img

Tips Bagaimana Keluarga Berfungsi Sebagaimana Mestinya

/
/
/
26 Views

Lingkup terkecil dalam lingkungan sosial adalah keluarga, didalam sebuah keluarga yang harmonis tentunya bekerja dengan baik setiap peran yang ada disana. Mulai dari ayah sebagai pencari nafkah, ibu sebagai peberi kasih sayang, dan seterusnya tentu sudah berjalan cukup baik ketika sebuah keluarga dikatakan keluarga harmonis, yang mana didalamnya memunculkan banyak kesenangan ketika berkumpul, tidak ada perselisihan yang mendalam dan sebagainya. Bagaimana menciptakan kondisi, suasana, dan peran yang kondusif dalam berkeluarga? Salah satunya adalah memastikan fungsi keluarga berjalan dengan baik dan benar. Ketika yang namanya fungsi dari keluarga ini bisa berjalan dengan baik maka seharusnya suasana, kondisi dan peran juga berjalan cukup baik di keluarga tersebut.

Bagaimana seharusnya fungsi itu dikatakan bekerja? Ya ketika tentunya semua aspek dalam fungsi keluarga yang baik itu bisa benar-benar dirasakan. Mulai fungsi pendidikan, fungsi agama, fungsi kasih sayang, fungsi ekonomi dan berbagai fungsi lainnya. Semua benar-benar dirasakan benar manfaatnya oleh anggota keluarga yang ada, ketika itulah benar semua berjalan dengan baik. Jika saat ini di keluarga anda belum merasakan manfaatnya, ada beberapa tips berikut ini, agar keluarga anda berfungsi sebagaimana mestinya:

Gambar 1 untuk Tips Bagaimana Keluarga Berfungsi Sebagaimana Mestinya

1. Komitmen

Pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat komitmen dengan anggota keluarga anda, pastikan mereka juga mau bersama dengan anda untuk membangun sebuah komitmen demi tercapainya fungsi dari keluarga yang sesungguhnya. Benar-benar fungsi yang diinginkan bisa berjalan semestinya.

2. Lakukan

Selanjutnya adalah lakukan dengan segera ketika komitmen itu sudah dibentuk. Menyegerakan untuk melakukan sesuatu dengan niatan yang baik adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Mengingat memang seharusnya fungsi di dalam keluarga yang penting ini berjalan dari awal sebagaimana mestinya. Jika kiranya sudah dirasa terlambat untuk memulai, maka sebaiknya jangan tunda lagi melakukan komitmen yang sudah dicanangkan bersama.

3. Konsistensi

Berikutnya adalah masalah konsistensi, ketika ada komitmen yang sudah diucapakan kemudian suda melakukan. Bersama dalam keseharian tentunya butuh untuk saling mengingatkan, mengingatkan ini dalam artian sudah buat komitmen bersama sebelumnya. Sudah berjanji untuk saling tolong menolong agar keluarga bisa berfungsi dengan baik, sesuai dengan fungsinya contohnya tadi beberapa sudah disebutkan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

This div height required for enabling the sticky sidebar