Persyaratan untuk Rumah Anda Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya

Memiliki rumah pribadi adalah impian semua orang. Maka merancang tema, desain, dan bentuk rumah selalu dibuat dengan seksama dan menggambarkan kepribadian pemiliknya. Salah satu bagian yang sangat menggambarkan bagaimana kepribadian pemiliknya biasanya adalah kamar mandi. Apakah kamar mandi tersebut dibuat dengan dilengkapi bath up, apakah cukup air mandi kering, dan lainnya. Tak lupa pemasangan heater baik pemanas air tenaga surya ataupun yang lain juga menjadi kelengkapan sarana dari kamar mandi ini.

Sebelum Anda memasang heater, khususnya yang bertenaga surya, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut:

Persyaratan untuk Rumah Anda Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya 1

  1. Bagaimana lokasi dari rumah Anda, apakah di dataran rendah yang mendapatkan sinar matahari lebih banyak dibandingkan dengan dataran tinggi, ataukah tidak.
  2. Bagaimana kualitas dari air yang Anda gunakan di rumah. Karena jika semakin buruk kualitas air, misalnya airnya terlalu asam, maka pipa akan semakin cepat rusak terkorosi atau berkarat.
  3. Apakah Anda sering menggunakan air panas untuk mandi.
  4. Apakah Anda termasuk orang yang rajin untuk melakukan perawatan atau tidak.

Memang beberapa kelebihan dari pemanas dengan tenaga surya ini adalah tahan lama dan perawatannya tidak terlalu sulit. Tapi tetap saja, dengan perawatan yang tidak tepat, usianya juga tidak akan tahan lama. Adapun beberapa perawatan rutin yang perlu dilakukan adalah bersihkan debu yang menumpuk di alat karena bisa menyumbat saluran air, periksa apakah uap air bisa keluar dengan baik melalui saluran ventilasi atau vent air. Perawatan ini bisa Anda lakukan sendiri dengan jangka waktu 1 – 2 bulan sekali.

Adapun untuk pengecekan besar seperti pengecekan semua koneksi saluran memang seharusnya dilakukan oleh ahli atau pemasang awalnya. Begitu juga dengan perawatan rutin yang biasanya dilakukan 6 sampai 12 bulan sekali, biasanya meliputi kuras air di dalam solar dan diganti dengan ari yang baru agar tetap bersih. Periksa juga valve yang menjadi unsur utama dalam pemanas air tenaga surya ini. Akan menyenangkan bukan jika Anda memiliki alat pemanas yang usianya bisa sampai puluhan tahun?

Leave a Reply