Review Kingsman : The Golden Circle

Review Kingsman : The Golden Circle
  • Gambar
  • Musik
  • Cerita
3.7

Summary

Kingsman : The Golden Circle adalah film yang memadukan genre aksi, komedi, mata-mata dan sedikit drama. Bukan cuma perpaduan genre, film ini juga memadukan nuansa klasik dan moden dalam sosok tokoh utamanya. Sekuel Kingsman ini membuka kesempatan lebih besar pada universe yang cukup menarik ini.

Inggris memang punya sejarah yang bagus dengan film bertema agen rahasia, sebut saja dengan seri James Bond atau Johnny English. Kini, daftar film tersebut sepertinya akan bertambah dengan kahadiran Kingsman, dimana film perdananya sudah sukses pada 2015 dan sequelnya berjudul Kingsman : The Golden Circle juga menunjukan gejala akan mengulang sukses yang sama.

Kingsman mengambil pendekatan agen rahasia yang flamboyan sekaligus punya skill diatas rata-rata seperti James Bond namun juga tetap punya segi humoris. Kerennya lagi, Kingsman tidak menonjolkan sosok agen rahasia yang merupakan pria matang, melainkan anak muda yang masih dekat dengan festival musik, Tinder dan sebagainya.

Sinopsis Kingsman : The Golden Circle (with Heavy Spoiler)

Dunia berjalan seperti biasa hingga tiba-tiba Galahad (Eggsy) diserang oleh mantan calon anggota Kingsman, untungnya, Eggsy berhasil selamat dari serangan tersebut. Namun, tidak lama kemudian, dalam sebuah serangan rudal jarak jauh, hampir seluruh anggota Kingsman terbunuh kecuali Galahad dan Merlin. Awalnya mereka berdua saling curiga bahwa satu sama lain merupakan otak dari serangan tersebut.

Setelah menenangkan diri, mereka menjalankan apa yang disebut sebagai “Protokol Kiamat”, sebuah rencana jika hal seperti sekarang terjadi. Sebuah petunjuk membawa mereka ke Amerika Serikat, tepatnya ke sebuah perusahaan minuman keras bernama Statesman.

Dengan bantuan Statesman, Galahad dan Merlin menemukan petunjuk bahwa otak dibalik serangan terhadap Kingsman adalah organisasi kriminal pengedar narkoba bernama Golden Circle. Di waktu yang sama, mereka bertemu kembali dengan Harry, mantan anggota Kingsman yang sempat dianggap sudah tewas, namun ternyata diselamatkan oleh Statesman.

Di waktu yang bersamaan, Golden Circle menjalankan rencana penyanderaan terbesar di dunia dengan memasukan senyawa berbahaya ke dalam narkoba yang mereka jual, senyawa ini bisa membunuh para penderitanya dalam beberapa hari. Namun, Golden Circle berjanji memberikan penawarnya bila Presiden Amerika Serikat bersedia memenuhi permintaan mereka.

Di saat inilah, terjadi konflik yang melibatkan banyak pihak seperti Kingsman, Statesman, pemerintah Amerika Serikat dan Golden Circle. Konflik kepentingan yang bercampur politik, cinta dan dendam.

Review Kingsman : The Golden Circle

Formula yang sama

Sekuel Kingsman ini tidak banyak mengubah formula dari film perdananya, menggunakan permainan antara gerak kamera dan musik dalam setiap aksi serta mempertahankan rasa tokoh utama yang terkesan muda namun tetap terlatih. Humor-humor yang dilontarkan pun, walau terkadang ‘agak gagal’, tapi kadang juga bisa sangat mengena. \

Referensi ke film sebelumnya

Referensi yang cukup banyak ke film sebelumnya membuat banyak orang harus mengingat-ngingat kembali apa yang terjadi pada film 2 tahun lalu. Sebenarnya hal ini bukanlah masalah, tapi terkadang jika yang muncul sebagai referensi adalah ‘cuplikan’ dari film sebelumnya, banyak orang akan lupa atau bahkan tidak tahu sama sekali.

Kehadiran Statesman

Statesman menjadi elemen menarik dalam film kedua Kingsman, karena menunjukan bahwa universe yang digunakaan oleh Kingsman tidak hanya memiliki satu organisasi agen rahasia Statesmen juga membuka pintu pada jalan cerita yang lebih luas bahkan lintas benua. Dan kabarnya, Statesman juga akan mendapat filmnya sendiri di masa mendatang.

Kesimpulan

Kingsman : The Golden Circle adalah film yang memadukan genre aksi, komedi, mata-mata dan sedikit drama. Bukan cuma perpaduan genre, film ini juga memadukan nuansa klasik dan moden dalam sosok tokoh utamanya. Sekuel Kingsman ini membuka kesempatan lebih besar pada universe yang cukup menarik ini.