Di pasaran, banyak sekali tersedia powerbank dengan berbagai ukuran dan kapasitas dari berbagai merek. Semakin banyaknya pengguna smartphone, yang kebanyakan ‘rakus’ daya baterai, maka powerbank pun jadi semakin populer.

Masalahnya, mengukur kapasitas powerbank tidaklah mudah. Bisa saja pabrikan menulis kapasitas 10.400 mAh, tapi ternyata hanya 5200 mAh. Ada pula yang kapasitasnya sama tapi harganya berbeda jauh.

Merek-merek powerbank terkenal juga banyak dipalsukan. Jika ingin mengetahui bagaimana membedakan powerbank asli dan palsu, coba lihat di web beberapa merek terkenal, mereka bisanya memberikan informasi bagaimana membedakan powerbank asli dan palsu, dilengkapi beberapa foto dan ciri khusus.

Tips Membeli Powerbank 1

Berikut ini beberapa Tips Membeli Powerbank :

1. Kalau bisa beli power bank dengan merek yang punya reputasi baik

Belilah powerbank dengan merek yang punya reputasi baik di bidang baterai atau peralatan listrik/elektronik atau untuk merek yang tidak dikenal, coba tanya rekan yang pernah memakainya. Tanyakan pendapat mereka tentang powerbank milik mereka tersebut. Informasi tentang merek yang kurang dikenal ini juga bisa didapat lewat internet.

2. Kalau bisa beli di tempat resmi.

Sebisa mungkin belilah powerbank di tempat yang memang autorized dari merek tersebut, atau setidaknya tempat yang memberikan garansi atau jaminan dari penjual/toko-nya. Kebanyakan penjual pasti tau kualitas barang yang dijual.

3. Cek Isi Powerbank

Powerbank yang baik biasanya mencantumkan baterai apa yang digunakan di dalamnya. Biasanya mereka baterai yang digunakan adalah merek bagus buatan pabrik besar seperti Samsung, Sanyo, dll.

4. Memberi Garansi

Powerbank yang memang berkualitas biasanya memberi garansi, minimal selama 6 bulan sampai 1 tahun. Tanyakan lebih dahulu, kalau mau klaim garansi harus kemana. Jika penjual/toko berani memberi jaminan untuk membawa barang yang rusak kembali ke mereka untuk membantu garansi, itu lebih baik.

Powerbank yang hanya memberi garansi selama 1 bulan bahkan kurang sebaiknya dilupakan saja.

Tips Membeli Powerbank 3

5. Harga berbanding lurus dengan kualitas

Harga adalah masalah yang membuat banyak orang salah dalam membeli powerbank. Di pasaran, harga powerbank dengan kapasitas 10.400 mAh rata-rata Rp. 400.000 – Rp. 500.000, lalu ketika ada powerbank dengan kapasitas sama tapi harganya cuma setengahnya, berhati-hatilah, mungkin kapasitasnya tidak benar atau sistem keamanannya tidak terjamin (mudah meledak)

6. Powerbank itu memang berat

Powerbank itu memang seharusnya berat. Kebanyakan orang ingin powerbank sekecil mungkin tapi memiliki kapasitas daya sebesar mungkin . Ini too goo to be true. Kalau rata-rata powerbakn dengan kapasitas 10.400 mAh ukurannya cukup besar dan berat, lalu ada powerbank dengan kapasitas sama tapi ukuran setengahnnya dan lebih ringan, ini patut dipertanyakan.

Berati itu ibarat botol air, untuk kapasitas air yang lebih banyak, botolnya juga harus lebih besar. Baterai Lithium Polymer memang bisa membuat powerbank lebih tipis, tapi tidak sampai terlalu jauh dari segi fisik.

Beberapa oknum melakukan kecurangan dengan cara mengisi powerbank yang isi baterainya sedikit dengan pasir, hasilnya bobot  jadi lebih berat dan kapasitas bisa ditulis lebih besar.

Nah, jika powerbank sudah memiliki garansi, hal ini bisa diminimalisir, karena biasanya barang bodong tidak bergaransi.

Kata Pencarian Terkait

Leave a Reply