Tipe Dosen dan Cara Menghadapinya

Kalau tahap kehidupanmu sudah sampai pada masa kuliah, maka kamu akan mengenal yang namanya Dosen. Mereka sebenarnya manusia biasa sama seperti kamu, tapi bisa diklasifikasikan kedalam beberapa tipe menurut cara mengajar dan ciri khasnya.

Kenapa mengetahui tipe dosen itu penting? Agar kamu tau bagaimana cara menghadapinya dan bisa lulus dari kelas mereka dengan aman.

Dosen Normal

Tipe Dosen dan Cara Menghadapinya 1

Tipe dosen ini biasanya normal-normal saja, seperti kebanyakan dosen pada umumnya. Kadang datangnya telat, kadang juga bisa on time, bahkan bisa lebih awal. Kalau gak bisa ngajar, biasanya ngasi kabar dulu.

Di dalam kelas, mereka mengajar selayaknya seorang dosen, kadang serius, tapi ada juga bercandanya. Kadang-kadang juga ngasi quiz dan tugas.

Ketika ujian, kalau kamu belajar dengan bener, kamu bisa dapet A, kalau enggak belajar ya.. gak lulus.

Cara menghadapi : Belajarlah yang bener, kerjakan tugas dan quiz dengan baik, aktif di kelas dan jangan sering bolos.

Dosen Killer

Tipe Dosen dan Cara Menghadapinya 3

Tipe dosen yang 5 menit sebelum kelas dimulai sudah duduk rapi di mejanya dan semua persiapan untuk mengajar sudah beres. Dia akan mengabsen dengan cepat mahasiswanya satu per satu, nah, kalau kamu datang terlambat setelah dia menyelesaikan absen, tiada ampun bagimu.

Sewaktu kelasnya berjalan, jika ada yang terdengar mengobrol di belakang atau bahkan tidur (bernyali besar nih), maka dosen akan memborbardir dengan pertanyaan-pertanyaan super sulit. Setelah itu, semua akan terdiam dengan mata tertuju ke depan, ketakutan!

Saat hasil ujian keluar, kamu yang berharap mendapat nilai bagus dengan jalan belajar 2 hari 2 malam hanya mendapat nilai C. Selamat ya. Udah untung bisa lulus.

Cara menghadapi : Jangan banyak tingkah selama dikelasnya. Tinggalkan kehidupan sosial dan percintaan selama masa ujian. Banyak-banyaklah belajar. Terakhir, berdoalah selalu.

Dosen Tua

Tipe Dosen dan Cara Menghadapinya 5

Dosen-dosen tua biasanya punya pengetahuan yang sangat mendalam dalam bidang studinya, selain itu mereka juga punya segudang pengalaman hidup untuk dibagi. Jadi, selain mengajar, mereka juga sering bercerita tentang pengalaman-pengalaman hidupnya.

Dosen tua cenderung tidak aneh dalam mengajar dan kelas sering berakhir lebih awal karena mereka cepat lelah. Selain itu, mereka juga cenderung tidak pelit dalam memberi nilai.

Ya, kelemahannya sih cuma satu, beberapa dari mereka bisa dibilang gaptek, jadi nyalain komputer bisa memakan cukup banyak waktu.

Cara menghadapi : Kalau dosennya gaptek, waktunya kamu cari muka. Bantuin apa yang bisa kamu bantu.

Dosen Nyentrik

Tipe Dosen dan Cara Menghadapinya 7

Dosen tipe ini biasanya paling diingat sama mahasiswa, mereka punya ciri khas yang membedakannya dengan dosen lainnya, baik itu penampilan atau kelakuannya.

Misalnya, ada dosen yang fanatik banget sama klub bola, kalau klubnya menang, dia langsung jadi baik, apalagi sama mahasiswa yang pake kaos klub bola waktu di kelasnya. Tapi, kalau klub bolanya kalah, semua jadi kena omel sama dia.

Ada juga dosen yang kalau ngajar selalu pakai topi koboi, jas pink, dan kuteks warna-warni, padahal si dosen adalah bapak-bapak berkumis dan berkacamata yang suka becanda porno.

Cara menghadapi : Pelajari gerak-gerik dan ciri khasnya, kalau perlu, minta ‘petuah’ sama senior yang lebih berpengalaman. Gunakan informasi untuk keuntungan kamu sendiri.

Dosen Gaib

Tipe Dosen dan Cara Menghadapinya 9

Dosen gaib ini biasanya punya kerjaan lain selain jadi dosen. Tidak banyak yang mengetahui muka, identitas dan ciri khasnya, karena memang jarang keliatan atau karena dia mungkin adalah Alien.

Hari pertama perkuliahan, datengnya telat. Setelah itu cuma bagiin silabus dan menjelaskan apa yang akan dipalajari di kuliah secara singkat. Minggu-minggu setelahnya, kadang dateng, tapi lebih sering enggaknya. Kalau nggak datengpun, gak ngasi kabar dan gak jelas akan ada kelas pengganti atau enggak.

Sewaktu ujian tiba, kamu belajar seadanya dari buku, padahal kamu sebenernya gak ngerti-ngerti amat sama mata kuliah si dosen gaib. Dan, waktu nilai keluar, kamu pun bingung dengan nilai yang kamu dapat. Benar-benar gaib.

Cara menghadapi : Jangan datang ke mbah dukun segala untuk menghadapinya, intinya kamu harus selalu waspada terhadap ‘serangan tiba-tiba’ dari si dosen gaib.

Dosen Baik

Tipe Dosen dan Cara Menghadapinya 11

Cara mendefinisikan dosen baik ini sangatlah mudah, dosen yang tidak berkelakuan macam-macam dan memberi kamu nilai A. Itulah dosen baik.

Cara menghadapi : Jangan ngelunjak mentang-mentang dosennya baik, tetaplah hormat!

Dosen Cantik / Ganteng

Tipe Dosen dan Cara Menghadapinya 13

Dosen tipe yang satu ini biasanya jadi primadona atau idola para mahasiswa / mahasiswi, apalagi kalau masih muda. Pasti ada aja niatan-niatan untuk dijadiin pacar sama mahasiswanya. Sayangnya, kamu harus menebak terlebih dahulu, apakah mereka adalah dosen tipe yang normal, baik atau bahkan killer.

Setelah itu, baru kamu bisa menentukan langkah selanjutnya.

Cara menghadapi : Pelajari terlebih dahulu tipe dasarnya sebelum ke tahap selanjutnya.

Source : Tipe-tipe dosen dan cara menghadapinya