Search
Kandungan Nutrisi pada Beras Merah Untuk Diet

Kandungan Nutrisi pada Beras Merah Untuk Diet

Kandungan Nutrisi pada Beras Merah Untuk Diet – Jika kita membandingkan beras merah dan beras yang biasa kita jadikan nasi putih sebagai makanan pokok sehari-hari dari segi popularitas jelas beras putih yang paling banyak peminatnya. Akan tetapi ternyata setelah dilakukan penelitian oleh para ahli kesehatan dan ahli gizi manfaat beras merah untuk diet  dan untuk kesehatan serta pencegahan berbagai macam penyakit jauh lebih besar dari nasi putih yang selalu kita konsumsi sehari-hari.

Warnanya yang merah sedikit kecoklatan tersebut ternyata merupakan warna alami yang memiliki kandungan antosianin yang bersifat antioksidan, antiheprtensi, antihiperglikemik dan antikanker. Sedangkan nasi putih yang kita makan sehari-hari merupakan beras gilingan atau poles yang telah bersih dari kulit ari dan lembaga.

Kandungan nutrisi beras merah untuk diet dan kesehatan telah banyak dipercaya dan direkomendasikan oleh para ahli kesehatan terutama untuk mencegah berbagai penyakit dan bagi penderita obesitas yang tengah melakukan program penurunan berat badan ketat. Seperti yang kita ketahui, diet bukan berarti kita mengurangi porsi makan secara extreme atau tidak makan sama sekali karena, tubuh kita membutuhkan makanan sebagai sumber energi.

Maka dari itu, anda dapat mengganti mengkonsumsi nasi putih dengan beras tersebut. Kandungan nutrisinya dalam 1 cangkir beras merah yang telah ditumbuk memiliki sekitar 216 kalori atau 88% kecukupan harian kita, kandungan protein 2-5 %, magnesium 18 %, selenium 21% serta mengandung asam lemak alfa linolenat, vitamin B kompleks,vitamin A dan Zat besi.

Kandungan nutrisi tersebut memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh agar tercegah dari berbagai macam jenis penyakit dari yang ringan sampai yang berat. Mangan yang dimilikinya mampu memproduksi energi dari karbohidrat dan protein, serta sangat penting bagi sistem saraf karena kandungan asam lemaknya yang cukup tinggi. selain itu, magnesiumnya mampu menguatkan tulang dan gigi kita yang juga menjadi bagian dari enzim di dalam tubuh termasuk enzim yang berperan sebagai pengatur insulin pada tubuh. Dan terakhir, kandungan serat tinggi yang dimilikinya mampu mempercepat masa tinggal makanan dalam usus setiap orang sehingga mampu menurunkan resiko kanker usus.

Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id