Hari Ini:October 24, 2019

Tips Membeli Rumah Subsidi Berkualitas Dengan KPR

Gambar 1 untuk Tips Membeli Rumah Subsidi Berkualitas Dengan KPR

Sebelum membahas mengenai bagaimana membeli rumah subsidi berkualitas, sebagian dari kita mungkin belum mengetahui apa itu rumah subsidi dan apa itu KPR. Untuk itu pertama mari kita bahas mengenai hal ini. KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah suatu bentuk fasilitas kredit yang diberikan perbankan pada masyarakat atau nasabah secara perorangan yang ditujukan untuk membeli rumah.

Selain kredit tersebut dapat digunakan untuk membeli rumah, kredit yang dimaksud juga dapat diperuntukkan untuk memperbaiki rumah. KPR bersifat dapat diperoleh seluruh golongan masyarakat dengan penentuan besaran kredit serta suku bunga ditentukan oleh kebijakan masing-masing bank. Sedangkan rumah subsidi atau rumah bersudsidi adalah suatu program yang diberlakukan oleh pemerintah yang ditujukan untuk membantu masyarakat menengah kebawah untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal.

rumah mewah

Pemerintah dalam hal ini memberikan subsidi pada masyarakat melalui 3 bentuk. Bentuk-bentuk tersebut yaitu subsidi dalam bentukĀ  peringanan kredit, subsidi penambahan dana untuk pembangunan, dan subsidi perbaikan rumah. Hal yang diperhatikan pemerintah saat memberikan subsidi adalah penghasilan pemohon dan jumlah maksimal kredit yang diberikan.

Untuk persyaratan KPR, merupakan kewenangan yang ditentukan dari kebijakan bank. Seseorang dapat mengetahui persyaratan KPR dari bank yang mereka tuju. Yang perlu diperhatikan dalam pengajuan KPR adalah biaya proses KPR dan metode peghitungan bunga KPR. Kedua hal ini sering dilalaikan seseorang yang kemudian menimbulkan masalah dikemudian hari.

Biaya dalam proses KPR biasanya menyangkut biaya appraisal, biaya notaris, biaya asurasi, dll. Untuk itu seseorang perlu mengkonfirmasi hal ini. Sedangkan metode penghitungan bunga yang dipakai dari setiap bank berbeda-beda. Terdapat 3 metode penghitungan yang dipakai secara umum yaitu flat, effektif, dan annuitas bulanan dan tahunan. Saat mengajukan KPR seseorang harus benar-benar memperhitungkan besaran bunga.

Rumah-pagarsih

Setelah seseorang telah mendapat KPR dan Subsidi dari pemerintah, tentunya mereka membutuhkan informasi penting yang dibutuhkan dalam memilih rumah subsidi berkualitas. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu diketahui ketika seseorang berniat membeli rumah. Jika seseorang membeli rumah dari perorangan, ia perlu memperhatikan sertifikat tanah dan Ijin Mendirikan Bangunan.

Yang perlu diteliti adalah kesesuaian dua legalitas tersebut apakah sesuai atau tidak dengan kondisi yang ada. Jika seseorang membeli dari developer, perlu diperhatikan beberapa ijin yang seharusnya dikantongi developer. Ijin tersebut antara lain ijin peruntukan tanah, sertifikat tanah, dan IMB. Developer seharusnya mengantongi ijin peruntukan tanah seperti ijin alokasi, dll.

Sedangkan soal sertifikat tanah, developer yang berstatus sebagai badan hukum, seharusnya mengantongi sertifikat dalam bentuk Hak Guna Bangunan. Pastikan juga developer memiliki IMB induk. Hal terakhir yang perlu diingat seseorang ketika akan membeli rumah subsidi berkualitas adalah jangan pernah melakukan transaksi dengan status dibawah tangan. Maksudnya adalah selalu lakukan transaksi jual beli dengan akta dan perjanjian yang dibuat dari dan dihadapan notaris.

Share

Leave a Reply