Jogja, salah satu kota terindah yang bukan hanya terkenal dengan ragam budayanya, tetapi sangat terkenal dengan ragam batiknya.  Batik asal Daerah Istimewa Jogjakarta ini sudah terbukti terkenal dan banyak digemari oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Hal ini dikarenakan memakai batik adalah salah satu budaya yang masih diterapkan di kota gudeg ini. Ciri khas batik Jogja terlihat dari warna dasar dan latar kain. Sedikit akan dibahas mengenai asal usul dari lahirnya batik Jogja dan beragam motif batik Jogja.

Sejarah Lahirnya Batik Jogja

Gambar 2 untuk Keindahan Jogja Dengan Ragam Batiknya

Awal batik Jogja terlahir saat kerajaan Mataram berjaya dengan raja yang bernama Panembahan Senopati di desa Plered. Saat itu, proses pembuatan batik hanya terbatas dalam lingkungan kerajaan keraton yang dibuat oleh para pembantu ratu. Tak berapa lama berselang, terjadi peperangan antara raja dengan penjajah Belanda. Hal tersebut membuat keluarga raja berpindah ke kota lain dan menetap di kota seperti Pekalongan, Ponorogo, dan Tulungagung. Bersamaan dengan pindahnya  para keluarga raja, diikuti oleh penyebaran daerah pengrajin batik ke seluruh pelosok Indonesia yang dimulai pada Abad ke-18. Setelah itu, batik bukan hanya terbatas menjadi pakaian di lingkungan keraton, tetapi juga menjadi komoditi perdagangan sampai saat ini.

Ragam Batik Jogja

Batik asal Jogja ini terdiri dalam beberapa kelompok ragam. Ragam yang terkenal seperti ragam batik bouquet, kelir, kawung, ceplok, lereng, nitik, parang, sido luhur, seling, truntu, dan ragam udan liris. Sedangkan untuk bahan kain batik Jogja yang digemari oleh banyak orang seperti batik cap, cap sutera, tulis kombinasi cap, blus sutera, hem batik, sarimbit, dan kemeja batik. Selain ragam batik dan kain batik, terdapat motif klasik dari batik Jogja seperti motif perang, banji, bunga, dan tumbuhan air.

Setelah dijelaskan mengenai asal usul dan berbagai motif batik Jogja, tentunya akan banyak pilihan untuk setiap orang ingin membeli dan memakai batik asal Daerah Istimewa ini. Batik Jogja juga selalu berinovasi menciptakan motif terbaru kemeja batik pria dan juga wanita serta cocok digunakan di berbagai acara.

Write A Comment