Penyebab Obesitas Adalah Kurangnya Bakteri

Para ahli dan peneliti masih terus mencari-cari, apa sebenarnya penyebab dari obesitas. Apakah terlalu banyak makan? Kurang olahraga? atau warisan secara genetika?

Penyebab Obesitas Adalah Kurangnya Bakteri 1

Baru-baru ini, tim peneliti dari Universitas Cornell, Amerika Serikat, menemukan sebuah mikrobakteri yang dinamakan Christensenellacease yang dapat membuat seseorang tetap langsing sekaligus mencegah obesitas.

Tim ini menganalisis sampel tinja dari sekitar 1000 orang berusia 23 – 86 tahun. Ditemukan bahwa orang dengan tubuh lebih ramping memiliki lebih banyak bakteri Christensenellaceae. Didapatkan pula bahwa bakteri ini terkait secara genetik, meskipun belum diketahui penyebabnya.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa meningkatnya pengidap obesitas terkait dengan penggunaan antibiotik. Antibiotik sendiri salahs atu fungsinya adalah membunuh bakteri.

Sayangnya, beberapa bakteri dari 100 triliun bakteri pada tubuh manusia memiliki berbagai fungsi penting misalnya melawan benda asing dalam tubuh, memproduksi vitamin dan bahan kimia untuk mengatur sistem kekebalan tubuh dan bakteri Helicobacter yang membantu mengatur nafsu makan.

Dengan berkembang pesatnya penggunaan antibakteri, bakteri-bakteri baik yang berperan penting pada tubuh manusia itu justru hilang.

Selain penggunakan antibiotik, pola hidup juga mempengaruhi pertumbuhan bakteri. Beberapa hal yang bisa menghilangkan bakteri baik dalam tubuh adalah minuman beralkohol, kurang olahraga dan kurang tidur.