Search
Keuntungan Sistem Pembayaran Online Untuk Penjual

Keuntungan Sistem Pembayaran Online Untuk Penjual

Sistem pembayaran online masih terbilang baru di Indonesia dan kebanyakan artikel/berita yang ada hanya membahas manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan oleh pembeli/konsumen. Padahal, sistem ini juga memberikan keuntungan dan manfaat yang luar biasa untuk pihak penjual. Penjual atau merchant yang memakai layanan pembayaran online sudah tentu memiliki keunggulan daripada merchant yang tidak memanfaatkan layanan ini.

Pembayaran online menjadi salah satu alternatif menarik karena kepraktisan dan keamanan yang ditawarkannya. Praktis karena rata-rata layanan ini terintegrasi dengan banyak layanan lain yang tersedia di sekitar kita seperti mini market, ATM dan Bank. Aman karena mereka memakai sistem keamanan yang canggih, terenkripsi dan bahkan memakai One-Time Password (OTP).

Berikut ini beberapa keuntungan sistem pembayaran online untuk penjual :

Pembukuan Bisnis dan Catatan Transaksi

Dengan mengintegrasikan bisnisnya dengan sistem, maka penjual akan mendapatkan catatan dari setiap transaksi yang terjadi. Belum lagi dengan sistem yang benar-benar sudah matang, maka secara otomatis sistem akan membuat sebuah pembukuan bisnis yang pada akhirnya sangat membantu penjual dalam melakukan analisa terhadap bisnisnya.

Lebih Fokus Mengembangkan Bisnis

Masih berhubungan dengan poin pertama, ketika sebagian besar pembukuan bisnis dan catatan transaksi sudah dilakukan oleh sebuah sistem. Maka, penjual atau merchant bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnisnya, bukan hanya mengurus transaksi penjualan yang kadang bisa memakan banyak waktu dan tenaga.

Penjual bisa memakai waktu dan tenaga yang biasa dihabiskan untuk mengurus transaksi ke hal-hal yang lebih bermanfaat untuk perkembangan bisnis seperti promosi, marketing, menjalin kerjasama dan sebagainya.

Meningkatkan Brand Awareness

Ketika penjual memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnisnya, dan apabila langkah yang diambil tepat, maka bisa meningkatkan brand awareness dari bisnisnya. Bukan hanya itu, penyedia layanan sistem pembayaran online juga biasanya memberikan promosi bagi merchant-merchant yang bergabung dengan layanan mereka.

Mengintegrasikan bisnis dengan sistem pembayaran online juga memberikan kesan pada para calon pembeli bahwa bisnis Anda memperhatikan konsumen dengan menyediakan berbagai cara pembayaran yang memudahkan mereka. Termasuk layanan pembayaran online yang praktis dan aman.

Meningkatkan Penjualan

Pada akhirnya, semua keuntungan dari pembayaran online diatas akan bermuara pada satu hal yaitu meningkatnya penjualan. Pembukuan bisnis dan catatan transaksi yang sudah sistematis memberikan waktu tambahan untuk penjual untuk mengembangkan bisnisnya dibandingkan dengan hanya mengurus transaksi pembayaran. Pengembangan bisnis yang didukung oleh penyedia layanan pembayaran online dalam berpromosi akan meningkatkan brand awareness dari bisnis dan pada akhirnya berakhir pada meningkatkan penjualan.

Dengan begitu banyaknya keuntungan yang bisa didapat merchant dari sistem ini, sudah saatnya memanfaatkan secara maksimal apa yang ditawarkan olehnya. Dompetku adalah salah satu penyedia layanan pembayaran online yang menawarkan semua keuntungan diatas. Ditambah data bahwa Indosat Ooredoo selaku induk dari layanan ini memiliki 70 juta pelanggan, sebuah potensi yang sangat besar untuk merchant mana pun.

Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id