Penelitian Mencegah Terminator Segera Dimulai

Terminator Genisys mengingatkan kita kembali tentang kiamat robot pembunuh. Terlepas dari sukses atau tidaknya film tersebut. Baru-baru ini, Elon Musk mendonasikan sekitar 10 miliar dollar Amerika Serikat pada Future of Life Institute. Penelitian yang mereka lakukan tidak benar-benar untuk mencegah Skynet ataupun Terminator, tapi meneliti Artificial Intelligent (AI) / Kecerdasan Buatan dari berbagai sudut pandang.

Beberapa hal yang akan menjadi fokus penelitian adalah mengembangkan teknik supaya AI bisa mempelajari kebiasaan manusia, bagaimana AI menjelaskan pilihan mereka pada manusia, bagaimana benar-benar mengendalikan AI yang mengontrol persenjataan, bagaimana AI berdampak bagi perekonomian dan sebagainya.

Sekitar 7 miliar dollar akan dibagikan ke setiap tim peneliti yang terdiri dari 37 tim. Dana tersebut berasal dari Elon Musk dan Open Philanthropy Project. Sebagian besar penelitian akan dimulai pada September 2015. Masih ada sekitar 4 miliar dollar lagi yang tersisa dan akan diberikan pada penelitian yang paling menjanjikan ke depannya.

Walau banyak orang berkata bahwa penelitian tersebut untuk mencegah “Terminator” tapi Future of Life Institute mengatakan bahwa skenario Terminator tidak akan terjadi, mereka akan lebih berkonsentrasi pada isu yang lebih nyata di masa depan terkait dengan AI seperti bagaimana dampaknya bagi perekonomian dan sebagainya.

Elon Musk sendiri merupakan CEO dari Tesla Motor dan SpaceX, dia juga salah satu pendiri PayPal. Beberapa waktu lalu dia mengatakan bahwa AI punya potensi lebih membahayakan daripada Nuklir. Tujuan dari Future of Life Institute salah satunya memang mencegah skenario Terminator. Mungkin hal ini terlalu dini jika melihat perkembangan AI saat ini, tapi Musk dan anggota lain dari penelitian ini lebih memilih menyelesaikan penelitian ini secepatnya daripada melakukannya saat AI yang sangat cerdas sudah tercipta.