Search
Merawat Peralatan Dapur Dari Kayu

Merawat Peralatan Dapur Dari Kayu

Desain rumah tradisional dengan perabotan kayu banyak disukai oleh orang-orang Indonesia. Selain terasa menyatu dengan alam, perabotan kayu juga membuat suasana rumah terasa lebih sejuk walaupun udara sedang panas. Perabotan rumah tangga dari kayu tak bisa lepas dari alat dapur unik yang juga terbuat dari kayu. Mulai dari furnitur lemari, gagang pisau, rak piring, hingga irus untuk mengoseng makanan banyak yang terbuat dari kayu.

Memiliki perabotan dapur dari kayu memang bagus dilihat, namun sayangnya kayu memiliki kelemahan yaitu mudah tergores. Goresan sedikit saja sudah dapat mengganggu tampilan alat dapur unik anda. Untuk menghilangkan jika permukaan peralatan kayu tergores, berikut beberapa cara merawat dan menghilangkan bekas goresan tersebut agar penampilannya kembali bagus seperti semula.

Menggunakan minyak untuk mengembalikan kilap kayu dan mengurangi tampilan goresan banyak di rekomendasikan oleh para ahli. Akan tetapi jika alat dapur anda terbuat dari kayu jati, sebaiknya hindari penggunaan minyak karena justru mempercepat timbulnya jamur di permukaannya. Alih-alih menggunakan minyak, sebaiknya diamkan saja furnitur tersebut karena kayu jati mempunyai mekanisme perbaikan diri yang mampu menghasilkan minyak secara terus menerus dari lapisan bagian dalam sehingga warnanya lebih awet.

Sedangkan jika alat dapur unik dari kayu milik anda tidak terbuat dari kayu jati, gunakan bubuk kopi untuk menghilangkan goresan dan membuatnya halus lagi. Caranya, manfaatkan endapan bubuk kopi yang telah anda minum dengan mengoleskannya pada permukaan alat dapur dari kayu tersebut. Oleskan menggunakan cotton bud terutama bila goresan berada pada ukiran sempit yang sulit dicaai dengan jari tangan. Diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan lap bersih yang lembut. Ulangi langkah tersebut untuk peralatan dapur dari kayu yang lebih bersih dan mengkilap.

Selain itu, kantong teh juga dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas goresan di permukaan peralatan dapur kayu. Jika kantong teh dibasahi dengan menggunakan air, semakin lama warnanya akan berubah semakin gelap. Sesuaikan perubahan warna tersebut dengan warna alat dapur kayu anda. Jika warnanya sudah mendekati, letakkan kantong teh basah tersebut ke permukaan perabot kayu yang tergores. Diamkan selama beberapa saat sebelum di lap dengan kain lembut. Goresan akan menjadi tersamarkan.

Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id