The Maze Runner, Mencari Jalan Keluar

Satu lagi film yang diangkat dari novel dengan cerita yang cukup keren, The Maze Runner. Novelnya dikarang oleh James Dashner dan mendapat banyak sekali kritik positif dari kritikus novel, banyak yang menyebutnya sebagai salah satu novel dengan jalan cerita yang mampu membuat pembacanya selalu bertanya-tanya, “Apa yang terjadi selanjutnya?”

Saat diadaptasi ke film pun, The Maze Runner berhasil mendapat kritik positif dari pada kritikus, banyak yang menyebutnya sebagai salah satu film adaptasi novel remaja yang paling menjanjikan.

 

the maze runner

Berikut ini adalah sinopsis The Maze Runner :

Seorang anak laki-laki tiba-tiba terbangun di dalam sebuah elevator, saat elevator berhenti, dia disambut oleh anak laki-laki lainnya. Dia baru saja tiba di “The Glade”, sebuah tempat yang dikelilingi oleh tembok batu yang sangat tinggi. Anak lelaki tersebut tidak mengingat siapa dirinya, namun, Alby, pemimpin dari the Glade mengatakan itu hal biasa dan dia akan segera mengingat namanya.

Alby memperlihatkan the Glade dan cara kerjanya, anak lelaki itu penasaran dengan apa yang ada di balik tembok batu tersebut, namun, dia diperingatkan untuk tidak pergi kesana. Dia kemudian bertemu dengan Chuck, dan keduanya menjadi teman.

Malam harinya, diadakan sebuah pesta untuk menyambut si anak baru. Setiap bulan, orang baru dan perlengkapan akan dari dari elevator. Newt, wakil ketua the Glade, menjelaskan bahwa the Maze  adalah satu-satunya jalan keluar. Anak lelaki yang mampu menjadi Runner akan diperbolehkan untuk masuk ke the Maze. Mereka harus mencari rute keluar selama hari terang dan harus kembali sebelum gelap. Anak laki-laki itu akhirnya berkelahi dengan seorang anak bernama Gally dan diakhiri dengan dia mengingat namanya, yaitu Thomas.

Saat Thomas sedang mengumpulkan kayu bakar, dia tiba-tiba diserang oleh seorang Runner bernama Ben, dia ternyata telah disengat oleh Griever, monster dengan kaki logam yang ada di the Maze ketika malam. The Glade akhirnya memilih untuk ‘membuang’ Ben ke The Maze dan membiarkannya mati disana.

The Maze Runner, Mencari Jalan Keluar 2

 

Minho dan Alby berusaha untuk mengikuti jejak yang ditinggalkan Ben di the Maze, namun Alby akhirnya tersengat dan tidak sadarkan diri. Minho muncul dan menyeret Alby, namun tidak berhasil mencapai pintu masuk tepat waktu. Melihat ini, Thomas berusaha membantu. Ketiganya berusaha bertahan di The Maze saat malam. Thomas akhirnya berhasil mengalahkan seekor Griever dengan ‘trik licik’-nya. Mereka bertiga pun akhirnya berhasil kembali dengan selamat.

Gally marah dengan tindakan Thomas yang mungkin bisa mengancam keamanan anak-anak lain, namun Newt, ‘menyelamatkan’ Thomas dengan menjadikannya seorang Runner. Thomas bersama Minho dan anak-anak lain memasuki the Maze dan menemukan mayat Griever sebelumnya dan menemukan sebuah petunjuk tentang the Maze.

Anak perempuan satu-satunya pun tiba disana, dia tampaknya mengenal Thomas. Sebuah catatan menunjukan bahwa dia adalah orang terakhir yang akan dikirimkan. Gadis bernama Teresa itu membawa dua jarum suntik dengan isi yang misterius. Mereka menggunakan salah satunya untuk menyembuhkan Alby.

Minho dan Thomas kemudian menuju sebuah bagian dari The Maze yang didapat dari mayat Griever dan menemukan jalan keluar. Mereka kembali untuk memberikan kabar baik itu pada semuanya. Sayangnya, malam itu, kumpulan Griever menyerang dan membunuh banyak anak termasuk Alby.

The Maze Runner, Mencari Jalan Keluar 4

 

Thomas menusuk kakinya dengan sebuah sengatan dan mengingat bahwa dirinya dan Teresa adalah bagian dari sebuah organisasi yang menciptakan The Maze. Gally menyalahkan Thomas dan Teresa atas semuanya dan berencana akan mengeksekusi mereka. Tapi, anak-anak lain menghentikannya dan hampir semua dari mereka mengikuti Thomas menuju rute keluar dari The Maze.

Pelarian mereka berakhir di sebuah lab yang dipenuhi mayat ilmuan. Sebuah video menunjukan bahwa planet telahhancur karena aktivitas matahari dan diikuti oleh sebuah pademi. Anak muda yang ada dalam the Glade adalah bagian dari percobaan untuk menguji daya tahan mereka terhadap pandemi tersebut.

Di akhir rekaman, wanita dalam rekaman tersebut menembak dirinya sendiri saat lab tersebut diserang. Gally kemudian muncul, sepertinya dia telah disengat dan ingin balas dendam pada Thomas. Dia menembakkan pistol pada Thomas, tapi Minho kemudian menusuknya dengan sebuah tombak. Chuck adalah orang yang terbunuh karena tembakan Gally.

Beberapa pria bertopeng muncul dan membawa anak yang tersisa ke tempat aman dan menyaksikan seperti apa sebenarnya The Maze. Para ilmuwan yang meninggal ‘hidup kembali’ dan mengungkapkan bahwa percobaan mereka telah sukses dan anak-anak yang berhasil bertahan akan memasuki fase kedua.


 

 

The Maze Runner, Mencari Jalan Keluar 6

Film ini memang mampu memvisualkan novel aslinya, walau mungkin tidak sepenuhnya seperti yang dibayangkan para pembaca, terutama bagi mereka yang punya imajinasi cukup liar. Pemilihan kostum pemain dalam film ini bisa dibilang sesuai. Kostum yang mereka gunakan memang menunjukan orang yang berusaha bertahan hidup.

Pencahayaan dan latar dalam film ini sangat mendukung jalannya cerita, membuatnya semakin realistis dan memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana sebenarnya The Glade dan The Maze.

Sayangnya, seperti halnya dalam Novel, The Maze Runner masih menyisakan banyak sekali kebingungan bagi penontonnya. Kenapa bisa begini? Kok bisa begitu? Ini apa? Itu apa? Bahkan sampai akhir film, baru sedikit sekali hal yang tampak jelas. Tapi, itulah keunggulannya karena mampu membuat orang bertanya-tanya tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.