img

Review Extreme Job, Komedi Pintar yang Mengerti Pasar

/
/
/
9 Views

Extreme Job merupakan film Korea Selatan yang sudah mendapatkan lebih dari 10 juta penonton dalam beberapa minggu penayangannya. Film ini bertahan di puncak Box Office Korea Selatan selama hampir tiga minggu berturut-turut.

Film bergenre drama komedi ini dibintangi oleh Lee Ha-nui (Honey Lee), Jin Seon-kyu, Shin Ha-Kyun dan Ryu Seung-ryong.

Sinopsis Extreme Job (Heavy Spoiler Alert)

Gambar 1 untuk Review Extreme Job, Komedi Pintar yang Mengerti Pasar

Sebuah tim anti-narkotika beranggotakan lima detektif yaitu kapten Ko, detektif Jang, detektif Ma, detektif Young-Ho dan detektif Jae-Hoon berencana untuk menangkap dan melumpuhkan seorang gembong narkoba.

Regu ini sedang berada di ujung tanduk karena kegagalan mereka di misi-misi sebelumnya. Akibatnya, jika misi mereka kali ini gagal, maka mereka bisa terancam sanksi.

Misi mereka dimulai dari pengintaian pada sebuah gedung yang dicurigai digunakan oleh anak buah gembong narkoba. Untuk melakukannya, mereka menyewa sebuah warung ayam (fried chicken) yang berada di seberang jalan.

Awalnya mereka mengira bahwa tidak ada yang akan pernah datang membeli, namun beberapa pembeli ternyata datang berkunjung. Demi menjaga kerahasiaan penyamaran mereka, para deketif ini ‘terpaksa’ melayani para pelanggan.

Tanpa diduga, ayam goreng (fried chicken) buatan mereka disukai para pembeli. Bahkan beberapa kali, mereka sampai lupa mengenai misi utama mereka saking sibuknya melayani pembeli.

Di satu titik, mereka menaikkan harga ayam goreng jualannya demi mengurangi pembeli. Namun, pada akhirnya cara ini tidak berhasil dan pembeli menjadi makin banyak.

Suatu hari, kapten Go didatangi seorang pengusaha yang berencana membeli hak atas franchise dari warung ayam tersebut. Awalnya tidak ada masalah, namun insting para detektif ini mulai ‘berdering’ saat mereka melihat banyak kejanggalan pada gerai franchise, para pelanggan dan rute pengiriman.

Review Extreme Job (2019)

Komedi Pintar yang Mengerti Pasar

Gambar 3 untuk Review Extreme Job, Komedi Pintar yang Mengerti Pasar

Sutradara dari film ini, Byeong-heon Lee mengerti dengan tipikal pasar yang ingin dituju. Walau bertema narkoba dan kepolisian, tapi film ini bukanlah film ‘berat’ dengan segala pesan moralnya. Ini hanyalah film drama komedi ringan yang bisa dinikmati siapa saja.

Anak-anak muda bahkan masyarakat secara umum di masa sekarang memiliki attention time (waktu perhatian) yang lebih rendah, karena sudah terbiasa menonton YouTube dan video-video pendek lainnya.

Extreme Job mengerti akan hal ini dan menyelipkan komedi-komedi kecil hampir setiap 2 atau 3 menit. Jadi, penonton bisa tertawa hampir sepanjang film.

Pengembangan Karakter yang Lemah Diawal tapi Sangat Kuat Diakhir

Gambar 5 untuk Review Extreme Job, Komedi Pintar yang Mengerti Pasar

Bicara tentang pengembangan karakter dalam film ini, tentu, kapten Ko adalah karakter yang sejak awal hingga akhir memiliki pengembangan yang paling rapi.

Sejak awal, sosok kapten yang satu ini sudah digambarkan sebagai karakter yang cukup cerdas dan berwibawa walaupun beberapa kali juga sering terkena sial.

Sayangnya, karakter-karakter lainnya, walau punya keunikannya masing-masing, namun terasa cukup lemah diawal film. Namun, masing-masing karakter detektif ini terasa semakin kuat menjelang pertengahan film, apalagi saat mereka menyamar menjadi pegawai warung ayam.

Misalnya, karakter detektif Ma yang diperankan Jin Seon-Kyu di beberapa menit awal film terlihat seperti karakter detektif yang tidak kompeten dan akan sering mendapat masalah.

Namun, dipertengahan hingga akhir film, dia menjelma menjadi karakter yang memberikan banyak kejutan.

Ending yang Rapi

Gambar 7 untuk Review Extreme Job, Komedi Pintar yang Mengerti Pasar

Bagian paling sulit dari sebuah film komedi adalah membuat ending yang rapi dan tepat. Extreme Job melakukannya dengan sangat baik.

Setelah sekitar 90 menit suguhi komedi dan drama, 20 menit terakhir dari film ini, secara mengejutkan diisi oleh adegan aksi bercampur komedi yang rapi dan tidak berlebihan.

Di bagian menjelang akhir ini pula, kita disuguhkan puncak dari pengembangan masing-masing karakter detektif dalam Extreme Job.

Kesimpulan

Extreme Job memang pantas mendapat Box Office dan perhatian lebih. Bukan karena ceritanya yang 100% orisinal, bukan pula karena komedi-komedinya yang super lucu, tapi bagaimana film ini menyadari dan mengerti komedi yang diinginkan oleh mayoritas penontonnya.


Review Extreme Job, Komedi Pintar yang Mengerti Pasar
Gambar 9 untuk Review Extreme Job, Komedi Pintar yang Mengerti Pasar

Extreme Job adalah film action-comedy Korea Selatan yang berhasil memuncaki Box Office selama lebih dari tiga minggu. Komedinya yang pintar, sederhana dan terus menerus membuatnya menyenangkan untuk ditonton.

Editor's Rating:
4.5
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

This div height required for enabling the sticky sidebar