KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis

Apakah Anda adalah orang yang suka mendownload aplikasi di luar Play Store? Jika iya, Anda termasuk salah satu pengguna yang rentan dengan sebuah malware baru yang ditemukan menyerang perangkat Android. Malware ini ditemukan oleh ZScaler dan ‘menyamar’ dengan menjadi sebuah file yang bernama KSKAS.apk.

Malware ini menyebar melalui “drive-by download” yaitu proses download dari sebuah situs ke perangkat Android bahkan tanpa permintaan dari perangkat tersebut, atau dengan kata lain download otomatis. Setelah terdownload, beberapa browser biasanya akan menanyakan apakah user ingin menginstall aplikasi yang sudah terdownload atau tidak. Malware ini akan memunculkan dirinya sebagai “KS Clean”.

Jika terinstall, maka akan muncul pemberitahuan bahwa aplikasi/perangkat harus diupdate untuk alasan keamanan. Ketika user memilih “OK” pada pilihan ini, saat itulah, aplikasi kedua yang berisi malware akan terinstall. Setelah aplikasi kedua ini terinstall, dia akan meminta akses admin. Saat ijin ini diberikanlah, malware ini akan benar-benar bekerja. Di permukaan, malware ini memunculkan iklan di berbagai tempat termasuk home screen, tapi di belakang layar, malware ini melakukan banyak hal yang bisa berdampak pada data dan device pengguna.

Seperti malware lainnya yang menyerang Android, cara termudah untuk mencegah malware ini menyerang perangkat Anda adalah dengan tidak menginstall atau mendownload aplikasi/game apapun dari luar Play Store. Cara lainnya yang terbukti ampuh adalah tidak mencentang pilihan “Unknown Sources” yang bisa mencegah aktivitas “drive-by download” dari situs-situs penyebar malware.

Walau belum seheboh Ransomware WannaCry beberapa waktu lalu, tapi malware ini diprediksi sudah menyerang ratusan perangkat Android di Amerika Serikat dan Britania Raya. Malware sebenarnya adalah ‘masalah biasa’ bagi Android dan mencegahnya pun gampang, jadi tingkatkan kewaspadaan dan jangan install sembarangan.

Kelebihan Investasi Online Di Trimegah
41 Istilah Penerbangan Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat
Rumah Dijual di Depok Harga Di Bawah 100 Juta
Rumah Dijual Di Bandung Harga Murah Tanpa Perantara
Tips Sukses Merintis Bisnis Barber Shop di Kota Besar
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Bahayanya Kencing di Kolam Renang
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan
Review Nine Lives, Film untuk Keluarga Pecinta Kucing
Electro Swing, Perpaduan yang Terasa “Salah”
Tangan Midas Sutradara Anime Makoto Shinkai
Review Doctor Strange, Serasa Salah Minum Obat
Bedanya Suka, Cinta & Nafsu
Keseringan Chatting Bikin Hubungan Renggang?
Penulis Buku Harian Adalah Tipe Kekasih yang Baik
Kado Natal Unik Untuk Gamer Terkasih
Mengalahkan Facebook, Instagram jadi Sarang Cyber-Bully Nomor 1
Qualcomm dan Vivo Memamerkan Fingerprint Dibawah Layar
KSKAS Malware Menyerang Android via Download APK Otomatis
Hellblade, Game “Indie AAA” dan Penyakit Kejiwaan