Search
Pekerjaan Rumah Tangga yang Menghambat Hemat Listrik

Pekerjaan Rumah Tangga yang Menghambat Hemat Listrik

Perilaku hemat listrik harus segera diwujudkan terutama bagi ibu rumah tangga. Intensitas penggunaan energi listrik yang tinggi diakibatkan oleh banyaknya alat elektronik yang tersedia di rumah. Alat elektronik memang digunakan untuk mempermudah pekerjaan bagi ibu rumah tangga. Namun intensitas penggunaan alat elektronik yang tinggi bukan mempermudah hidup Anda justru mengakibatkan pengeluaran rumah tangga Anda membengkak.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan ibu rumah tangga untuk mengurangi penggunaan alat elektronik yang berlebihan dan dapat hemat energi listrik yang digunakan. Beberapa cara tersebut adalah:

Tutup pintu rumah Anda jika AC sedang menyala

Sama halnya dengan penggunaan AC diruangan kantor yang tertutup. Sebaiknya tutup pintu rumah Anda jika AC dalam keadaan menyala. Dengan pintu terbuka AC harus bekerja keras untuk mendinginkan seluruh ruangan sehingga energi listrik yang dibutuhkan pun menjadi besar.

Gunakan mesin cuci ketika pakaian sudah banyak.

Mencuci menggunakan mesin cuci memang memudahkan pekerjaan Anda. Namun jika jumlah cucian hanya beberapa potong sebaiknya gunakan tangan untuk mencuci. Penggunaan mesin cuci untuk pakaian kotor yang sedikit membutuhkan energi listrik yang sama besar dengan mencuci pakaian yang banyak.

Menyetrika ketika pakaian sudah banyak.

Bagi ibu rumah tangga yang sibuk, intensitas penggunaan setrika sangat tinggi. Hal ini dikarenakan seringkali pakaian disetrika ketika pakaian akan digunakan. Hindari kebiasaan buruk ini dan biasakan menyetrika ketika pakaian sudah banyak untuk hemat listrik di rumah Anda.

Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id