Jangan Pernah Beli/Install Game Abstractism

Steam masih merupakan salah satu distributor game digital paling populer di dunia saat ini, tidak heran banyak developer pada akhirnya merilis game mereka di platform buatan Valve ini. Sayangnya, Steam tidak hanya menarik bagi para developer besar dan developer indie untuk mempublikasikan karya mereka, platform yang sama juga menarik bagi para kriminal untuk melancarkan aksi mereka, entah dengan melakukan penipuan, pemalsuan atau lebih parahnya lagi, menginfeksi komputer orang lain dan menggunakannya sebagai mesin penambang cryptocurrency seperti yang dilakukan oleh game Abstractism.

Abstractism dibuat dan dipublikasikan oleh developer Okalo Union dengan memanfaatkan sistem Steam Direct, sebuah program pengganti dari Stream Greenlight yang memungkinkan developer baru untuk mempublikasikan game mereka ‘dengan mudah’ di Steam hanya dengan membayar biaya sebesar $100. Kini, game Abscractism memang sudah dicabut dari Steam Store, tapi cerita mengenai game ini cukup menarik untuk diketahui lebih lanjut apalagi pada akhirnya, kasus ini ‘memaksa’ Valve untuk memperbaiki sistem trading mereka.

Game Abstractism dideskripsikan sebagai “relaxing platformer” yang memiliki item yang bisa diperdagangkan di Community Market milik Steam. Cerita kejanggalan Abstractism dimulai saat seseorang memposting foto di forum game Team Fortress 2 yang mengatakan dia membeli sebuah item langka seharga $100 yang pada awalnya dikira adalah item langka dari game Team Fortress 2 namun ternyata item tersebut berasal dari game Abstractism. Mulai dari thumbnail (gambar) hingga deskripsi dibuat sangat mirip dengan item langka dari game lain, bahkan orang yang memposting gambar tersebut pun mengatakan bahwa dia sebenarnya cukup berpengalaman dalam jual-beli di Community Market namun kali ini tetap saja tertipu.

Jangan Pernah Beli/Install Game Abstractism 1

Tidak lama berselang, Community Market kemudian terlihat dipenuhi dengan item-item ‘langka’ dari game Abstractism yang sekilas sangat mirip dengan item langka dari game lainnya. Belum selesai masalah ini, seorang pemain Abstractism mempublikasikan screenshot dari antivirus miliknya yang menandai bahwa salah satu file .exe dari game ini dianggap sebagai ‘ancaman’ (virus, trojan, malware). Developer merespon dengan menyatakan bahwa file tersebut diperlukan oleh game miliknya untuk memberikan item pada pemain.

Lucunya, saat seseorang mengatakan bahwa Abstractism digunakan untuk menambang cryptocurrency. Terutama dilihat dari penggunaan CPU dan GPU yang sangat tinggi untuk sebuah “relaxing platformer”, sang developer merespon dengan sebuah respon yang ‘aneh’ dan cenderung kontradiktif antara pernyataan yang satu dan pernyataan lainnya.

“Bitcoin sudah kuno. Kami sekarang menggunakan Abstractism hanya untuk menambang Monero.

Abstractism tidak menambang cryptocurrency apapun. Mungkin, Anda bermain pada setting graphic yang tinggi, ini memang memerlukan tambahan tenaga CPU dan GPU, yang diperlukan untuk rendering”

Jangan Pernah Beli/Install Game Abstractism 3

Di kalimat kedua, Okalo Union mengakui bahwa mereka menggunakan Abstractism untuk menambang Monero yang merupakan salah satu cryptocurrency yang cukup populer. Namun, di bagian bawah pernyataan tersebut, mereka juga menambahkan bahwa game-nya tidak digunakan untuk menambang cryptocurrency apapun.

Abstractism memang saat ini sudah dicabut dari Steam, tapi bukan karena alasan menyalahgunakan komputer pengguna sebagai penambang cryptocurrency, tapi karena melakukan ‘penipuan’ dengan merilis item-item langka yang menduplikasi item langka dari game lainnya. ‘Berkat’ kasus ini, Valve ini sedikit ‘mempersulit’ penggunanya untuk melakukan jual-beli sehingga pembeli akan benar-benar teliti sebelum membeli item yang ingin dibelinya dari pengguna lainnya.