Bunda yang sedang hamil tentu memperhatikan kesehatan diri sendiri dengan sangat cermat. Sebab kesehatan diri sendiri akan mendukung tumbuh kembang janin dan membuat kehamilan berlangsung lancar. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah mengonsumsi susu terbaik khusus untuk ibu hamil.

Produk susu untuk ibu hamil memang sangat variatif. Sehingga para Bunda pun tak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan gizinya setiap hari. Ternyata memilih susu untuk ibu hamil tidak sulit lho. Bunda cukup memperhatikan beberapa hal ini agar bisa mendapatkan produk susu sesuai dengan kebutuhan :

Gambar 2 untuk Memilih Susu untuk Ibu Hamil Ternyata Mudah

Pilihlah Jenis Susu Pasteurisasi

Bunda patut menemukan label pasteurisasi pada susu yang hendak Bunda minum. Pasteurisasi adalah proses pemanasan makanan yang bertujuan untuk mematikan mikroorganisme pencetus penyakit. Susu ibu hamil yang belum dipasteurisasi berisiko mengandung bakteri Listeria yang berbahaya bagi janin.

Bila terpaksa mengonsumsi susu ibu hamil yang tidak berlabel pasteurisasi, Bunda bisa memanaskan susu selama beberapa menit agar susu jadi lebih aman dikonsumsi.

Inilah Kandungan Nutrisi Penting pada Susu Ibu Hamil

Varian susu ibu hamil yang sangat banyak tentu membuat Bunda jadi bingung memilihnya. Hal yang harus Bunda perhatikan adalah memilih susu dengan kandungan nutrisi yang tepat. Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang terdiri dari vitamin D, kalsium, asam folat, DHA, dan zat besi. Bila kelima nutrisi tersebut ada pada susu ibu hamil pilihan Bunda, maka susu tersebut memang cocok untuk Bunda.

Selain itu, kandungan nutrisi berupa jenis vitamin dan mineral lain juga harus ada pada susu ibu hamil. Karena kelengkapan nutrisi yang seimbang akan memaksimalkan tumbuh kembang fisik dan otak janin selama masa kehamilan.

Jangan Lupa Memilih Rasa yang Bunda Sukai

Bukan rahasia lagi jika mayoritas ibu hamil kerap mengalami mual dan muntah. Beberapa di antaranya malah mengalami kondisi yang lebih para hingga sulit beraktivitas. Untuk mengatasi hal ini, Bunda patut memilih varian rasa susu yang paling Bunda sukai. Ada banyak varian rasa susu ibu hamil seperti cokelat, madu, vanila, dan strawberry. Varian rasa susu yang sesuai dengan selera Bunda bisa meminimalkan rasa mual ketika mengonsumsi susu.

Karena kesiapan menjadi orang tua sudah dimulai sejak masa kehamilan, maka Bunda patut menjaga kondisi fisik dan mental sejak awal kehamilan. Jalani kehamilan dengan hati senang dan pengetahuan yang memadai untuk mendukung tumbuh kembang janin secara maksimal dan konsumsi susu pertumbuhan janin yang terbaik.

Write A Comment