Jumlah Pipis yang Normal dalam Sehari

Buang air kecil atau pipis adalah cara tubuh kita mengeluarkan sisa-sisa dari metabolisme dan kelebihan air dalam tubuh. Tapi, tahukah kamu berapa kali jumlah pipis yang normal dalam satu hari?

Menurut pakar kandungan, dr. Fernandi Moegni, SpOG, pada umumnya (keadaan normal), manusia buang air kecil sebanyak 8 kali dalam sehari, dengan jarak diantaranya (interval) adalah 4-5 jam.

pipis yang normal

Sehingga, kalau pipis jadi lebih sering dari seharusnya, harus dicari tahu penyebabnya. Bisa jadi, kandung kemihmu bermasalah.

“Dalam satu hari, berkemih kurang dari 8 kali itu masih normal. Tapi, masalahnya, banyak ibu-ibu yang sering mengalami kelainan atau beser. Ini bukan karena otot kandungan yang lemah tapi karena kandung kemih bermasalah.”

Kelainan dalam buang air kecil atau kerap disebut beser pada ibu-ibu ini disebabkan oleh kerusakan dasar pinggul yang umumnya diderita wanita karena kehamilan dan melahirkan.

Menurut dr. Fernandi, kerusakan panggul pada wanita memang lebih tinggi 50% dibandingkan laki-laki. Karena saat hamil biasanya ada tekanan di panggul dan ketika melahirkan, apalagi bayinya besar sehingga mengalami kerusakan dasar panggul.

Untuk mengatasi hal ini, bisa dengan melakukan senam kegel, melatih kandung kemih, mengurangi berat badan, pembedahan TVT, laser hingga stem cell autologus terbaru.