Apa jadinya ketika kita sudah merancang sebuah kebohongan besar, namun pada akhirnya kita justru harus benar-benar menjalani kebohongan tersebut. Itulah yang terjadi pada Ian Finch (diperankan Ricky Gervais) dan Frank Bonnaville (diperankan Eric Bana), teknisi dan penyiar radio yang ditugaskan meliput perang di Ekuador namun justru melakukannya dari gedung di seberang kantor mereka.

Special Correspondents merupakan film remake dari film komedi Perancis berjudul Envoyés très spéciaux yang dirilis pada 2009 lalu. Walau mengusung genre komedi, Special Correspondents bukan merupakan film komedi “umum” karena memiliki unsur satir di dalamnya, terutama bagaimana media sering melebih-lebihkan suatu berita.

Sinopsis Special Correspondents (Spoiler Alert)

Review Special Correspondents, Kebohongan yang  jadi Kebenaran 1

Frank Bonnaville adalah penyiar radio berita untuk radio Q365 yang bermarkas di New York, terkadang dia sering melanggar hukum demi menjadi orang pertama yang melaporkan berita dari TKP. Kini, dia pun ditugaskan untuk meliput perang yang kabarnya akan segera terjadi di Ekuador. Dia pun meminta Ian Finch untuk berangkat bersamanya untuk membantu.

Ian Finch sendiri sebenarnya sedang mengalami sedikit masalah dalam rumah tangganya, dimana istrinya, Eleanor ternyata tidak seperti yang dia bayangkan. Akhirnya, Ian setuju untuk ikut ke Ekuador sambil menulis sebuah surat untuk istrinya. Tapi, Frank mengatakan bahwa Ian harus move-on dengan membuang surat tersebut.

Sampai di bandara, ketika Frank meminta tiket dan paspor mereka. Ian justru memberikan surat yang dia tulis untuk Eleanor. Ternyata dia malah membuang tiket, uang dan paspor mereka ke truk sampah. Frank dan Ian pun akhirnya kembali dan bersembunyi di ruko milik pasangan Domingo dan Brigida yang tepat berada di seberang jalan kantor mereka.

Review Special Correspondents, Kebohongan yang  jadi Kebenaran 3

Dari sana, mereka melaporkan berita seolah-olah mereka sedang berada di Ekuador. Bahkan mereka membuat skenario seakan mereka sedang disandera. Saat berita Ian dan Frank disandera, Eleanor memanfaatkannya untuk “menggalang dana” dan mendapat ketenaran.

Masalah tiba saat Frank dan Ian ingin mengakhiri semuanya, cara satu-satunya adalah dengan benar-benar ke Ekuador dan menuju kedutaan besar Amerika Serikat disana. Mereka mendatangi Eleanor untuk meminta bantuan dari uang penggalangan dana yang dia lakukan dengan perjanjian bahwa mereka bertiga akan “saling melindungi”. Dengan uang tersebut dan mobil milik Domingo, mereka menuju Ekuador secara ilegal.

Review Special Correspondents, Kebohongan yang  jadi Kebenaran 5

Sampai di Ekuador, hal buruk terjadi, mereka benar-benar disandera oleh bandit disana. Dengan sedikit kegilaan Ian akibat kokain, mereka akhirnya berhasil keluar dan menuju kedutaan. Mereka kembali sebagai pahlawan dan saat itulah, Ian menyadari bahwa siapa yang benar-benar mencintainya adalah rekan kerjanya selama ini, Claire Maddox.

Review Special Correspondents

Walau secara nilai review, film ini tidak mendapat nilai yang bagus. Tapi, film yang dirilis oleh Netflix ini menyuguhkan film yang menarik. Komedi yang ditampilkan bukanlah sesuatu yang baru atau komedi yang terlalu rumit, kelucuan di film ini cenderung terjadi karena kebodohan dari seorang Ian. Jika kamu adalah orang yang mudah terhibur dengan hal seperti itu, film ini sangat cocok buatmu.

Nama Ricky Gervais selaku sutradara, penulis dan aktor dalam film ini mungkin membuatnya menjadi salah satu film yang sebenarnya cukup bisa diperhitungkan, tapi film ini memang tidak menyuguhkan sesuatu yang benar-benar baru maupun sesuatu yang benar-benar menarik.

Leave a Reply