Search
Resep Roti Kukus Pelangi

Resep Roti Kukus Pelangi

Pagi yang indah akan sangat teras nikmat ketika kita dapat duduk bersantai sembari menikmati teh atau susu hangat ditemani dengan kudapan yang sehat dan lezat. Salah satu kudapan yang cocok untuk disantap adalah roti kukus atau bolu kukus pelangi. Roti kukus sudah kita kenal sejak lama, bahkan resep roti ini sudah eksis sejak zaman nenek kita masih muda. Namun hingga kini roti kukus tetap enak dan nikmat untuk dijadikan camilan.

Untuk membuat bolu kukus pelangi, tidak perlu repot menggunakan oven yang mahal. Cukup dengan dandang atau  kukusan saja, resep roti kukus dapat disulap menjadi roti yang sangat enak dan empuk di lidah.

Inilah resep roti kukus pelangi yang layak untuk dicoba.

Bahan yang diperlukan:

  1. ¼ kilogram tepung terigu berprotein sedang
  2. ¼ kilogram gula pasir
  3. 3 butir telur ayam, bisa kampung atau negeri
  4. 2 sendok teh baking powder atau pengembang
  5. Garam secukupnya
  6. 150 ml sprite
  7. ½ sendok teh vanili
  8. Pewarna merah, hijau, kuning atau warna pelangi

Cara membuat roti kukus pelangi:

  1. Pertama tama campurkan terlebih dahulu seluruh bahan yang ada, seperti tepung terigu, gula pasir, telur ayam, gula, sprite, vanili, garam, dan juga pengembang dalam suatu wadah atau baskom kecil.
  2. Kocok bahan tersebut dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi hingga adonan mengembang serta tampak kental.
  3. Setelah itu bagi adonan menjadi 4 atau 5 bagian, dan berikan pewarna makanan seperti merah, kuning, hijau, dan lain-lain agar tampak seperti pelangi.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan roti kukus dengan cara berselang seling. Misalkan merah dulu, lalu atasnya diberi hijau, dan seterusnya. Jangan lupa tambahkan kertas roti sebagai alas.
  5. Kukus roti tersebut selama kurang lebih 10 hingga 15 menit dalam kukusan atau dandang.
  6. Angkat roti jika sudah matang, perhatikan jika roti kukus mengembang maka roti tersebut berhasil merekah sesuai dengan yang semestinya. Jika tidak, berarti roti kukus gagal karena tidak mekar dan mengembang.
  7. Roti kukus pelangi siap untuk dinikmati.
Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id