Search
Memperhatikan Ikan di Akuarium Ternyata Baik untuk Kesehatan

Memperhatikan Ikan di Akuarium Ternyata Baik untuk Kesehatan

Beberapa tahun lalu, para peneliti telah menemukan bahwa di tempat praktik dokter dan dokter gigi yang memiliki akuarium kecil di ruang tunggu bisa menurunkan tingkat stress pada pasiennya. Contohnya seperti dokter gigi yang bisa kita saksikan di film animasi “Finding Nemo”.

Baru-baru ini, sebuah penelitian serupa juga dilakukan di National Marine Aquarium di Plymouth, Inggris. Penelitian ini menemukan bahwa memperhatikan ikan di akuarium membuat orang-orang lebih tenang dan lebih positif, selain itu juga terjadi penurunan tekanan darah dan detak jantung.

menyaksikan ikan

Perbedaan antara studi terbaru ini dengan studi yang pernah dilakukan di masa lalu adalah bahwa studi terbaru menemukan bahwa ‘dosis’ ikan juga juga pengaruh. Semakin banyak dan beragam ikan yang ada dalam akurium, maka dampaknya akan semakin baik bagi yang menyaksikan.

Bagaimana selengkapnya mengenai studi ini? Berikut penjelasannya.

Para peneliti yang berasal dari Plymouth University dan University of Exeter Medical School bekerjasama dengan National Marine Aquarium yang berada di Plymouth, Inggris. Peneliti diuntungkan dengan sebuah kesempatan langka karena National Marine Aquarium baru saja memperbaharui salah satu akurium raksasanya yang berkapasitas 550.000 liter dan menambahkan beberapa spesies ikan baru.

Peneliti mengambil keuntungan dari kondisi ini dengan membagi para subjek (orang-orang) ke dalam tiga kelompok berbeda. Kelompok pertama menyaksikan hanya jenis ikan laut dan dekorasi buatan dalam akuarium. Kelompok kedua menyaksikan akuarium raksasa dengan kondisi setengah penuh (spesies ikan lama saja) sedangkan kelompok ketiga menyaksikan akuarium secara penuh yang ditambahkan lebih banyak spesies ikan baru.

Georgia Aquarium

Hasilnya, mereka yang berada di kelompok ketiga akan menyaksikan akurium dalam durasi waktu yang lebih lama, menurunkan denyut jantung, memiliki mood yang lebih baik serta memiliki perhatian yang lebih tinggi. Peneliti juga menyarankan untuk menempatkan akuarium dengan beragam jenis ikan di tempat yang memiliki tingkat stress tinggi seperti tempat kerja.

Bagaimana dampak penelitian ini bagi kita?

Dalam skala besar, kita bisa meminta pemerintah untuk menghadirkan lebih banyak “Sea World” di Indonesia, tentunya dengan harga tiket yang bersahabat bagi masyarakat. Tapi, sebenarnya tidak perlu datang ke akurium raksasa untuk mendapatkan dampak relaksasi ini.

Tahun 1985, Riddick pernah menuliskan bahwa menambahkan akurium pada sebuah rumah yang dihuni 7 orang lanjut usia, maka kelompok tersebut akan mengamali penurunan tekanan darah yang signifikan, dibanding kelompok yang tidak memiliki akurium di rumahnya.

Jadi, siap menambahkan akurium di rumahmu?

Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id