. Kalau yang membaca “jengah”.

Jujur saja, banyak dari tips-tips yang ditulis di buku tersebut sudah pernah saya baca di internet.

Misalnya, jangan pusing soal nama, pentingnya memiliki networking, kerja keras sampai jual keunggulan. Tapi, tapi, tapi, It’s My Startup membuka mata saya bahwa selama ini saya hanya membaca tips-tips tersebut tanpa mau mengerti dan memahaminya.

Buku hitam ini telah membantu saya mengerti dan memahami tips yang diberikan lewat contoh para pendiri Startup di dunia maupun Indonesia. Bahkan, keinginan saya untuk serius membangun startup menjadi makin kuat setelah membaca buku hitam.

Tapi, seperti salah satu tips dalam buku tersebut  #15 Fail to Plan, Plan to Fail , yap, saya masih harus mematangkan ide, rencana dan sebagainya sebelum benar-benar memulai.

Karena saya tidak ada niatan untuk gagal, tapi sekalipun akhirnya harus gagal, bukan berarti harus menyerah, kan?

Yeah! It’s time to take action!