img

Manfaat Makanan Pedas bagi Kesehatan

/
/
/
17 Views

Banyak sekali makanan khas Indonesia yang memiliki cita rasa luar biasa karena campuran berbagai rempah dalam bumbunya, termasuk rempah dan bumbu yang menyebabkan rasa pedas seperti cabai dan lada. Ditambah bahwa orang Indonesia memang pada dasarnya pecinta pedas, lihat saja bagaimana makanan berlabel “Setan” dan “Iblis” karena rasa pedasnya begitu mudah terkenal.

Selain mampu membuat wajah memerah, keringat bercucuran bahkan air mata menetes. Ternyata makanan pedas memiliki manfaat terhadap kesehatan terutama kesehatan otak dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Memperkuat Koneksi Sel Otak

Gambar 1 untuk Manfaat Makanan Pedas bagi Kesehatan

Cabai merah memiliki sebuah kandungan yang dikenal sebagai apigenin, sebuah penelitian yang dilakukan di Brazil menemukan bahwa apigenin memiliki kemampuan untuk memperkuat koneksi antara sel otak yang bisa menurunkan risiko terkena depresi, Parkinson dan Alzheimer. Bahkan, zat ini sangat menjanjikan sebagai salah satu pencegah kanker.

Membuat Hidup Lebih Lama?

Sebuah penelitian besar-besaran pernah dilakukan ilmuwan Harvard terhadap setengah juta rakyat Cina. Dan hasilnya menemukan bahwa makanan pedas mungkin akan membantu seseorang untuk hidup lebih lama. Orang-orang yang makan cabai merah (makanan pedas) beberapa kali seminggu memiliki kemungkinan meninggal 14% lebih kecil dari mereka yang makan makanan dengan berbagai cita rasa

Gambar 3 untuk Manfaat Makanan Pedas bagi Kesehatan.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Jawabannya adalah sebuah zat bernama capsaicin, yang ditemukan pada cabai. Zat ini memiliki dampak positif terhadap metabolisme tubuh bahkan punya dampak langsung untuk mengurangi risiko terkena penyakit, termasuk kanker.

Tapi, perlu diingat bahwa makanan pedas yang dimakan berlebihan atau terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa hal yang bisa terjadi jika makan makanan pedas berlebihan :

Masalah Lambung

Makanan pedas dipercaya bisa meningkatkan produksi asam lambung yang jika diproduksi secara berlebihan justru dapat ‘merusak’ lambung dari dalam. Dalam jangka pendek, mungkin akan menyebabkan rasa tidak nyaman hingga mulas-mulas. Namun, dalam jangka panjang, efeknya bisa menyebabkan maag akut bahkan yang lebih serius.

Iritasi di Lidah & Sariawan

Gambar 5 untuk Manfaat Makanan Pedas bagi Kesehatan

Lidah yang terlalu sering menerima makanan pedas tentu akan mengalami perubahan ‘geografis’ yang cukup berbahaya karena akan mengurangi kenikmatan saat bersantap bahkan pada beberapa kasus bisa membuat seseorang kehilangan nafsu makannnya. Sariawan adalah salah satu dampak lain yang bisa disebabkan oleh makanan pedas.

Insomnia

Makanan pedas memang sangat nikmat dikonsumsi ketika suhu dingin karena dapat meningkatkan suhu tubuh. Tapi, makan makanan pedas sebelum tidur atau sebagai makan malam tidak disarankan karena bisa meningkatkan suhu tubuh menjelang tidur dan membuat tubuh sulit untuk beristirahat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

This div height required for enabling the sticky sidebar