Memotret makanan sebelum dimakan sudah jadi kegiatan yang biasa bahkan ‘wajib’ dan dilakukan oleh siapapun yang punya smartphone.  Kenapa gitu? Soalnya kita senang berbagi hal-hal yang membuat kita bahagia, dan makanan adalah salah satunya. Alasannya lainnya, tentu saja pamer. 😀 Coba perhatiin deh, di medsos itu yang paling banyak ditemuin adalah foto bayi/ anak, kopi, selfie, travelling, dan tentu saja makanan!

Nah, menurut saya, foto makanan yang keren juga nggak bisa asal-asalan aja. Ada lho caranya biar foto makanan lo jadi menarik dan menggugah selera? Ini tipsnya.

Memilih angle yang tepat

Pilih bagian paling menggiurkan dari sajian tersebut. Makanan sederhana pun bisa tampak begitu menggugah selera jika difoto dari sudut yang tepat. Sudut yang paling sering digunakan adalah sekitar 45 derajat dari atas makanan, bukan tepat diatas makanan.

Makanan harus yang baru disajikan

Foto makanan segera saat disajikan di meja. Makanan akan terlihat lebih menggiurkan saat masih segar dan posisi makanan serta garnish masih tertata rapi di piring.  Tentu tidak akan menarik jika foto makanan yang diunggah hanya tinggal tulang 🙂

Huawei G8 167

 

Cahaya alami

Waktu yang tepat untuk memotret makanan adalah saat siang hari dan masih ada cahaya alami dari luar. Hindari penggunaan flash! Flash hanya akan menghilangkan warna asli makanan dan cenderung membuat bayangan yang mengganggu. Alternatif jika malam hari adalah dengan memanfaatkan cahaya buatan seperti lampu, terutama dengan cahaya putih terang. Tapi, jika ingin menghasilkan foto yang agak remang juga tidak masalah asalkan sesuai dengan suasana dan makannya.

Huawei G8 205

Background

Latar belakang makanan juga bisa mempengaruhi keindahan sajian. Ada dua jenis latar belakang yang paling umum yang digunakan saat memfoto makanan, pertama adalah latar belakang yang memfokuskan hanya pada piring saji, atau kedua adalah latar belakang yang lebih luas meliputi hingga meja makanan dan benda-benda di sekitarnya. Jadi, pastikan tidak ada serbet bekas atau tumpukan piring kotor di belakang piring makanan yang mau difoto.

Edit dengan aplikasi/ fitur

Gunakan aplikasi pada smartphone untuk mempercantik foto yang diambil, untuk mengurangi shadow, mempertajam kontras, atau menguatkan warna. Lakukan editing sehingga foto makanan jadi lebih jelas, fokus dan menggiurkan bagi orang yang melihatnya.

GoodFood Mode

Naaah, menurut yang saya baca di Google nih, buat kamu, para food bloggers, para foodies, atau memang punya hobi food photography,  memakai smartphone Huawei G8 adalah pilihan yang sangat tepat. Fitur GoodFood mode pada smartphone ini dapat menghasilkan foto makanan yang lebih baik, plus dengan kamera 13 MP yang bikin hasil foto juga lebih tajam. Saya pribadi sih yakin, foto makanan yang dihasilkan akan menjaring banyak Likes di sosmed! Kalo nggak percaya, search aja deh Huawei G8, pasti bakal kepincut bener sama smartphone ini!

Leave a Reply