Suka Begadang adalah Salah Satu Penyebab Jomblo?

Membaca judulnya, mungkin kamu anggap jika artikel ini hanya bahan lelucon. Tapi, tidak, artikel ini berdasarkan penelitian ilmiah dari salah satu universitas di Amerika Serikat.

Perlu kamu ketahui, bahwa begadang apalagi jika sudah menjadi kebiasaan, bukan hanya menjadi salah satu faktor yang mungkin membuat kamu masih jomblo sampai saat ini, tapi juga membawa dampak buruk bagi kesehatanmu.

Pertama, jika kamu terlalu sering begadang, maka tubuhmu akan menyesuaikan dirinya dengan ‘jam tidur baru’ yang kamu miliki. Maka kamu akan semakin sulit untuk tidur awal.

Setelah itu, kamu akan mulai mengalami masalah-masalah seperti berkurangnya konsentrasi, menjadi pelupa, mengalami depresi, sakit kepala, mudah sakit, refleks melambat, bertambahnya berat badan hingga menurunnya kesehatan kulit.

Jika kamu masih terus begadang setiap malam, maka kamu akan meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit serius seperti sakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, hingga diabetes.

Pada akhirnya, terlalu sering begadang akan mengurangi angka harapan hidupmu serta meningkatkan risiko kematian jika sudah terlalu parah.

Oke, kembali ke hubungan antar begadang dan jomblo. Jadi gini, studi yang dilakukan oleh University of Chicago menemukan bahwa pria dan wanita yang hobi begadang dan bangun siang memiliki perilaku yang sulit berkomitmen dalam suatu hubungan jangka panjang.

Penelitinya, Dario Maestripieri mengungkapkan mereka yang hobi begadang memang lebih mudah bergaul, namun dalam menjalani hubungan jangka panjang, mereka akan sulit beradaptasi dan menganggap kewajiban keluarganya sebagai beban.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa bahwa ketika wanita dan pria yang memiliki gaya hidup lebih aktif di malam hari serta doyan begadang akan sulit memiliki hubungan yang awet apalagi sampai ke jenjang pernikahan.

Prof. Maestripieri berharap penelitian ini membuka mata dan pikiran orang-orang yang suka begadang, bahwa begadang bukan hanya mempengaruhi kesehatan tapi juga karakter bahkan status hubungan mereka.

Jika kamu begadang untuk hal yang kurang bermanfaat, sebaiknya dikurangi mulai sekarang deh.

Sumber : Night owls, unlike early birds, tend to be unmarried risk-takers