Search
Mencegah dan Mengatasi Gejala Radang Tenggorokan

Mencegah dan Mengatasi Gejala Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan ditandai dengan adanya rasa sakit pada bagian tenggorokan,gejala ini menjadi tanda adanya penyakit pada saluran pernafasan. Meskipun penyakit ini sepele, namun jika dibiarkan akan menjadi semakin fatal. Radang tenggorokan ini disebabkan infeksi oleh bakteri yang menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, peradangan, suara serak, batuk gatal dan terasa sakit saat menelan. Bakteri streptococcus pyogenes adalah jenis bakteri yang menjadi penyebab datangnya gejala radang tenggorokan. Bakteri ini menular melalui udara ketika penderita batuk dan bersin, selain melalui udara, bakteri ini juga menyebar melalui makanan, minuman, dan berbagai benda yang sudah terinfeksi oleh bakteri streptococcus ini.

Tanda-tanda yang biasa terjadi ketika mengalami radang tenggorokan diantaranya terasa sakit pada tenggorokan, amandel berwarna merah, membengkak, nampak bercak putih dan lapisan nanah pada amandel. Munculnya bintik-bintik merah kecil di bagian belakang atap mulut, sulit menelan, terjadi pembengkakan kelenjar getah bening pada leher, sakit kepala, ruam, demam tinggi, badan mudah lelah, nyeri persendian, sakit perut hingga muntah. Untuk mencegah datangnya gejala radang tenggorokan, anda harus rajin mencuci tangan dengan sabun lifebuoy yang ampuh membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Jika anda sudah mengalami berbagai tanda tersebut, maka anda bisa menguranginya dengan beberapa hal berikut ini:

Pertama, berkumur dengan campuran kunyit, air dan garam. Campuran ini merupakan ramuan tradisional yang dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Selain itu bahan-bahan ini sangat mudah dijumpai di rumah anda. caranya campurkan 1 sendok teh garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat lalu gunakan untuk berkumur secara rutin beberapa kali sehari.

Kedua, teh jahe. Gunakan 1 inchi jahe yang telah dimemarkan lalu rebus selama kurang lebih 3 menit. Lalu campurkan dengan teh hangat kemudian minum. Jahe dikenal dapat menenangkan tenggorokan.

Ketiga, teh chamomile. Seduhan teh chamomile hangat berfungsi mengurangi rasa sakit tenggorokan dan dapat mengatasi peradangan. Seduh 2 kanting teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih, tambahkan madu agar semakin nikmat.

Keempat, daun kemangi. Anda dapat meminum air rebusan daun kemangi, atau digunakan untuk berkumur dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan dan membantu memulihkan tenggorokan anda.

Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id