Nama Resmi Android 6.0 (M) adalah Marsmallow

Misteri seputar Android M akhirnya berakhir dengan hadirnya sebuah patung Android yang memegang Marsmallow di depan Gedung 44 di dalam Google Campus dimana tim pengembang OS Android biasa berkantor. Kehadiran Android M sudah diumumkan pada ajang Google I/O pada akhir Mei 2015 dan jika sesuai jadwal, maka Marsmallow akan dirilis sekitar bulan Oktober.

Bersamaan dengan perilisan nama resmi ini, Google juga merilis final software preview untuk para developer, sehingga saat Android 6.0 dirilis secara resmi, para developer juga sudah siap pula untuk melakukan update pada aplikasi atau game miliknya.

Apa yang baru dari Android 6.0 Marsmallow? Pertama, tentu boot animation yang berbeda, silahkan cek video dibawah artikel ini. Kemudian, pengguna akan dimudahkan dalam hal mengontrol app permission, background application serta backup data. Salah satu yang paling penting adalah USB Type-C support serta perbaikan dalam hal konsumsi daya baterai.

Android M awalnya diprediksi akan menjadi versi Android 5.2, mengingat bahwa Android 5.1 (Lollipop) lebih banyak melakukan perubahan dari segi visual dan UI. Tapi, Google tampaknya telah melakukan banyak perubahan sehingga berani merilis Android M sebagai versi 6.0.