Ketahui Manfaat Minum Teh Unik dari Berbagai Belahan Dunia Berikut Ini!

Masyarakat Indonesia umumnya lebih sering mengkonsumsi teh melati maupun teh hijau, kedua teh ini punya rasa yang segar serta wangi yang sangat khas ketika dikonsumsi. Manfaat minum teh ini mulai dari menyegarkan pikirkan dan mengembalikan fokus dan memberikan efek relaks. Jenis teh ini cocok dikonsumsi di pagi sebelum beraktivitas maupun di sore hari sambil melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Kebiasaan orang Indonesia yang doyan ngeteh memang diketahui berasal dari para bangsawan Eropa yang kemudian ditiru oleh bangsawan di nusantara sebelum pada akhirnya dilakukan oleh segala golongan seperti sekarang.

Namun, kebiasaan minum teh tidak hanya ada di Eropa maupun Indonesia, di berbagai belahan dunia lain juga ada kebiasan minum teh namun dengan jenis dan tujuan yang berbeda-beda. Beberapa jenis ‘teh’ diketahui sangat bermanfaat untuk keluhan kesehatan ringan seperti masalah perut hingga pernafasan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat minum teh unik yang berasal dari berbagai belahan dunia. “Unik” disini bukan berarti tidak ada di Indonesia, hanya belum umum saja.

Teh Oolong

Ketahui Manfaat Minum Teh Unik dari Berbagai Belahan Dunia Berikut Ini! 1

Teh oolong (wu long) diketahui berasal dari Tiongkok dan sampai saat ini pun lebih sering ditemui di restoran yang menyajikan Chinese food. Namun, belakangan, jenis teh ini sudah tersedia di Indonesia dalam bentuk teh yang dibotolkan. Jenis teh ini berasal dari daun teh yang sama dengan teh hijau maupun teh hitam. Bedanya, jika teh hijau hampir tidak mengalami fermentasi sementara teh hitam mengalami fermentasi penuh, teh oolong hanya mengalami semi-fermentasi.

Hasilnya adalah teh dengan aroma yang cukup tajam dan rasa yang tergolong unik. Teh oolong memberikan cita rasa agak pahit diawal namun menyisakan rasa manis di akhirnya. Untuk manfaatnya, teh ini dikenal sangat tinggi akan antioksidan dan bisa mempercepat metabolisme tubuh, dengan kata lain mampu membantu proses penurunan berat badan. Hal lain yang membuat teh oolong begitu disukai adalah jenis teh ini mampu memperlancar pencernaan dan membantu mengontrol kolesterol.

Teh Merah

Ketahui Manfaat Minum Teh Unik dari Berbagai Belahan Dunia Berikut Ini! 3

Teh merah atau lebih dikenal dengan Rooibos Tea adalah jenis teh yang berasal dari tanaman semak yang hanya tumbuh di wilayah Afrika Selatan. Walau disebut ‘teh’, tapi teh merah lebih tepat jika dikategorikan sebagai minuman herba atau jamu. Teh merah didapatkan dari proses fermentasi daun tanaman rooibos. Teh ini digemari bukan hanya karena warna dan rasanya yang unik, tapi juga karena tidak mengandung kafein maupun tanin yang ditemukan pada teh fermentasi seperti teh hitam.

Teh merah sering menjadi alternatif bagi mereka yang ingin minum teh, namun tidak ingin mengkonsumsi kafein berlebihan, apalagi orang yang menderita batu ginjal. Beberapa khasiat yang umum diketahui dari minum teh merah adalah mengatasi alergi, membantu memperlambat penuaan, dan membantu menguatkan tulang. Beberapa orang juga percaya bahwa teh merah ini bisa digunakan untuk mencegah batu ginjal dan membantu mengendalikan kolesterol.

Teh Valeria

Ketahui Manfaat Minum Teh Unik dari Berbagai Belahan Dunia Berikut Ini! 5

Teh valeria memang sangat jarang dikenal di Indonesia, alasannya sederhana karena tanaman valeria berasal dari Eropa dan Tiongkok namun lebih banyak ditanam di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Berbeda dengan teh pada umumnya, teh valeria berasal dari akar tanaman valeria dan kemudian diolah untuk dijadikan teh. Walau tanamannya sendiri memiliki bau yang cukup menyengat, namun hasil olahannya diketahui sangat bermanfaat.

Tanaman valeria sendiri sering dijadikan bahan dasar untuk obat-obatan penenang, sementara teh valeria yang sering dijual di pasaran umumnya selain mengandung valeria juga mengandung tanaman herbal lainnya. Teh valeria diketahui sangat baik untuk menyembuhkan insomnia dan menjadi obat penenang bagi orang yang menderita kecemasan. Tapi, teh ini tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama minuman beralkohol maupun obat penenang lainnya karena bisa memberikan efek samping mulai dari sakit kepala, jantung berdebar hingga insomnia.

Teh Adas

Ketahui Manfaat Minum Teh Unik dari Berbagai Belahan Dunia Berikut Ini! 7

Lebih dikenal sebagai Fennel Tea, tapi di Indonesia, fennel disebut sebagai adas. Umumnya, minyak biji dari tanaman ini merupakan salah satu komponen penyusun minyak telon. Sejak berabad-abad lalu, di benua Eropa, dimana tanaman ini berasal, fennel atau adas memang sudah dikenal sangat bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan terutama mengatasi kolik pada balita dan membantu meredakan sakit saat datang bulan.

Teh Adas memang tergolong belum umum di Indonesia, tapi mengingat tanaman ini masih cukup mudah ditemui di Indonesia dan untuk membuatnya pun bisa menggunakan biji, daun muda maupun bagian akar, maka ke depannya teh adas mungkin akan lebih dikenal. Belum lagi segudang manfaat dari teh adas terutama untuk perempuan yang sedang datang bulan dan ibu yang sedang menyusui.