Mengenal 4 Jenis Asuransi Jiwa

Untuk mendapatkan jasa asuransi jiwa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda, anda harus memperluas wawasan tentang dunia asuransi. Masih banyak orang yang menyangsikan fungsi asuransi sebagai instrumen proteksi karena mereka tidak paham bahwa asuransi bisa menyelamatkan dirinya maupun anggota keluarganya.

Mungkin anda pernah bertemu dengan agen asuransi yang memberikan anda banyak penawaran yang terlihat menarik namun jangan buru-buru untuk menyetujui kontak jika anda belum benar-benar mengerti apakah anda membutuhkan jenis asuransi tersebut.

Ada banyak jenis asuransi dengan fungsi khusus seperti asuransi kesehatan yang lebih menekankan pada pembiayaan rumah sakit dan pengobatan, asuransi pendidikan untuk menyiapkan dana pendidikan anak di tahun mendatang, serta asuransi kendaraan yang bertujuan mengganti kerugian atau kerusakan yang terjadi pada kendaraan pribadi.

Penjelasan yang anda dapat dari agen asuransi tidaklah cukup untuk membuat anda yakin akan produk asuransi yang akan diambil karena ada beberapa macam asuransi jiwadengan karakteristik yang berbeda-beda yaitu:

Mengenal 4 Jenis Asuransi Jiwa 1

• Asuransi berjangka,

• Asuransi seumur hidup,

• Asuransi dwiguna,

• Asuransi unitlink.

Asuransi berjangka

Asuransi berjangka memiliki waktu pertanggungan yang terbatas dan apabila pemegang polis masih hidup saat jangka waktu kontrak berakhir maka uang premi yang telah dibayarkan hangus. Jenis asuransi ini sedikit dihindari karena tidak ada uang pengembalian yang didapatkan setelah kontrak masuk masa kadaluarsa. Bagi sebagian besar peserta asuransi, hal ini dianggap merugikan sehingga produk ini tidak terlalu diilirk. Sebenarnya, produk asuransi ini justru sudah memenuhi fungsi utam asuransi sebagai proteksi diri meskipun para pemegang polis tidak akan memperoleh apapun jika meninggal setelah jangka waktu kontrak yang disepakati.

Asuransi seumur hidup

Jika anda masih mengharapkan pengembalian setelah mengakhiri kontrak, maka anda dapat memilih asuransi seumur hidup. Jangka waktu kontrak yang panjang akan memberikan proteksi yang lebih baik namun tentu saja dana yang anda dapatkan tidak akan jauh dari nilai akumulasi premi yang selama ini anda bayarkan. Bunganya relatif kecil dan kita tidak mengetahui bagaimana perusahaan mengelola dana tersebut. Beberapa pakar berpandangan bahwa jenis asuransi ini sedikit berlebihan jika dilihat dari premi yang disetorkan. Jika dihitung, klaim yang didapatkan nanti hampir sama dengan menabung selama usia produktif karena tingkat suku bunga yang sangat rendah.

Asuransi dwiguna

Asuransi dwiguna memiliki fungsi ganda yang tidak hanya sekedar memberikan perlindungan tetapi pemegang polis juga dimungkinkan untuk menerima dana dalam jumlah dan jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan. Jika kita cemati, fungsi ganda dari asuransi ini justru menyalahi aturan karena klaim asuransi sebenarnya hanya bisa dikeluarkan apabila ada keadaan darurat yang menuntut penanganan cepat. Jenis asuransi dwiguna ini paling sering ditawarkan dalam bentuk asuransi penddikan yang disesuaikan dengan waktu anak masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Asuransi unitlink

Unitlink memberikan dua manfaat sekaligus kepada para pemegang polis asuransi yaitu untuk perlindungan sekaligus investasi. Premi yang ditanggung oleh peserta asuransi juga lebih besar karena dana ini akan dibagi menjadi dua bagian yaitu untuk asuransi dan diinvestasikan. Jenis instrumen investasi yan ditawarkan menyerupai rekasadana namun dana akan melalui perusahaan asuransi terlebih dahulu. Jika anda adalah orang yang ingin kepraktisan dalam mengatur perencanaan keuangan, unitlink menjadi salah satu produk yang tepat tetapi pengembalian yang didapatkan tidak akan sebesar jika anda membeli reksadana secara langsung dari manajer investasi.