Search
Penyebab Dan Ciri-Ciri Ruam Popok Yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Dan Ciri-Ciri Ruam Popok Yang Perlu Anda Ketahui

Membuat bayi nyaman dalam tidurnya tentu dapat membuat kondisi kesehatan bayi menjadi terjaga dan terawat. Namun kurangnya memperhatikan bagaimana kondisi kebersihan bayi dapat menjadikan bayi menjadi mudah terkena berbagai penyakit atau infeksi yang datang diantaranya yaitu ruam popok. Pada bayi yang terkena ruam popok ini biasanya terjadi karena kondisi popok bayi yang kotor atau basah, serta lama tidak diganti. Hal ini jika dibiarkan terus dan berlangsung lama pada kulit bayi akan menimbulkan warna merah atau bintik-binti merah yang menyebabkan bayi menjadi sering menangis atau rewel karena perih, sehingga tidurnyapun menjadi sering terganggu dan tidak nyaman.

Untuk itu secara jelasnya ruam popok pada bayi dapat terjadi karena berbagai sebab baik itu dari bayi sendiri ataupun dari luar. Dan diantara yang sering menjadi penyebab dari bayi terkena rua popok yaitu:

  • Kulit bayi yang mengalami kelembaban akibat terlalu lama bersentuhan dengan zat amonia yang terdapat pada urin atau kotoran bayi. Karena tempat basah dan kotor akan mudah juga menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri.
  • Adanya riwayat alergi pada bayi, misalkan alergi pada makanan tertentu sehingga bayi mudah sekali kulitnya menjadi merah.
  • Pemakaian popok yang terlalu ketat, sehingga membuat kulit bayi menjadi lembab dan tidak ada celah untuk ruang napas kulit bayi.
  • Adanya pemakaian popok bayi yang terlalu lama, apalagi jika yang terbuat dari plastik atau karet yang mengakibatkan iritasi pada kulit bayi.
  • Penyakit diare pada bayi juga dapat menjadikan bayi terkena ruam popok. Ini karena saat diare popok bayi tentunya akan selalu basah, sehingga selain membasahai popok juga dapat membuat kulit bayi menjadi basah dan pada akhirnya dapat menimbulkan ruam popok pada bayi.

Saat bayi anda terkena ruam popok andapun harus mengetahui apa yang menjadi ciri-cirinya. Ini supaya anda dapat membuat pengobatan kedepannya untuk bayi yang sudah terkena ruam. Dan diantara yang menjadi ruam popok memiliki ciri-ciri pada kulit bayi menjadi merah terutama area popok bayi seperti pantat, pangkal paha, paha, dan juga alat kelamin bayi. Untuk kasus ruam popok yang sudah parah biasanya juga akan menimbulkan hal lain yang lebih serius, seperti timbulnya bintik yang berwarna mearah bahkan juga bernanah.

Beberapa ciri lainnya pada bayi yang terkena ruam popok akan membuat bayi menjadi tidak nyaman, sering menangis atau rewel, dan hal lainnya yang menandakan bayi dalam kondisi tidak nyaman.

Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id